Ponco & jaket hujan menjadi pelengkapan penting melindungi diri dari air hujan (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Andrea Piacquadio)

Ponco vs Jaket Hujan, Mana yang Lebih Baik?

06 November 2023   |   08:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Musim hujan sudah tiba sepertinya. Pakaian anti hujan menjadi perlengkapan penting bagi para pengendara motor. Bukan tanpa sebab, tanpanya perjalanan akan terganggu karena badan dapat basah. Jadi, perlengkapan itu harus ada di bawah bagasi.

Bagi Gehype yang belum memiliki dan bingung memilihnya, berikut sejumlah hal yang perlu diketahui. Saat ini ada dua jenis pakaian anti hujan yang kerap menjadi pilihan bagi para pengendara motor, yakni ponco dan jas. Keduanya memiliki karakter yang berbeda meskipun sama-sama memiliki fungsi melindungi seseorang dari hujan.

Baca juga: Waspada Saat Musim Hujan, Ini Gejala & Pencegahan Penyakit Leptospirosis

Tidak hanya itu, keduanya juga kerap menjadi pilihan bagi individu yang melakukan mobilitas dengan sepeda motor. Ada berbagai alasan bagi pengendara sepeda motor ketika memilih pakaian anti air tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Genhype memilih salah satunya.


Ponco

Pakaian pelindung dari air hujan jenis ponco memiliki karakter yang lebar, sehingga beberapa orang menyebutnya jas hujan kelelawar atau batman. Kemudian, pelindung ini memiliki lubang yang berfungsi untuk kepala dan juga penutupnya.

Di bagian kiri dan kanan biasanya terdapat kancing yang berfungsi sebagai lengan atau menutup tubuh bagian samping. Mereka yang menggunakan pakaian pelindung dari air hujan jenis juga dapat berbagi perlindungan dengan penumpangnya lantaran ukurannya yang besar.

Tidak hanya itu, mereka yang membawa barang juga dapat menutupi dari basah dengan menggunakan pakaian pelindung dari air hujan jenis ponco.

Kelebihan ukurannya yang besar itu juga dapat menjadi kekurangan di sisi lain. Ukuran ponco yang besar dan panjang rawan tersangkut di bagian motor, sehingga berpotensi membuat pengendara terjatuh jika tidak berhati-hati.

Sementara itu, jika ukuran ponco yang digunakan tidak terlalu besar atau tidak sampai bawah, individu dapat tetap terkena air hujan pada bagian celana. Jadi, pastikan untuk berhati-hati dan memastikan tetap aman ketika menggunakan jenis pelindung dari air hujan yang satu ini.

Saat ini, sejumlah produsen juga telah merancang ponco dengan ukuran yang jauh lebih besar sehingga dapat digunakan oleh dua orang dalam satu pakaian. Jumlah lubang untuk kepala juga mencapai dua.


Jaket/ jas Hujan

Pakaian pelindung dari air hujan jenis lainnya adalah jaket atau jas hujan. Pelindung yang satu ini memiliki karakter yang berbeda jika dibandingkan dengan ponco.

Jaket atau jas hujan memiliki karakter layaknya jaket atau jas. Dengan begitu, pakaian ini digunakan seperti seseorang memakai jaket atau jas yang sesuai dengan ukuran tubuh. Jaket / jas hujan terdiri dari dua jenis.

Pertama, jaket atau jas hujan terusan. Hampir mirip dengan ponco, jenis terusan ini memiliki bagian lengan dan ukuran sampai dengan betis atau mata kaki. Kedua, jaket/ jas hujan yang terdiri atas dua potong, atasan dan bawahan.

Potensi pakain pelindung dari air hujan ini tersangkut di motor lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis ponco. Namun, kekurangannya adalah ukuran yang pas di badan kerap membuat pengendara kesulitan ketika membawa barang.

Beberapa pengendara kerap membeli dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran badannya agar bisa menggunakannya dengan tas di dalamnya. Tidak hanya itu, jenis pelindung yang satu ini juga tidak bisa digunakan berbarengan dengan orang lain yang menjadi penumpang.

Baca juga: Panduan Lengkap Berkendara Aman untuk Motor & Mobil Saat Hujan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Konser The Legends 9: Adventures from Disney – Pixar Mengubah Stereotip Orkestra yang Ngebosenin

BERIKUTNYA

Jadwal Lengkap Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: