illustrasi sparring muay thai (Photo by RDNE Stock project: https://www.pexels.com/photo/man-and-woman-sparring-in-the-ring-8612047/)

7 Manfaat Kesehatan Berlatih Seni Bela Diri Muay Thai

10 November 2023   |   12:00 WIB
Image
Enrich Samuel Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Olahraga seni bela diri sedang berkembang pesat di Indonesia. Banyak anak muda yang tertarik dengan aktivitas ini. Fenomena munculnya pertandingan bela diri seperti One Pride, Byoncombat, Holywings Sport Show, Baku Hantam Championship, dan yang lainnya ikut menyuguhkan tontonan menarik sport entertainment

Nah Muay thai atau dikenal thai boxing adalah salah satu jenis bela diri yang dipertandingkan dalam event-event tersebut. Seni beladiri ini berasal dari Thailand, tepatnya Kerajaan Thai dan merupakan evolusi dari seni bela diri Muay boran, yaitu metode pertarungan tangan kosong prajurit bangsa Siam ketika kehilangan senjata mereka saat pertempuran.  

Saat ini sekarang sudah punya nama besar dan tersebar di berbagai tempat. Banyaknya sasana, gym, dan training camp akan memudahkan Genhype yang penasaran dengan olahraga satu ini. Buat kalian yang tertarik, berikut adalah manfaat kesehatan berlatih muay thai, sebagaimana dilansir dari laman Kementerian Kesehatan. 

Baca juga: Latih Fisik & Mental, Kenali Serba-serbi Olahraga Muay Thai
 

1. Pertahanan Diri

Menurut data dari Simfoni PPA dan situs resmi KPAI, sering ditemukan kasus kekerasan kepada perempuan ataupun kasus bullying yang menimpa anak-anak. Nah, berlatih muay thai dapat meningkatkan rasa percaya diri. Ini juga bisa diterapkan sebagai pertahanan diri untuk mencegah dan menghindari peristiwa yang tidak diinginkan. 


2. Menjaga kesehatan mental

Muay thai dapat menjadi alternatif stress release juga loh. Pasalnya, gerakan memukul dan menendang yang ada di olahraga ini efektif untuk mengeluarkan stres dan frustrasi. Selain itu, olahraga ini juga dapat merangsang produksi hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati.


3. Menyehatkan jantung

Gerakan-gerakan muay thai menjadikan seni bela diri ini secara tidak langsung menggabungkan olahraga anaerobik dan aerobik, sehingga memberikan tekanan besar yang menyehatkan jantung. Menurut sebuah penelitian, petarung muay thai rata-rata memiliki detak jantung 178,9 bpm.


4. Memperkuat otot kaki 

Dalam beladiri muay thai, menendang adalah salah satu teknik utama, seperti tap kick, low kick, calf kick, knee kick, flying knee dan masih banyak yg lainnya. Hal ini akan melatih kaki agar dapat menendang dengan baik sekaligus memperkuat otot tubuh bagian bawah dalam hal daya tahan, kekuatan, kelincahan, dan kelenturan


5. Meningkatkan kualitas tidur

Olahraga seperti muay thai juga menguras banyak energi, sehingga mendorong kalian untuk lebih banyak beristirahat guna mengembalikan energi tubuh. Hal ini akan membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik.


6. Membakar kalori

Berolahraga muay thai juga dapat membakar lemak dan kalori lumayan tinggi karena gerakan yang eksplosif. Oleh karena itu, olahraga ini cocok untuk teman-teman yang berniat membentuk tubuh yang dan menerapkan hidup lebih sehat.


7. Menghasilkan cuan

Banyaknya event pertandingan juga menjadi kesempatan untuk Genhype menghasilkan uang tambahan loh. Beberapa event atau kompetisi petarung kelas amatir juga menawarkan hadiah uang tunai dan yang lain untuk para pemenang. 

Lebih dalam dari manfaatnya, muay thai merupakan kategori olahraga yang termasuk berat. Oleh karena itu, sebelum berlatih kalian disarankan untuk melakukan pemanasan dan dianjurkan mendapat pendampingan dari instruktur, guna menghindari cedera pada tubuh. 

Baca juga: Makin Diminati, Cek Jenis Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan untuk Bakar Lemak

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Sempol Ayam Ala Chef Devina Hermawan, Bisa Jadi Ide Jualan

BERIKUTNYA

Perbandingan Grok vs ChatGPT, Mana Chatbot AI yang Lebih Canggih?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: