Konferensi Pers FFI 2023 (Sumber gambar: Dokumen FFI 2023/Arman Poplicist)

Menilik Konsep FFI 2023, Reza Rahadian Ingin Semua Mata Tertuju Pada Pemenang

03 November 2023   |   14:15 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 bakal digelar di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, pada 14 November 2023. Acara FFI tahun ini akan menjadi gelaran terakhir di bawah komite periode 2021-2023 yang dipimpin Reza Rahadian.

Tahun ini, malam puncak penganugerahan kembali digelar tanpa menggunakan master ceremony (MC). Ketua Komite FFI 2021-2023 Reza Rahadian mengungkapkan acara tersebut memang tidak diniatkan untuk menampilkan banyak hiburan.

“Pertama, kenapa MC tidak ada lagi di Festival Film Indonesia, karena saya enggak mau durasinya panjang, saya enggak pengin bercanda, saya ingin acaranya tegas, enggak ada yang lain,” ucap Reza saat ditemui di konferensi pers FFI 2023 di gedung Kemendikbudristek, Jakatra, Kamis (2/11)

Pemain film 24 Jam Bersama Gaspar ini ingin malam penganugerahan berjalan lebih singkat dan memorable, utamanya bagi para pemenang. Dia ingin malam 14 November nanti seluruh mata memandang pemenang FFI di berbagai kategori, bukan malah terlena dengan jokes atau hiburan lain.

Untuk lebih memadatkan acara, nantinya para pembaca nominasi juga tak melakukan chitchat berkepanjangan. Mereka hanya membacakan pemenang, lalu waktu sepenuhnya diberikan pada si peraih Piala Citra itu sendiri.

“Ini adalah momentumnya pemenang, bukan pembaca nominasi. Buat saya enggak masalah juga kalau tidak ada MC di perhelatan FFI,” imbuhnya.
 


Aktor berumur 36 tahun ini ingin mengubah kebiasaan FFI yang pada penyelenggaraan sebelumnya pembacaan nominasinya selalu selesai di atas pukul 12.00 malam. Hal itu dirasa kurang efektif karena masyarakat jadi menunggu terlalu lama pemenang film terbaik atau nominasi lain yang akan dibacakannya.

Reza menargetkan acara Malam Puncak FFI 2023 bisa berlangsung dengan durasi 2 jam 10 menit. Dengan demikian, pembacaan nominasi jadi lebih efektif. Selain itu, para pemenang juga masih bisa berkumpul dan merayakan kemenangannya bersama.

Adapun para pembaca nominasi pada FFI tahun ini ialah mereka yang pernah memenangi Piala Citra sebelumnya. Keputusan ini diambil setelah dirinya berdiskusi dengan para jajaran komite.

Meskipun demikian, Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 dipastikan akan tetap meriah dengan kehadiran dua musisi ternama Tanah Air. Mereka adalah Iwan Fals dan Rossa. Keduanya akan membawakan lagu hit mereka dan beberapa lagu nominasi kategori lagu tema terbaik FFI 2023.

Keduanya tentu akan menghadirkan hiburan bagi tamu undangan maupun publik yang menonton melalui siaran langsung. Hal ini menjadi salah satu hiburan yang ditunggu oleh berbagai pihak.

Reza mengatakan selama tiga tahun terakhir penyelenggaraan FFI dengan tahun pertamanya masih berada pada masa pandemi dan kini sudah berada pada masa endemi, dirinya melihat ada banyak capaian yang telah dilalui. Dengan berbagai dinamika di perfilman yang dilalui, dirinya berharap selalu bisa memberikan yang terbaik bagi FFI dan ekosistem film Indonesia.

Baca juga: Festival Film Indonesia 2023 Resmi Umumkan Jajaran Dewan Juri Akhir, Cek Nama-namanya

Malam Anugerah FFI 2023 mengambil tema dan konsep “Citra” yang menjadi nama penghargaan FFI sejak 1967. Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 akan berlangsung pada 14 November 2023 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta pada pukul 19.00 WIB. Malam Anugerah FFI 2023 juga akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Danau Toba, Destinasi Wisata Luar Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

BERIKUTNYA

Kenali 5 Jenis Penyakit Alat Reproduksi Manusia, Ada Sindrom Ovarium Polikistik hingga Sistitis Interstisial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: