Ilustrasi solo travelling (Sumber gambar: Holly Mandarich/Unsplash)

5 Tips Solo Traveling agar Lebih Aman dan Hemat Budget

13 December 2022   |   15:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genhype, akhir tahun sudah semakin dekat. Sebagian orang akan mengisi akhir tahun dengan liburan atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun bagi kamu yang tidak bisa bertemu keluarga di kampung halaman, tidak ada salahnya untuk mengisi libur akhir tahun dengan bepergian sendiri atau solo traveling.

Solo traveling merupakan istilah untuk seseorang yang melakukan perjalanan sendiri ke suatu destinasi atau kota. Tidak banyak orang yang bisa menikmati waktu bepergian sendiri. Namun ternyata, solo traveling menjadi hal yang talak mengasyikkan lohh Genhype.

Kamu bisa bebas menentukan destinasi sendiri dan berkenalan dengan orang-orang baru. Yuk simak tips solo traveling supaya lebih teratur dan bisa menghemat budget!

Baca jugaMau Traveling Tapi Takut Tersesat? Simak Dulu 5 Panduan Trip Ini
 

Ilustrasi solo travelling (Sumber gambar: Toa Heftiba/Unsplash)

Ilustrasi solo travelling (Sumber gambar: Toa Heftiba/Unsplash)
 

1. Siapkan itinerary

Yup, langkah pertama yang harus kamu siapkan adalah peta perjalanan atau yang biasa disebut dengan itinerary. Mempersiapkan rencana perjalanan membantu agar solo travelling lebih teratur. Pilihlah trademark atau tempat paling populer dari kota yang ingin kamu kunjungi.

Usahakan untuk konsisten dengan rencana perjalanan yang sudah kamu tetapkan agar tidak membuang banyak waktu dan menghabiskan dana yang berlebihan. Buatlah rencana perjalanan dengan detail mulai dari destinasi, waktu, dan transportasi yang digunakan untuk mencapai destinasi tersebut.


2. Siapkan dana darurat

Meskipun kamu sudah mempersiapkan anggaran budget perjalanan dengan matang, membawa uang lebih sebagai antisipasi dana darurat merupakan hal penting loh. Artinya, kamu memiliki kesadaran untuk mengantisipasi jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Sisihkan sebagian dana darurat dalam bentuk cash dan sebagian lainnya di rekening. 


3. Pilihlah hostel berkonsep kabin

Bepergian sendiri juga bisa membuat budget penginapan lebih hemat. Kamu bisa memilih hostel dengan konsep kabin yang nyaman untuk beristirahat. Selain lebih murah, hostel berbentuk kabin juga memungkinkan kamu bertemu dengan banyak orang baru dalam satu kamar.

Artinya, kamu bisa berkenalan dan saling bertukar wawasan dengan teman satu kamar yang mungkin berasal dari berbagai kota atau negara. Seru kan!


4. Pastikan gadget dalam kondisi hidup

Memastikan baterai gadget dalam kondisi yang aman tidak hanya berkaitan dengan kepentingan foto atau video saat kamu tiba di sebuah destinasi. Kamu juga memerlukan gadget dalam kondisi baterai yang aman untuk menggunakan fitur atau aplikasi maps agar sampai di tujuan dengan tepat tanpa tersasar.

Selain itu, kamu juga mungkin memerlukanya untuk kepentingan memesan transportasi online untuk berpindah dari satu tempat wisata ke tempat lainnya.


5. Bawa tripod khusus smartphone

Tidak semua orang nyaman untuk meminta orang lain membantu mengambil foto. Agar dokumentasi lebih mudah, kamu bisa membawa tripod khusus smartphone untuk mengabadikan momen saat melakukan solo travelling. Beberapa tripod smartphone juga sudah dilengkapi dengan remote take picture untuk memudahkan pengambilan foto dari jarak jauh.

Baca juga5 Destinasi Solo Traveling yang Aman untuk Perempuan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

The Banshees of Inisherin Pimpin Nominasi Golden Globe Awards 2023, Cek Daftar Lengkapnya

BERIKUTNYA

Siap-Siap, EKI Dance Company akan Gelar Musikal Ken Dedes di Ciputra Artpreneur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: