Memiliki kemampuan berkomunikasi bisnis yang baik dapat membantu kalian mencapai kesepakatan bersama mitra kerja. (Sumber gambar: Sbastian Herrmann/Unsplash)

Perhatikan 6 Tip Komunikasi Bisnis yang Perlu Diterapkan di Perusahaan

06 November 2023   |   12:15 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Dalam menjalani karier profesional tentu saja kita tidak akan terlepas dari konsep komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis yang efektif sangat penting dalam menjaga kelancaran operasi organisasi, membangun hubungan yang kuat dengan klien dan mitra bisnis, serta mencapai tujuan bisnis secara keseluruhan.

Lantas apa itu komunikasi bisnis dan apa saja manfaat yang dapat diperoleh sebuah perusahaan? Menurut dosen Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Nipa Indonesia Maumere Markus Kristian Retu, penerapan komunikasi bisnis yang efektif adalah untuk meningkatkan kerja sama yang baik antar perusahaan. Selain itu, konsep bisnis yang satu ini juga bertujuan meningkatkan relasi yang baik antar perusahaan dengan publik atau konsumen.  

Baca juga: 4 Cara Membangun Branding Digital ala Profesional di LinkedIn

“Domainnya pada komunikasi yang efektif dalam bisnis agar perusahaan dapat menjalin relasi yang menguntungkan bagi masing-masing perusahaan dan publik. Contohnya adalah ketika bidang marketing dalam suatu perusahaan yang mempromosikan produk melalui event tertentu,” jelas Kristian dalam wawancara yang dilakukan melalui saluran whatsapp pada (05/11/2023).

Lebih lanjut Kristian juga menjelaskan bahwa, komunikasi bisnis ialah suatu perilaku atau kegiatan pertukaran informasi, saran, opini, serta instruksi yang dilakukan oleh seseorang maupun sekelompok orang dalam sebuah perusahaan melalui metode verbal dan juga non-verbal demi kepentingan bisnis.

Komunikasi verbal dijelaskan oleh Kristian merupakan bentuk wacana yang dilakukan melalui kata-kata. Sedangkan, komunikasi non-verbal yakni bentuk komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan isyarat, seperti mimik wajah, gerakan tangan serta bahasa tubuh lainnya.

Dalam penerapannya tentu terdapat beberapa faktor mendasar yang menjadi sebuah pertimbangan keberhasilan komunikasi bisnis yang dibangun. Kristian juga menyebutkan beberapa aspek yang menjadi aspek keberhasilan, diantaranya adanya pola komunikasi personal yang baik antar perorangan maupun perusahaan.

Tidak hanya itu, aspek lain yang menentukan keberhasilan komunikasi bisnis yang dibangun ialah, dapat membangun atau mengkolaborasikan dua persepsi berbeda untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Selain itu, komunikasi yang dibangun dapat menciptakan kepercayaan antar perusahaan, serta meningkatnya relasi antar pelaku bisnis  dan publik, serta sistem atau kultur yang terdapat.

Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk menciptakan keberhasilan dalam komunikasi bisnis antar perusahaan.
 

1. Bersikap jujur

Tip yang satu ini tentu saja mudah untuk diucapkan namun dalam beberapa kasus, kejujuran merupakan suatu hal yang sulit dilakukan. Hal ini dapat kita lihat dengan adanya kasus-kasus penggelapan dana yang dilakukan oleh beberapa pihak dalam sebuah perusahaan. Selain itu, bersikap jujur dapat meningkatkan kepercayaan dari relasi atau konsumen.
 

2. Menghargai persepsi pihak lain

Dalam suatu bisnis tentu saja kita akan berhubungan dengan orang lain, sebut saja partner kerja, bawahan, serta konsumen. Hal ini akan memungkinan terjadinya sebuah diskusi untuk menentukan tujuan dan  hasil yang ingin dicapai. Menghargai pendapat atau pandangan orang lain dalam sebuah perusahaan akan membantu kalian dalam menangani sebuah masalah yang terjadi ditengah perjalanan bisnis yang dijalani.


3. Komunikasi non verbal yang baik

Selain memiliki kemampuan komunikasi verbal yang baik, dalam sebuah perusahaan perlu menerapkan komunikasi verbal yang tepat pula. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan dengan relasi. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana, misalnya menerapkan 3S atau Senyum, Salam, dan Sapa.


4. Mendengarkan dengan aktif

Dalam menjalin relasi bersama seseorang atau suatu perusahaan lainnya, kita perlu menjadi pendengar yang baik. Hal ini dilakukan agar lawan bicara memiliki rasa dihargai dan meningkatkan relasi yang baik. Mendengarkan dengan aktif tidak hanya diterapkan bersama perusahaan lain, namun diimplementasikan dalam perusahaan, misalnya antara atasan dan bawahan atau antar sesama karyawan.


5. Memanfaatkan teknologi

Selain meningkatkan komunikasi secara langsung atau tatap muka, kalian juga dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.  Penggunaan teknologi, dapat membantu melancarkan komunikasi bisnis agar lebih efisien dan juga efektif. Hal ini dapat kalian terapkan ketika terjadi hal-hal mendesak seperti, faktor geografis yang tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung. 


6. Mengasah keterampilan problem solving

Problem solving merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menyelesaikan sebuah permasalahan dengan tepat. Hal ini tentu menjadi sebuah pertimbangan ketika menjadi pekerja dalam sebuah perusahaan. Seseorang yang memiliki kemampuan problem solving, diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang diterima dalam perusahaan dengan tidak merugikan pihak manapun, baik mitra maupun konsumen.
 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jadwal Lengkap Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

BERIKUTNYA

Hasil Lengkap Drawing M5 World Championship, ONIC & Geek Fam Hadapi Lawan Berat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: