Indonesia pernah ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ pixabay)

5 Fakta Penting Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

24 June 2023   |   17:17 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira dari dunia sepak bola Tanah Air. Setelah gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, federasi sepak bola internasional FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang dijadwalkan bakal berlangsung pada November 2023.

Kabar itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir melalui akun Instagramnya. "Indonesia telah dipercaya oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17 2023," tulisnya. 

Baca juga: Hore, FIFA Pilih Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Dikutip dari laman PSSI, FIFA mentapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17 melalui keputusan bersama dalam sidang FIFA Council yang diadakan di markas federasi sepak bola seluruh dunia itu di Zurich, Swiss, pada Jumat (23/6/2023) petang waktu setempat. 

Terkait dengan keputusan itu, Erick menuturkan bahwa amanah itu merupakan bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia. Berikut sejumlah fakta menarik tentang FIFA U-17 World Cup 2023 dan Indonesia sebagai tuan rumah dirangkum dari berbagai sumber

1. Persiapan Mepet
Penyelenggaraan FIFA U-17 World Cup 2023 sejauh ini masih sesuai jadwal, yakni dari 10 November sampai dengan 2 Desember 2023. Dengan mengacu jadwal ini, maka Indonesia hanya memiliki waktu kurang dari 6 bulan. 

Persiapan itu menjadi perhatian bagi Ketua Umum Erick Thohir. Dalam laman PSSI, persiapan agar Indonesia dapat menjadi tuan rumah yang baik merupakan hal yang penting. 

Sementara itu, di dalam akun instagramnya, Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berharap persiapannya berjalan lancar dan berbuah sukses.

2. Belum Dapat Surat Resmi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengumumkan bahwa Dewan FIFA telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2023 U-17. Informasi ini didapatnya dari laman FIFA. Meskipun begitu, PSSI menuliskan belum mendapatkan surat resmi dari federasi sepak bola dunia tersebut.

Dalam laman FIFA yang dilihat Hypeabis.id, keterangan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 terdapat dalam bagian informasi tentang Dewan  yang menunjuk Amerika Serikat sebagai tuan rumah Piala Dunia Klub FIFA yang baru dan jumlah tim yang ikut mengalami penambahan menjadi 32. 

Dalam informasi itu, FIFA menuliskan bahwa Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-17 World Cup 2023. 

3. Faktor Positif
FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 pada tahun ini. Keputusan itu dibuat oleh Dewan setelah mengadakan pertemuan di Zurich, Swiss. Alasan Dewan memilih Indonesia belum diketahui dengan pasti. Namun, dalam laman PSSI, disebutkan ada beberapa kemungkinan faktor positif yang diperlihatkan oleh Indonesia dalam 3 bulan terakhir. 

Contoh itu adalah perbaikan sejumlah sarana stadion yang lulus uji kelayakan dan pertandingan persahabatan ketika melawan Palestina dan Argentina yang menarik perhatian FIFA dan sepak bola internasional. 

4. Pelatih U-17
Indonesia belum menunjuk pelatih yang akan menangani pemain tim nasional U-17 yang akan berlaga di Piala Dunia U-17. Namun, sejumlah nama telah beredar yang kemungkinan bisa menjadi pelatih. 

Dua contoh nama yang diperkirakan akan menjadi pelatih adalah Shin Tae yong, Bhima Sakti, dan Indra Sjafri. Ketiganya mencuat lantaran prestasi yang ditunjukkan saat mempin pemain tim nasional. 

Shin Tae yong pada adalah pelatih tim nasional senior. Kedatangannya ke Indonesia pada 2019 lalu disebut untuk menangani tim U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20. Namun, tidak jadi tampil. 

Sementara Indra Sjafri adalah pelatih tim nasional yang juga tercatat sukses mengantarkan tim nasional muda memenangkan sejumlah ajang. Terbaru, dia membawa tim nasional U-22 sebagai pemenang ajang Sea Games 2023 setelah puluhan tahun. 

Bhima Sakti juga mencuat lantaran dia merupakan pelatih tim nasional U-16 atau U-17. Pria yang juga pernah menjadi pemain andalan tim nasional itu tercatat berhasil membuat tim nasional U-16 juara Piala AFF U-16 pada tahun lalu. 

5. Pelipur Lara Lepasnya Ajang Piala Dunia U-20
Sebelumnya, Indonesia sebenarnya sudah bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20. Namun, organisasi sepak bola internasional itu membatalkannya dengan sejumlah pertimbangan.

“FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, kami tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022,” tulis FIFA beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cek Perolehan Poin FIFA Indonesia Setelah Kalah dari Argentina

Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI yang saat ini berada di bawah kepemimpinan Erick Thohir. FIFA menyatakan, pertemuan antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Hore, FIFA Pilih Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

BERIKUTNYA

Hypereport: Kiat Menemukan Karier yang Tepat Bagi Fresh Graduate

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: