Ilustrasi pertandingan Timnas Argentina vs Timnas Senegal U-17 (Sumber gambar: Unsplash/Vienna Reyes)

Fakta-fakta Menarik Pertemuan Argentina vs Senegal di Piala Dunia U-17

11 November 2023   |   13:50 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim Nasional Argentina bakal menghadapi laga perdana fase grup Piala Dunia U-17 2023 dengan lawan berat. Sebab, tim berjuluk La Albiceleste itu bakal menghadapi jawara dari Piala Afrika U-17 yakni Tim Nasional Senegal. Mereka tergabung dalam grup D bersama Jepang dan Polandia. 

Laga perdana Grup D Piala Dunia U-17 ini akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, pada Sabtu (11/11/2023), tepat pukul 19.00 WIB. Kedua tim sama-sama berburu kemenangan pada laga pertama mereka.

Meraih tiga poin menjadi penting bagi Argentina dan Senegal. Sebab, setelah ini lawan yang akan mereka hadapi juga sama beratnya. Tim-tim yang menempati grup D memang memiliki kekuatan yang merata.

Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

Selain diisi Argentina dan Senegal, grup D juga beranggotakan Jepang dan Polandia. Timnas Polandia ini baru saja menjadi semifinalis pada Euro U-17 pada tahun ini. Sementara itu, Jepang juga baru menjadi juara Piala Asia U-16 pada tahun ini.

Lantas bagaimana peluang Argentina dan Senegal meraih poin pertama mereka pada laga perdana ini? Berikut adalah fakta-fakta menarik dari pertemuan Argentina vs Senegal di Piala Dunia U-17


1. Statistik Pertandingan

Melansir laman resmi FIFA, diketahui Timnas Argentina U-17 dan Senegal U-17 belum pernah bertemu di dalam pertandingan resmi. Oleh karena itu, pertandingan nanti malam bakal jadi tontonan menarik karena masing-masing tim mesti menerka-nerka strategi dan karakter lawan yang tak pernah dihadapinya.

Jika dilihat dari lima pertandingan terakhir, catatan yang diraih Argentina terbilang cukup buruk. Tim Tango ini meraih dua kemenangan, dua kekalahan, dan satu hasil imbang. Tentu ini bukan catatan yang baik untuk mengarungi Piala Dunia U-17.

Di sisi lain, Senegal justru tampil menawan dalam lima pertandingan terakhirnya. Mereka mencatatkan lima kemenangan bersih. Bahkan, empat pertandingan di antaranya Timnas Senegal ini selalu berhasil mencetak lebih dari dua gol.


2. Perbedaan Tiket Piala Dunia

Timnas Argentina U-17 dan Senegal U-17 memiliki dua jalur berbeda dalam mendapatkan tiket ke Piala Dunia U-17. Catatan Timnas Argentina tak semanis Senegal. Sebab, Pasukan Diego Placente ini hanya lolos ke Piala Dunia dari peringkat ketiga di kejuaraan Amerika Selatan U-17.

Sementara itu, Senegal berhasil lolos ke Piala Dunia U-17 setelah menjadi juara di turnamen kontinental. Tim yang sama kemudian dibawa ke Piala Dunia di Indonesia dengan harapan bisa meraih catatan manis serupa.


3. Senegal Tak Gentar

Mengutip dari FIFA, pelatih Senegal Serigne Saliou Dia terang-terangan mengatakan grup D berisi lawan-lawan yang sulit. Hampir semua tim pernah mencicipi semi final beberapa kali. Bahkan, mereka terbilang langganan ke Piala Dunia U-17.

Namun, meski timnya terbilang baru, dia sama sekali tak gentar dengan lawan-lawan tersebut. Dirinya hanya ingin para pemain muda ini menimba pengalaman bermain sepak bola dengan apik. Sesuatu yang akan berguna bagi mereka ketika kembali berlaga di U-20, U-23, hingga senior.


4. Argentina Berburu Gelar Juara

Juara tiga kali di Piala Dunia FIFA, pemenang lima kali Piala Dunia FIFA U-20, tetapi belum pernah mengangkat trofi di level U-17. Argentina akan mengincar kemenangan saat bertandang ke Indonesia pada November ini. Tentunya hal ini perlu untuk melengkapi rangkaian kemenangan di level internasional mereka. 

Terlebih, Argentina tampil dengan skuad terbaiknya. Salah satu permata dari Argentina, El Diablito (Si Setan Kecil) adalah seorang pemain yang cerdik dan memiliki kemampuan menggiring bola yang sangat baik dalam situasi satu lawan satu. Echeverri telah menjalani debut bersama River Plate dan jadi harapan Argentina untuk meraih gelar U-17.

Baca juga: Cara Beli Tiket Pertandingan Piala Dunia U-17 di JIS

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bisnis Pangan Lokal Kian Dikenal, Olah Singkong hingga Sagu Jadi Makanan Kekinian

BERIKUTNYA

Gastrodiplomasi Ala William Wongso, Kenalkan Kuliner Indonesia Untuk Dunia Lewat Nasi Bungkus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: