Ilustrasi membersihkan wajah (Sumber gambar: Sora Shimazaki/Pexels)

Ini Bahayanya Tidak Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

02 November 2023   |   16:39 WIB

Ketika tiba di rumah setelah berpergian, membersihkan wajah dari make up sebelum tidur merupakan hal penting. Namun, sering kali malas untuk membersihkan makeup karena kecapaian setelah seharian beraktivitas. Padahal kebiasaan tidur dengan make up yang masih menempel bisa memberikan dampak yang kurang baik pada wajah.

Oleh karena itu, jangan lakukan kebiasaan buruk tersebut ya, Genhype. Make up yang masih menempel terkadang seperti menghilang dengan sendirinya pada pagi hari. Namun, jika kalian sering melakukan kebiasaan ini, akan berdampak kurang baik di kemudian hari.

Dilansir dari Dermalogica, berikut ini dampak buruk yang bisa terjadi apabila kalian tidak membersihkan makeup sebelum tidur, yuk simak!

 

Ilustrasi makeup wajah (Sumber foto Freepik)

Ilustrasi makeup wajah (Sumber foto Freepik)
 


1. Wajah Tampak Kusam
Tidur dengan make up yang masih menempel pada wajah bisa mengganggu pengelupasan kulit alami, lho. Akibatnya, sel-sel kulit mati dan kotoran mengendap di permukaan wajah. Hal ini bisa membuat permukaan kulit menjadi kasar, kulit akan tampak kusam dan tidak bercahaya.

Oleh karena itu, jika dalam keseharian Genhype harus memakai make up, sebaiknya Genhype melakukan double cleansing untuk membersihkan wajah dari makeup yang lebih maksimal dan menghindari kulit kusam.

2. Penuaan Dini
Saat malam hari merupakan waktu yang tepat untuk proses pemulihan alami dan memperbaiki kerusakan kulit. Apabila kalian tidak membersihkan make up sebelum tidur pada malam hari, akibatnya proses perbaikan kulit akan terhambat dan tercampur dengan kotoran yang menumpuk. Jika hal ini terjadi, maka salah satu tanda yang sangat terlihat adalah kulit kalian akan mengalami penuaan dini.

3. Kulit Terasa kering
Membersihkan sisa-sisa makeup yang kurang tepat dapat menjadi penghalang produk perawatan kulit yang kalian gunakan, sehingga produk perawatan ini tidak memberikan efek apapun pada kulit. Apalagi jika kalian sudah membeli produk perawatan kulit atau skincare dengan harga yang mahal, tentu akan terasa sia-sia.

4. Iritasi
Seperti yang diketahui umumnya make up mengandung bahan-bahan kimiawi atau parfum yang bisa memicu iritasi kulit. Saat kulit dibiarkan terpapar make up dalam jangka waktu yang lama, maka kulit akan mengalami peradangan, kemerahan, dan iritasi.

5. Pori-pori Wajah Tersumbat
Make up yang kalian gunakan selama beraktivitas berfungsi sebagai magnet yang bisa menjebak polusi, minyak, kotoran, hingga sel kulit mati. Hal ini bisa menjadi penyebab pori-pori tersumbat, jika kalian tidak membersihkan makeup sebelum tidur. Make up, polusi, kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori bisa menyebabkan munculnya jerawat, komedo, dan flek hitam.

Baca juga: 4 Bahan Kimia Berbahaya dalam Produk Make Up dan Skincare

6. Risiko Terkena Infeksi Mata
Make up pada bagian luar mata yang masih menempel saat tidur pada malam hari bisa berbahaya, lho mengingat hal ini dapat menjadi penyebab infeksi pada mata, bahkan sakit mata berkelanjutan. Area sekitar mata akan terasa gatal, kering, ataupun mengalami benjolan. Untuk menghindari hal tersebut, Genhype perlu membersihkan make up pada bagian luar mata dengan benar.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Selain Semangka, 3 Buah Ini Juga Jadi Simbol Dukungan Palestina

BERIKUTNYA

Clean Girl Look Bakal Jadi Tren Makeup 2024, Ini 4 Kiat Merias Wajah Bak Hailey Bieber

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: