Dalang main wayang (Sumber gambar: tangkapan layar laman Kemenparekraf)

5 Cara Merayakan Hari Wayang Nasional, Bikin Twibbon Unik hingga Membuat Wayang

07 November 2023   |   10:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memperingati Hari Wayang Nasional setiap 7 November. Momen ini bertujuan guna meningkatkan kesadaran dan rasa cinta masyarakat terhadap upaya pemajuan wayang Indonesia. Berbagai cara pun dilakukan oleh banyak pihak dalam rangka melestarikan seni wayang.

Pemerintah menetapkan Hari Wayang Nasional setiap 7 November melalui Keputusan Presiden No. 30/ 2018 tentang Hari Wayang Nasional. Pemerintah menetapkan hari tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan.

Baca juga: Nanang Hape, Dalang Pertunjukan Wayang Urban yang Kekinian

Pertama adalah wayang Indonesia telah tumbuh dan berkembang menjadi aset budaya nasional yang memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa.

Kedua, pengukuhan lembaga United Nations Educational Scientiftc and Ailfiral Organization (UNESCO) terhadap wayang Indonesia ke dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia merupakan pengakuan internasional yang mampu meningkatkan citra positif martabat Bangsa Indonesia serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan terhadap wayang Indonesia.

Pertimbangan terakhir adalah penetapan Hari Wayang Nasional dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap upaya pemajuan wayang Indonesia.

Nah, dalam rangka merayakan Hari Wayang Nasional, ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh Genhype. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara-cara yang menarik untuk dilakukan.

1. Memberikan ucapan selamat
Cara pertama yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam merayakan Hari Wayang Nasional adalah dengan memberikan ucapan selamat kepada teman, kerabat, atau kenalan yang memang menjadi bagian dari pelestari seni wayang Indonesia. Dengan memberikan ucapan selamat, kita dapat menumbuhkan rasa cinta dan kesadaran bahwa Indonesia memiliki wayang.

Tidak hanya itu, ucapan selamat juga akan membuat para individu yang menjadi bagian dari pegiat wayang Indonesia, seperti perajin, dalang, seniman, dan sebagainya, diperhatikan. Keberadaannya merupakan bagian penting dalam budaya Indonesia. 

2. Memasang Twibbon Unik tentang Hari Wayang Nasional
Cara lainnya yang dapat dilakukan oleh Genhype dalam merayakan Hari Wayang Nasional adalah dengan memasang Twibbon Hari Wayang Nasional di foto profil media sosial atau aplikasi pesan. Twibbon yang unik dan khas dapat membuat banyak orang yang melihat menjadi sadar tentangnya.

Tidak hanya itu, Twibbon itu juga berpotensi membuat orang berusaha mencari tahu tentang wayang Indonesia ketika melihat Twibbon yang hendak yang digunakan.

3. Menyaksikan pertunjukan wayang
Genhype dapat menyaksikan pertunjukan wayang sebagai bagian dalam merayakan Hari Wayang Nasional. Kalian bisa mencari jadwal penyelenggara yang mengadakan pertunjukan wayang secara rutin seperti di gedung kesenian, Museum Wayang, atau taman rekreasi budaya yang tersedia di berbagai daerah di Tanah Air.

Jika tidak ada pertunjukan saat Hari Wayang Nasional, Genhype bisa menyaksikannya melalui platform video streaming YouTube. Kalian dapat menyaksikan kapan saja dan di mana saja selama tersedia internet untuk menontonnya. 

4. Berkunjung ke museum
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merayakan Hari Wayang Nasional adalah berkunjung ke museum yang memiliki koleksi wayang. Di tempat ini, Genhype bisa belajar banyak hal tentang wayang, sejarahnya, dan berbagai jenisnya yang ada di dalam negeri.

Salah satu tempat yang mungkin bisa menjadi tujuan adalah Museum Wayang yang berlokasi di Kota Tua, Jakarta jika kalian berada di Jabodetabek.

5. Ikut workshop bermain dan membuat wayang
Tidak hanya melihat atau menikmati pertunjukan, kalian juga bisa ikut workshop bermain wayang atau bahkan membuat wayang jika ada. Dengan begitu, kalian dapat merasakan sensasi yang mungkin tidak pernah dialami sebelumnya.

Baca juga: Mengenang Gregory Churchil, Ahli Hukum & Pencinta Wayang Indonesia

Selain itu, Genhype juga bisa menambah pengalaman dan ilmu tentang wayang Indonesia sambil praktik. Belajar sambil praktik akan memberikan keseruan yang berbeda dan akan menumbuhkan rasa memiliki dan kecintaan.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Authenticity Hadirkan Soundroom Tour di 14 Kota, Catat Tanggalnya!

BERIKUTNYA

Piala Dunia U-17 Tinggal Mengitung Hari, Cek Cara Beli Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: