Beberapa cara merayakan Hari Wayang Nasional adalah dengan membagikan ucapan selamat dan menonton pertunjukan wayang yang digelar di Tanah Air. (Sumber gambar: Kemdikbud)

7 Ucapan Memperingati Hari Wayang Nasional & Cara Merayakannya

07 November 2022   |   13:07 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Hari Wayang Nasional selalu diperingati setiap tanggal 7 November di Indonesia. Peringatan ini merupakan salah satu perayaan terhadap kesenian tradisi wayang sebagai warisan budaya leluhur yang mengajarkan filosofi hidup. Wayang memang telah menjadi bagian dari dunia global.

Penetapan Hari Wayang Nasional dilakukan sejak empat tahun silam berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2018. Penetapan ini juga didasarkan dari keputusan UNESCO yang menetapkan wayang sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003.

Baca jugaSejarah Hari Wayang Nasional, dirayakan Sejak 2018
 
 


Bagi Genhype yang ingin merayakannya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan membagikan ucapan selamat. Hal ini bertujuan agar semakin banyak yang tahu dan ikut merayakan. Yuk simak ucapan untuk memperingati Hari Wayang Nasional dari Hypeabis.id berikut:

1. Selamat Hari Wayang Nasional 7 November 2022! Mari lestarikan budaya adiluhung ini agar kian semarak dan dikenali generasi muda. Wayang adalah suluh peradaban, kesenian tradisi tumbuh, Indonesia pasti tangguh!

2. Wayang merupakan salah satu pilar seni budaya Indonesia. Tak hanya mengajarkan filosofi hidup lewat pertunjukannya wayang juga membentuk karakter dan peradaban bangsa. Selamat Hari Wayang Nasional 2022.

3. Selamat Hari Wayang Nasional 7 November 2022! Ayo kita lestarikan dan jaga budaya wayang  agar generasi mendatang tetap bisa menikmati kesenian adiluhung ini. Spirit wayang akan terus membangun Indonesia untuk tumbuh lebih baik!

4. Selamat memperingati Hari Wayang Nasional 7 November 2022! Ayo rayakan Hari Wayang Nasional dengan mencintai tradisi bangsa. Menjaga kebudayaan leluhur adalah kewajiban utama pemuda Indonesia!

5. Bangsa yang besar adalah bangsa yang terus menjaga dan melestarikan kebudayaan leluhur. Mari kita jaga wayang sebagai bagian terpenting kesenian Indonesia. Selamat hari Wayang Nasional 2022!

6. Dalang adalah aktor utama dalam pertunjukan wayang. Dalang berperan sebagai sutradara, dan kita generasi muda adalah aktor utama untuk menjaga tradisi bangsa, Selamat Hari Wayang Nasional!

7. Wayang mengandung nilai keutamaan bagi bangsa, mari  pelajari tradisi untuk melihat masa depan yang cerah. Hari Wayang Nasional adalah momen yang tepat untuk memulainya. Selamat Hari Wayang Nasional!

Namun, selain mengucapkan kata-kata yang menggebu, ada baiknya juga Genhype turun langsung memperingati Hari Wayang Nasional dengan menikmati pertunjukan wayang yang digelar oleh komunitas di beberapa kota di Tanah Air.

Salah satunya adalah yang diselenggarakan oleh Senawangi atau Sekretariat Nasional Wayang Indonesia. Mereka menghelat berbagai acara yang bisa dinikmati secara gratis oleh publik dalam rangka  memperingati Hari Wayang Nasional. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by SENA WANGI (@sena_wangi)



Berlangsung di gedung Pewayangan Kautaman, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) acara ini akan dihelat pada 7-9 November 2022. Acara ini juga berlangsung secara hibrida dan bisa dinikmati via internet dari rumah masing-masing.

Dalam acara tersebut Genhype tak hanya menikmati pertunjukan wayang saja, tapi ada workshop tata sungging wayang, lomba lukis wayang, talkshow pekan wayang Indonesia, hingga menonton drama Wayang Swargaloka Brata Satria Ayodya. Selamat Hari Wayang Nasional Genhype.

Baca jugaNanang Hape, Dalang Pertunjukan Wayang Urban yang Kekinian

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Makin Garang, ONIC Esports Juarai MPLI 2022 Setelah Sabet Piala MPL ID S10

BERIKUTNYA

Enggak Ada Matinya, Intip Tren Denim yang Lagi Ramai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: