iPhone 15 (Sumber gambar: Apple)

Rekap Apple Event September 2023, Peluncuran iPhone 15, Watch Series, dan Airpods Pro

13 September 2023   |   10:26 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Apple baru saja menggelar Apple Event 2023 untuk meluncurkan ponsel keluaran teranyarnya, yakni seri iPhone 15. Tahun ini mengangkat tema Wonderlust dan dilangsungkan di Apple Campus, Cupertino, California, AS. Acara dimulai pada Selasa, 12 September 2023 pukul 12.00 waktu AS atau Rabu, 13 September 2023 pukul 00.00 WIB.

Setiap tahunnya, Apple Event dilaksanakan sekitar 3-4 kali secara rutin. Umumnya acara yang digelar sekitar September, diikuti dengan peluncuran iPhone generasi terbaru. Selain itu, bertepatan dengan momen ini, Apple juga mengenalkan sejumlah produk terbarunya. Simak ada apa saja!

Baca juga: Menjelang Peluncuran, Cek Perbandingan Seri iPhone 15 vs iPhone 14


1. Seri iPhone 15

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus (Sumber Foto: Apple)


IPhone 15 dan 15 plus hadir membawa banyak fitur super canggih. Sama seperti biasanya, ada 4 model yang diluncurkan, mulai dari iPhone 15, 15 Plus, 15 Pro, dan 15 Pro Max. Seri iPhone 15 dan 15 Plus tampil dengan rangka aluminium dan bagian belakang kaca. Kedua ponsel masih membawa layar 6,1 inch dan 6,7 inch.

Adapun bodinya terbuat dari titanium, selain kokoh material ini lebih ringan dari baja tahan karat yang dipakai pada iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Layarnya juga lebih besar karena bezelnya lebih tamping berkat proses manufaktur baru yang disebut LIPO, atau overmolding bertekanan injeksi rendah

Dapur pacunya ditunjang dengan chipset Apple A16. Sementara seri iPhone 15 Pro akan mendapatkan chip A17 dan ukaran RAM yang lebih besar. Selain menawarkan performa yang cepat, Chipset A17 bisa menghemat masa pakai baterai lebih lama.

kamera terbesar akan hadir secara eksklusif pada iPhone 15 Pro Max. Sistem telefoto yang diperbarui dengan kemampuan zoom yang ditingkatkan berkat adanya lensa periskop. Ini akan menggandakan kemampuan iPhone dalam memperbesar gambar dari 3X menjadi sekitar 6X.

IPhone 15 dan 15 Plus juga disematkan kamera utama dengan bukaan f/1.6 dan resolusi 48 MP, serta kamera telefoto 12 MP dengan zoom optik hingga 2x. Sementara iPhone 15 Pro Max memiliki kemampuan zoom yang dapat memperbesar gambar dari 3X jadi 6X berkat adanya lensa periskop. 
 

2. USB-C untuk Seluruh Perangkat Apple Terbaru

 

USB-C untuk iPhone, iPad, dan

Adaptor USB-C untuk iPhone, iPad, dan Mac (Sumber Foto: Apple)

Sejumlah perangkat Apple keluaran terbaru seperti iPhone, iPad, Mac, bahkan Airpods sudah bisa menggunakan pengisi daya USB-C. Pembaruan ini sekaligus mengakhiri masa pakai port dan pengisi daya Lightning yang sudah 11 tahun digunakan oleh Apple dalam setiap produknya.

Setelah pengumuman ini keluar, Apple telah menyediakan adaptor USB-C ke Lightning yang dijual seharga US$29 atau sekitar Rp445 ribu.


3. Apple Watch Series 9

Apple Watch Series 9 (Sumber Foto: Apple)

Apple Watch Series 9 (Sumber Foto: Apple)

Apple Watch Series 9 merupakan jam pintar keluaran Apple yang trendi yang tersedia dalam ukuran 41 milimeter dan 45 milimeter.  Ada dua versi material, yakni aluminium yang tersedia dalam warna pink, starlight, silver, midnight, dan product Red. Ada juga versi material stainless steel yang tersedia dalam warna gold, silver, dan graphite.

Perangkat ini akhirnya mendapatkan chip baru setelah Seri 6. Kali ini disematkan chip ultra-wideband generasi kedua yang akan memudahkan pengguna saat melacak iPhone 15. Apple juga meningkatkan kecerahan Watch Series 9 mencapai 2000 nits, atau dua kali lipat dari Apple Watch Series 8.

Selain itu, ada juga fitur ketuk dua kali yang akan aktif saat mengetukkan ibu jari dan jari telunjuk dua kali untuk menjawab atau mengakhiri panggilan.

Apple juga mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan penggunaan bahan kulit secara bertahap untuk aksesori jam pintarnya. Kali ini diperkenalkan bahan FineWoven untuk tali jam Apple Watch yang 68 persen terbuat dari bahan daur ulang yang ramah lingkungan.

Apple juga bekerja sama dengan Hermès dan Nike untuk membuatnya. Apple Watch Series 9 dijual mulai dari $400 untuk model Bluetooth/GPS dan US$500 untuk versi seluler.


4. Apple Watch Ultra 2

 

(Sumber Foto: Apple)

Apple Watch Ultra 2 (Sumber Foto: Apple)



Apple juga meluncurkan Apple Watch Ultra 2 sebagai penerus Apple Watch Ultra yang rilis pada September 2022 lalu. Jam pintar ini memiliki layar 49 mm yang mendukung tingkat kecerahan maksimum 3.000 nits. Layar ini 50 persen lebih terang dibandingkan Apple Watch Ultra 2022, serta merupakan yang paling terang di antara semua jam pintar keluaran Apple. 

Apple Watch Ultra 2 menggunakan prosesor S9 SiP Apple yang membuatnya punya ketahanan baterai yang lebih baik mencapai 36 jam. Dengan mode daya rendah (lower-power mode), jam pintar ini bisa digunakan hingga 72 jam. Adpaun sistem operasinya menggunakan WatchOS 10.

Perangkat ini turut mendukung tampilan Modular Ultra yang memanfaatkan sisi tepi layarnya untuk menyajikan data real-time seperti detik, ketinggian, atau kedalaman. Bagi pengguna yang gemar olahraga ekstrem, seperti menyelam, Apple Watch Ultra tahan hingga kedalaman 40 meter. 

Jam pintar ini juga telah diuji untuk digunakan pada 500 meter di bawah permukaan laut hingga 9.000 meter di puncak tertinggi. Smartwatch ini dibanderol dengan harga USD 799 atau Rp 12 jutaan.


5. USB-C AirPods Pro

 (Sumber Foto: Apple)

AirPods Pro USB-C (Sumber Foto: Apple)



Apple juga memperkenalkan versi baru AirPods Pro generasi kedua yang memiliki port USB-C. Perusahaan juga berencana menghadirkan pengisian daya USB-C untuk AirPods seri sebelumnya dan AirPods Max di awal tahun depan nanti.

Desainnya tetap sama, tapi dari segi fiturnya, AirPods Pro akan mendapatkan pembaruan seperti kualitas suara yang ditingkatkan dan peredam kebisingan. Selain itu, kabarnya dalam waktu dekat Apple juga akan menambahkan sensor kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh melalui telinga.

Baca juga: Waspada Penipuan Jelang Rilis iPhone 15, Begini Modusnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Waspada Typosquatting, Salah Ketik URL Berujung Kena Hack

BERIKUTNYA

Dorong Pengembangan Industri Gim Lokal, Kemenparekraf Gelar Program Inkubasi Gameseed

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: