Celanan jeans (Sumber Foto: Freepik)

Bahaya Terlalu Sering Memakai Celana Jeans Bagi Kesehatan Reproduksi

13 April 2023   |   17:45 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Celana jeans menjadi salah satu item fesyen yang tak pernah ketinggalan zaman. Jeans selalu cocok dipadupadankan dengan baju atasan model apapun untuk menghasilkan look yang kasual maupun formal. Misalnya jeans dengan blouse, kemeja, ataupun t-shirt.

Namun, terlalu sering memakai celana jeans ketat atau skinny jeans ternyata tidak bagus untuk kesehatan loh! Salah satunya bisa bikin postur tubuh bungkuk, kaki jadi mati rasa, dan juga tidak bagus untuk kesehatan reproduksi. Melansir dari Bright Side, ini yang akan terjadi apabila kita terlalu sering memakai celana jeans.
 

1. Kaki jadi mati rasa

Usahakan untuk tidak mengenakan celana jeans seharian apalagi ditambah dengan ikat pinggang yang ketat. Seringkali kita aktif bergerak, seperti berlari, maupun jongkok. Aktivitas tersebut kurang cocok dilakukan ketika kita memakai celana jeans. 

Kombinasi skinny jeans dan ikat pinggang ketat dapat melukai otot saraf dan kaki sehingga menyebabkan mati rasa, nyeri, dan kesemutan di bagian depan paha. Kondisi ini juga dikenal sebagai Skinny Pant Syndrome.
 

2. Memperlambat sirkulasi darah

Kita tidak boleh terlalu sering memakai celana jeans. Apabila kedua kaki sudah terasa sangat berat dan lelah, sebaiknya ganti celana jeans dengan celana yang lebih longgar. Mengenakan celana yang terlalu ketat di sekitar pinggang dapat memperlambat sirkulasi darah. Hal ini akan mempersulit pembuluh darah untuk memompa darah kembali ke jantung dan organ lainnya.


 

Skinny jeans. Sumber foto: Indianapublicmedia

Skinny jeans. Sumber foto: Indianapublicmedia

 

3. Menyebabkan perut mulas

Kamu mungkin sadar bahwa celana jeans akan membekas di area pinggang apabila terlalu lama dipakai. Ini membuat celana jeans yang ketat akan menekan ke area pinggang dan perut. Kondisi ini rupanya bisa menyebabkan refluks asam, salah satu masalah usus yang dikeluhkan banyak orang.

Orang-orang yang tidak punya riwayat penyakit refluks asam pun ada kemungkinan bisa saja mengalaminya jika terlalu mengenakan celana jeans ketat berturut-turut selama dua minggu. Oleh karena itu, sebisa mungkin gunakanlah celana longgar.
 

4. Postur tubuh jadi bungkuk

Percaya atau tidak, celana jeans dapat mengubah postur tubuh seseorang. Skinny jeans akan mengganggu keseimbangan yang sempurna antara punggung bawah dan pinggul. Celana ini juga dapat menyebabkan fleksi punggung bawah yang berlebihan, sehingga dapat meningkatkan tekanan pada cakram tulang belakang. Kondisi inilah yang akan membuat postur tubuh kita terlihat bungkuk.

Baca juga: 7 Jenis Celana Jeans Wajib Punya, Yuk Lengkapi Koleksi Fesyen Kalian
 

5. Tidak bagus untuk kesehatan reproduksi

Memakai celana jeans setiap hari dapat meningkatkan risiko terkena infeksi dan iritasi. Misalnya vulvodynia, infeksi ditandai dengan nyeri di organ kewanitaan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengenakan celana jeans ketat sebanyak empat kali atau lebih dalam seminggu, lebih mungkin untuk mengalami vulvodynia dibandingkan mereka yang tidak pernah memakainya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Mengenal Virtual Autism: Dampak Screen Time Berlebih pada Anak Pra Sekolah

BERIKUTNYA

Cara Unik Libatkan Rumah Ibadah untuk Daur Ulang Sampah Plastik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: