Ilustrasi perempuan sedang bermalas-malasan (Sumber Gambar: Unsplash/Kinghoward)

Catat! 5 Hal yang Jadi Penyebab Timbulnya Rasa Malas

11 November 2023   |   13:00 WIB

Rasa malas sering kali menjadi penghambat dalam beraktivitas,bikin tidak produktif, dan bisa menyebabkan berbagai masalah. Merasa malas hampir dialami setiap orang pada satu titik di hidupnya. Biasanya, rasa malas muncul secara tiba-tiba dan tanpa disadari apa yang jadi penyebabnya. 

Melawan kemalasan juga bukan hal yang mudah. Tak jarang kita berpikir untuk istirahat sejenak dari padatnya aktivitas yang dijalani. Hal itu memang baik, tapi jika terlalu banyak beristirahat bisa timbul rasa untuk bermalas-malasan. Situasi ini akan lebih berbahaya jika malas telah jadi kebiasaan. 

Bicara soal malas, apa sebenarnya yang jadi penyebab rasa ini muncul? Dilansir PsychCentral, ternyata ada beberapa penyebab kemalasan. Supaya Genhype bisa mengambil langkah untuk mengatasinya, kalian harus mengetahui dulu penyebabnya berikut ini ya. 

Baca juga: Kiat Agar Enggak Malas Workout, Gerak Aja Bestie


1. Tidak memiliki motivasi

Motivasi merupakan hal sederhana yang menjadi sumber kekuatan sehingga harus dimiliki oleh semua orang. Dengan motivasi, orang bisa mengerjakan berbagai macam hal dengan semangat. Kurangnya motivasi dapat menjadi penyebab rasa malas.

Seseorang harus punya motivasi atau alasan yang kuat untuk melakukan sesuatu agar tidak malas, baik dalam pekerjaan, pendidikan hingga aktivitas sehari-hari. Pastikan kalian memiliki motivasi yang mendukung untuk membuang jauh-jauh rasa malas tersebut. Tujuan atau target yang jelas adalah sebuah motivasi bagi kalian untuk tidak bermalas-malasan.


2. Tidak punya tujuan hidup 

Ketidakjelasan mengenai apa yang ingin dicapai juga dapat membuat seseorang merasa malas. Tidak memiliki tujuan yang jelas, membuat seseorang merasa kehilangan arah sehingga membuat sulit untuk merasa termotivasi.

Jika kalian memiliki rutinitas yang sama setiap harinya, hal itu tentu akan membosankan. Tidak tahu akan kemauan diri sendiri dan arah tujuan hidup, bisa menjadi penyebab rasa malas yang sering kalian rasakan.
 

3. Lelah fisik dan mental

Seseorang dapat merasa malas jika kelelahan fisik dan mental, seperti kurang tidur, pola tidur yang buruk, banyaknya pikiran yang menimbulkan stres hingga pekerjaan yang melelahkan. Jika seseorang merasa lelah, mereka akan cenderung merasa malas hingga sulit untuk memulai atau menyelesaikan tugas yang dimiliki.

Pekerjaan dan aktivitas sepanjang hari tentu akan membuat kita merasa lelah dan enggan melakukan apa pun. Ketika kelelahan, pikiran mungkin akan berfungsi dengan cara berbeda dan tidak bekerja dengan baik dan efisien.


4. Prokrastinasi

Prokrastinasi adalah kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan atau tugas yang seharusnya dilakukan. Orang yang cenderung prokrastinasi akan sering merasa malas untuk memulai atau menyelesaikan pekerjaan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya perasaan takut gagal, kurangnya rasa kepercayaan diri hingga kurangnya disiplin diri.


5. Keinginan akan hasil yang sempurna

Hal yang instan tidak akan menghasilkan sesuatu yang sempurna, semua memiliki proses yang bisa sebentar dan bisa lama. Dengan menginginkan hasil instan yang sempurna biasanya hanya akan membuat seseorang mudah merasa malas.

Perasaan malas adalah musuh paling besar bagi setiap orang, karena hal ini akan menciptakan banyak masalah hingga menghancurkan hidup kalian. Wajib bagi kalian untuk mencegah rasa malas agar dapat melangkah lebih jauh dan tidak membuat kalian sulit untuk mencapai tujuan-tujuan yang dimiliki.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sederhana untuk Mengatasi Rasa Malas

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ivan Gunawan Bikin Koleksi Hijab untuk Bantu Palestina, Langsung Tembus Ratusan Juta!

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Animasi Inside Out 2 (2024), Ada Karakter Baru Anxiety

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: