Ilustrasi perlengkapan bayi. (Foto: Minnie Zhou/Unsplash)

Bunda, 5 Barang Ini Ternyata Tidak Penting Untuk Bayi

31 October 2023   |   17:27 WIB

Menyambut kehadiran anak ke dunia merupakan momen yang pastinya dinanti-nanti setiap orang tua. Tak heran berbagai persiapan pun dilakukan dengan matang. Tak hanya tentang mental tetapi juga fisik serta sarana penunjang yang harus disiapkan menjelang hari kelahiran si buah hati.

Kebahagiaan yang menyeruak dalam masa penantian kelahiran itu tak jarang membuat para calon orang tua kalap membeli perlengkapan untuk bayi. Padahal semua barang tersebut belum tentu dibutuhkan dan mungkin sebenarnya malah tidak wajib dibeli.

Baca juga: Mom, Begini Posisi Tepat Saat Menyusui & Hadirkan ASI Berkualitas Untuk Bayi

Jadi, sebagai pertimbangan bagi semua orang tua bijak, simak perintilan barang apa saja yang sebenarnya tidak wajib dibeli untuk bayi.


1. Changing Table

Meja untuk ganti popok sering menjadi perabot yang diincar orang tua baru. Alih-alih membeli perabot ini, lebih baik orang tua bisa menggunakan budget untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

Pasalnya, bayi bisa diganti popok cukup di kasur dengan alas perlak atau kain yang tidak tembus air. Hal ini pun akan lebih simple dan tidak memakan banyak tempat. 


2. Bottle Warmer

Alat ini mungkin sempat menjadi opsi untuk menghangatkan botol susu secara praktis. Namun, dalam kebanyakan praktiknya, bottle warmer tidak terlalu difungsikan sebab bayi akan cenderung minum susu langsung dengan mengonsumsi ASI.

Pun jika bayi minum susu formula, tentunya dalam pembuatan sudah menggunakan air hangat. Coba dipikir kembali, perlu enggak ya barang ini?


3. Baby Food Maker

Dalam dunia MPASI (Makanan Pendamping ASI), banyak sekali alat-alat berlabel MPASI yang dijual sehingga membuat para orang tua kalap membeli. Padahal prinsip sederhana dalam MPASI adalah bayi belajar makan seperti kedua orang tuanya makan.

Jadi dalam proses pembuatannya pun cukup menggunakan alat-alat yang tersedia di dapur, asalkan kebersihannya harus tetap diperhatikan.


4. Sepatu Bayi

Lucu-lucu memang ya ketika kita lihat sepatu bayi terpajang di etalase toko. Namun, ingat ya bayi hanya perlu kaus kaki untuk menghangatkan kaki mungil mereka.

Adapun sepatu bayi tidak terlalu dibutuhkan sebab bayi pun belum bisa berjalan. Jika akan membeli sepatu pastikan membelinya saat bayi berumur satu tahun atau akan berjalan. Hal itu untuk menjaga agar pengeluaran menyambut si buah hati dapat seefisien mungkin.


5. Baby Walker

Nah, siapa yang bayinya sedang tahap belajar berjalan nih! Saat ini marak sekali larangan penggunaan baby walker oleh para dokter atau praktisi parenting.

Sebenarnya untuk melatih anak berjalan, ayah dan bunda cukup menggunakan barang-barang di rumah seperti galon, kursi, atau diri kita sebagai media si kecil belajar berjalan kan? Sederhana tetapi bermakna.

Baca juga: Mengenal Sleep Training & 5 Metodenya, Cara Jitu Bikin Bayi Tidur Pulas & Berkualitas

Itulah beberapa barang bayi yang tidak perlu dibeli versi penulis. Kalau ada yang punya referensi berbeda, yuk disesuaikan dengan kebutuhan lagi. Semoga artikel ini bermanfaat!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

9 Negara yang Tidak Merayakan Halloween, Ada Rusia & Australia

BERIKUTNYA

Dibuka Beby Tsabina, Intip Kolaborasi Unik Infinix dengan 3 Jenama Lokal di Panggung JFW 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: