Piala Dunia U-20 di New Zealand (Sumber foto: FIFA)

Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah, Begini Sejarah Piala Dunia U-20

30 March 2023   |   09:55 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang Piala Dunia U-20 menjadi salah satu pesta olahraga sepak bola paling bergengsi bagi para pemain muda di seluruh dunia. Diadakan setiap dua tahun sekali, perhelatan akbar ini memiliki sejarah panjang yang menarik untuk disimak oleh para pencintanya.

Dikutip dari laman FIFA, Piala Dunia U-20 atau FIFA U-20 World Cup adalah acara olahraga sepak bola yang melibatkan 24 negara untuk bersaing menjadi yang terbaik setiap 2 tahun sekali. Sejumlah negara seperti Argentina, Brasil, Portugal, Serbia, dan Ghana adalah contoh pemenang event ini. 

Baca juga: Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Awan Gelap Sepak Bola Nasional


Kejuaraan Pertama

Kejuaraan dunia bagi para pemain muda dari semua negara ini pertama kali diselenggarakan pada 1977. Pada saat itu, ajang yang mempertemukan para pesepak bola di bawah usia 20 tahun itu masih bernama FIFA World Youth Championship. Ajang itu baru berganti nama menjadi FIFA U-20 World Cup pada 2007 atau setelah 15 kali penyelenggaraan. Event ini terselenggara sebanyak 22 kali sampai 2019. 

Terselenggara di Tunisia, tim nasional muda Uni Soviet menjadi pemenang pertama ajang 2 tahunan ini. Pada saat itu, mereka berhasil lolos dari babak kualifikasi grup yang diisi oleh Austria, Irak, dan Paraguay. Tim nasional muda Soviet kemudian menghadapi Uruguay pada partai semifinal. Pada pertandingan ini, mereka menghadapi ujian sebenarnya. Namun, permainan yang solid membuat tim berhasil lolos ke final melalui adu penalti.

Pada partai final, tim muda Uni Soviet bertemu Meksiko. Penentuan pemenang harus ditentukan dengan drama adu penalti setelah skor imbang 2-2 tidak mengalami perubahan sampai wasit meniup panjang peluit babak kedua. 
 

Negara-Negara Pemenang

Sepanjang perhelatannya sejak 1977 silam, terdapat 12 negara yang telah berhasil mengangkat piala kemenangan. Mereka adalah Argentina, Brasil, Portugal, Uni Soviet, Jerman FR, Yugoslavia, Ghana, Prancis, Serbia, Inggris, Ukraina, dan Spanyol.

Argentina menjadi negara dengan jumlah kemenangan terbanyak, yakni enam kali. Sementara, di posisi kedua terdapat Brasil yang empat kali juara. Di posisi ketiga ada Portugal yang mampu memenangkan ajang ini sebanyak dua kali. Adapun, negara lainnya baru satu kali memenangkan kejuaraan dunia ini.

Ajang terakhir Piala Dunia FIFA U-20 terjadi pada 2019 di Polandia. Pada saat itu, Ukraina menjadi pemenangnya. Event olahraga ini tidak diselenggarakan pada 2021 lantaran pandemi Covid-19 yang terjadi. Sejatinya, Piala Dunia FIFA U-20 yang akan terselenggara pada tahun ini adalah yang seharusnya diadakan pada 2 tahun silam. 
 

Piala Dunia U-20 Tahun Ini

Pada 2023, Indonesia sebenarnya menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20. Namun, organisasi sepak bola internasional itu membatalkannya dengan sejumlah pertimbangan. 

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023,” demikian tertulis dalam laman FIFA.

Federasi menuliskan akan segera mengumumkan tuan rumah yang baru sesegera mungkin dengan tanggal turnamen yang tidak mengalami perubahan. Tidak hanya itu, FIFA juga menuliskan potensi sanksi yang akan diberikan kepada PSSI dapat diputuskan pada tahap selanjutnya.

“FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, kami tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022,” ujar FIFA.

Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI yang saat ini berada di bawah kepemimpinan Erick Thohir. FIFA menyatakan, pertemuan antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat. 

Baca juga: Status Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Dicabut, Sejumlah Pemain Timnas Indonesia Kecewa & Sedih

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

3 Seniman Indonesia yang Kerap Menyematkan Kaligrafi dalam Karya Lukisan

BERIKUTNYA

Ini Cara Merayakan Hari Film Nasional 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: