Dagestan, Negara Bagian Rusia. (Sumber gambar : Yulia Arnaut/Unsplash)

5 Tempat Wisata Menarik di Dagestan, Kampung Halaman Petarung UFC Khabib Nurmagomedov

30 October 2023   |   19:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Dagestan, Negara Bagian Rusia ini memiliki wisata yang cukup menarik dan unik. Tempat kelahiran petarung UFC Khabib Nurmagomedov itu menyajikan lanskap pegunungan, situs bebatuan, ngarai yang dalam, dan pesona alam lainnya yang menakjubkan. 

Saat ini, Dagestan menjadi sorotan dunia di tengah konflik Israel-Palestina. Beredar video warga di daerah tersebut menyerbu dan menerobos area bandara untuk menghalau kedatangan pengungsi dari Israel dan orang-orang Yahudi.

Baca juga: Jeddah Waterfront, Menyatu dengan Keindahan Alam dan Arsitektur Modern

Lepas dari viralnya video warga yang menunjukkan dukungannya untuk Palestina, berikut wisata menarik dari negara pegunungan kecil, Dagestan. 


1. Pegunungan Kaukasus

Mengutip Uaz Family, pegunungan raksasa ini membentuk perbatasan alami antara Eropa dan Asia. Puncak tertinggi di Eropa, Gunung Elbrus yang memiliki ketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut, terletak di Dagestan. Jelajahi salah satu pendakian paling populer di Dagestan dan berziarah ke gunung suci Shalbuzdag.


2. Derbent

Salah satu kota tertua di Rusia ini terletak di Dagestan. Penduduk setempat menyebut Derbent sudah ada sejak 5.000 tahun lalu. Kota ini cukup unik karena memiliki nuansa kuno dengan jalanan berbatu yang sempit, benteng tua, situs keagamaan, serta populasi yang beragam.  Di pesisir utara Derbent, kamu bisa melihat Laut Kaspia dengan hamparan pantai yang ingat. 


3. Ngarai Sulak

Ngarai terdalam di Eropa ini menjadi salah satu daya arik utama Dagestan. Nikmati panorama lembah dalam bersisi terjal yang terbentuk akibat erosi aliran air sungai dengan kedalaman hampir 2.000 meter.  Bersantailah sejenak menikmati keajaiban alam sambil sarapan atau berswafoto di tempat ini. Kamu juga bisa menjelajahi Sungai Sulak yang berwarna biru kehijauan, meliuk-liuk melewati kaki bukit menuju Laut Kaspia.


4. Bukit Pasir Barkhan 

Dekat dengan ibu kota Makhachkala, temukan gurun sepi di antara perbukitan hijau. Fauna dan flora unik menghuni gunung pasir besar yang merupakan bagian dari cagar alam ini. Berkunjung lah pada pagi atau sore hari saat matahari sudah rendah di cakrawala. 


5. Desa Pengrajin

Dagestan terkenal dengan barang-barang buatan tangannya yang unik. Setiap desa menciptakan barang unik yang bisa menjadi buah tangan ketika kamu berkunjung.  Jika ingin menemukan tembikar, datanglah ke Desa Kubachi. Pengrajin kayu dan vas ada Untsukul. Pengrajin perak dan perhiasan di Balkhar. Kerajinan pisau di Kizlyar, sementara karpet ada di Khuchni.
 
Semua desa ini berjarak beberapa jam dari Makhachkala atau Derbent. Jauh di pegunungan, kamu dapat menemukan burka buatan tangan.

Baca juga: 5 Tips Solo Traveling agar Lebih Aman dan Hemat Budget

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Makanan High Volume yang Tinggi Serat & Nutrisi, Bantu Penurunan Berat Badan

BERIKUTNYA

Menikmati Pesona Musik Tradisi di International Ethnic Music Festival 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: