Ilustrasi Perempuan Menggunakan Masker (Sumber Gambar: Unsplash/kalos skincare)

Begini Cara Menjaga Kulit agar Tetap Lembap dan Tidak Bertekstur

09 November 2023   |   20:14 WIB

Genhype, kondisi kulit yang kasar atau yang biasa disebut dengan kulit bertekstur, sering dialami oleh kebanyakan orang dari berbagai kalangan usia. Kulit bertekstur memiliki ciri-ciri kulit yang kering. Kulit seperti ini akan mudah mengalami iritasi bahkan mengelupas.

Kesehatan kulit dipengaruhi dari beberapa faktor seperti polusi, sinar matahari bahkan pikiran yang membuat kalian merasa stres. Selain itu, kondisi ini dapat juga disebabkan oleh wajah yang berjerawat atau berkomedo karena kulit mengalami dehidrasi dan kurangnya eksfoliasi wajah, sehingga kulit wajah menjadi kasar dan bertekstur.

Setiap orang pasti menginginkan kondisi kulit wajah yang sehat, halus dan tidak bertekstur. Apalagi jika tekstur wajah sampai mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak percaya diri. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghaluskan tekstur kulit yang kasar dilansir dari Westlake Dermatology

 

1. Perbaiki Pola Makan

Perawatan dari dalam tubuh dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit yang bertekstur, seperti dengan melakukan pola makan yang baik dan benar dapat meningkatkan kondisi kulit wajah dan tubuh menjadi lebih baik. Hindari makanan olahan, alkohol, dan karbohidrat olahan karena akan menciptakan ketidakseimbangan dalam usus dan menyebabkan peradangan yang juga akan berpengaruh pada kulit kalian, Genhype.

Kalian harus mengonsumsi lebih banyak vitamin dan antioksidan dalam makanan, dapat berbentuk buah serta sayuran berwarna cerah yang berfungsi untuk meningkatkan pertahanan kulit terhadap kerusakan.

 

2. Waktu tidur yang cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup juga akan membantu dalam mengatasi kulit yang bertekstur. Ketika tubuh dibiarkan untuk tidak beristirahat maka akan mendatangkan malapetaka pada kulit, sehingga dianjurkan untuk tidur dengn waktu yang cukup.

Kurangnya waktu tidur akan menyebabkan tekstur dan penuaan dini pada kulit. Tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri ketika kalian sedang tidur. Maka tidur dengan waktu 7 hingga 8 jam untuk menghasilkan tidur yang berkualitas.
 

3. Lakukan eksfoliasi kulit

Kulit yang memiliki tekstur kasar biasanya disebabkan oleh adanya penumpukan sel kulit mati di wajah. Maka diperlukannya eksfoliasi kulit wajah untuk membantu mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengangkat komedo dan membantu proses regenerasi sel kulit. Baiknya, dilakukan satu atau dua kali setiap minggunya.

Baca juga: Merawat Kulit Tetap Lembab dan Glowing, 5 Buah ini Cocok Dikonsumsi saat Musim Kemarau
 

4. Menghidrasi Kulit

Untuk mengembalikan tekstur kulit wajah agar lebih halus, kamu bisa menggunakan produk seperti serum yang mengandung hyaluronic acid, yang berfungsi untuk menjaga kadar air atau cairan pada kulit, mencerahkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit yang kering atau bertekstur kasar.
 

5. Menggunakan Face Oil

Menggunakan face oil yang terbuat dari minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Face oil mengandung asam lemak yang berfungsi untuk meningkatkan kelembapan pada kulit yang kering. Dengan menggunakan face oil akan membantu kulit wajah sehingga menjadi lebih elastis, halus serta meningkatkan kadar minyak yang ada pada kulit yang kering.

 

6. Menggunakan Tabir Surya

Selalu gunakan tabir surya pada pagi dan siang hari. Tabir surya bisa memberikan perlindungan yang  lebih, agar kulit wajah tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Karena tekstur kulit kasar ini bisa disebabkan oleh rusaknya skin barrier karena paparan UVA dan UVB. Maka, selalu gunakanlah tabir surya yang dapat membuat kulit tetap lembap dan mencerahkan kulit. Tabir surya yang bisa digunakan adalah yang mengandung minimal SPF 30, memiliki label oil free dan nonkomedogenik.


Baca juga: Sunscreen Spray VS Krim, Mana yang Lebih Ampuh Melindungi Kulit dari Sinar UV?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Punya Banyak Potensi & Manfaat, Menkes Ingin Temulawak Sepopuler Ginseng dari Korea

BERIKUTNYA

Dilema Mengelola Keuangan pada Era Digital, Gen Z Wajib Perhatikan Kiat Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: