Ilustrasi berbagai jenis sepatu. Sumber gambar: Pexels/Ingo Joseph

Begini Cara Merawat Sepatu, Ternyata Turut Lestarikan Lingkungan Juga Lho

02 November 2023   |   08:55 WIB
Image
Anisah Erika Rahayu Ibu dua anak yang suka menulis dan membaca

Di era modern sekarang sepatu sudah menjadi kebutuhan utama setiap manusia. Sepatu merupakan alas kaki yang akan menemani kita kemana pun kaki melangkah dan akan melindungi diri dari cedera kaki karena benturan benda keras atau tajam saat berjalan.

Tak hanya sebagai pelindung kaki, bahkan penggunaan sepatu sudah bagian dari fashion, terutama bagi wanita. Setiap aktivitas yang mengharuskan penggunaan alas kaki pasti membutuhkan jenis sepatu yang berbeda dan kenyamanan saat dipakai. Tentunya hal ini akan menunjang penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Baca juga:  Sejarah Sepatu Salomon, Dari Alam ke Tongkrongan Skena

Seringnya bersentuhan dengan tanah yang dipijak membuat sepatu menjadi mudah kotor. Hal ini menuntut kesadaran diri untuk selalu membersihkan sepatu secara rutin. Terlebih lagi dengan menjaga dan merawat sepatu bisa meningkatkan ketahanan dan keawetan dari alas kaki yang kita gunakan.

Dengan begitu biaya/budget untuk pembelian sepatu pun bisa diminimalisir dan Genhype bisa turut mewujudkan kelestarian lingkungan dengan tidak menghasilkan banyak limbah sepatu. Dilansir dari laman dataindonesia.id, sepatu bekas bersol karet yang dibuang di tempat sampah membutuhkan waktu sekitar 80 tahun untuk terurai.

Maka salah satu cara untuk menghindari banyaknya limbah sepatu yang dihasilkan adalah dengan menjaga kebersihan dan melakukan perawatan sepatu yang Genhype miliki. Hal ini akan membuat sepatu memiliki umur yang panjang dan mengurangi intensitas pembelian sepatu baru.

Lalu, bagaimana cara merawat sepatu yang benar? Dilansir dari laman Feet First Clinic berikut adalah kiat menjaga dan merawat sepatu supaya awet dan tidak cepat rusak.

 

1. Kenali jenis dan bahan dari sepatu

Genhype perlu mengetahui dengan jelas bahan dari sepatu yang dimiliki. Setiap bahan sepatu membutuhkan perlakuan yang berbeda dan tentunya metode mencucinya pun bisa berbeda. Bacalah instruksi cara membersihkan sepatu yang tercantum di label, kotak sepatu, atau situs web produsennya!
 

2. Bersihkan sepatu sesuai dengan bahannya

Setelah mengetahui jenis dan bahan sepatu, maka akan lebih mudah untuk mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkanya. Untuk sepatu dari bahan kulit, sebaiknya perlu disemir secara teratur. Hal ini bisa membantu menghilangkan kotoran dan memberikan tampilan baru pada sepatu kulit.

Alas kaki berbahan suede juga membutuhkan perlakuan khusus karena bahannya yang sangat lembut dan berambut. Sepatu suede bisa dibersihkan dengan cara disikat menggunakan sikat gigi atau sikat yang lembut. Sebaiknya sepatu jenis suede ini tidak terkena air karena dapat merusak dan mengubah warna dan teksturnya.
 

3. Jangan cuci sepatu dengan mesin cuci

Mencuci sepatu dengan tangan lebih diutamakan mengingat beberapa jenis sepatu tidak tahan dengan siklus putaran dari mesin cuci dan tidak bisa dicuci dengan deterjen. Sekarang sudah banyak berbagai produk pembersih khusus sepatu yang bisa digunakan dengan harga terjangkau.

Gunakan juga sikat yang lembut untuk menghilangkan kotoran atau noda secara perlahan. Tali dan sol dalam sepatu bisa dicuci terpisah supaya lebih bersih.
 

4. Simpan sepatu di tempat kering dan sejuk

Suhu dan kelembapan dapat mempengaruhi bahan sepatu. Misalnya suhu yang panas dan kelembapan yang tinggi dapat membuat kulit menjadi rapuh dan melemahkan lem yang digunakan pada alas kaki tertentu. Sepatu yang disimpan pada tempat lembap pun bisa menyebabkan pertumbuhan jamur dan bau berlebihan.

Selain itu, tidak semua jenis sepatu bisa dijemur langsung di bawah sinar matahari. Untuk alas kaki yang cerah dan berwarna-warni sebaiknya dijauhkan dari sinar matahari karena berisiko terjadi pemutihan. Berikut beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam penyimpanan sepatu. 

Boleh dilakukan

  • Mengatur sepatu sesuai kebutuhan
  • Membersihkan sepatu sebelum disimpan agar noda tidak menempel
  • Menggunakan silica gel untuk menyerap kelembapan
  • Menjaga sepatu selalu dalam keadaan kering

Tidak boleh dilakukan

  • Segera memasukkan sepatu ke dalam lemari sepatu setelah digunakan
  • Terus memakai sepatu saat basah
  • Menggunakan rak kawat
  • Menyimpan sepatu di tempat yang terbatas, misalnya kotak plastik kecil yang tidak memiliki ventilasi
 

5. Rawat sepatu seperti melakukan perawatan kulit

Sama seperti perawatan wajah, sepatu juga perlu dirawat dengan baik. Rutin dibersihkan setiap dua minggu sekali atau jika ada bagian yang terkena noda supaya tidak terjadi penumpukan kotoran yang menyebabkan noda membandel.

Genhype bisa menggunakan beberapa produk perawatan yang sesuai untuk setiap bahan sepatu yang berbeda, termasuk menggunakan pewangi sepatu atau desinfektan untuk membunuh kuman dan menetralisir bau pada sepatu.

Sepatu memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari setiap kegiatan manusia. Dan karena fungsinya sebagai alas kaki, maka sepatu ini akan rentan kotor. Sudah seharusnya kita menjaga dan merawat kebersihan sepatu karena kebersihan sepatu juga bagian dari pencerminan diri kita. Yuk, mulai rutin membersihkan sepatu supaya lebih tahan lama dan bantu rawat lingkungan!

Baca juga:   Disney X Swarovski Bikin Sepatu Kaca Cinderella dari Batu Kristal Rayakan 100 Tahun Anniversary

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Cek 6 Segmen Pameran Seni Unik di Art Jakarta 2023, Ada Art Jakarta Galleries & AJX

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Horor Kultus Iblis, Kisah Ilmu Hitam di Desa Misterius

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: