Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci celana Jeans (Sumber Gambar: Unsplash/Bruno Nascimento)

7 Kiat Mencuci Celana Jeans Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar 

03 October 2022   |   13:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Mencuci baju atau celana memang memerlukan kiat dan trik khusus. Soalnya ada beberapa jenis pakaian yang terbuat dari bahan mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik, tak terkecuali saat dicuci agar kotoran yang melekat hilang dan pakaian tidak bau.

Celana jin (jeans) atau yang kini akrab juga disebut celana denim memang perlu penanganan khusus saat mencucinya karena cenderung luntur saat direndam di dalam air, terlebih dengan deterjen. Padahal, jika dirawat dengan baik celana ini dapat bertahan lama dan tetap otentik.

Nah, agar celana Genhype tidak cepat kusam atau pudar warnanya, serta tetap awet saat dipakai, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber cara mencuci celana jeans yang bisa kalian coba sendiri di rumah.

Baca juga: Terlanjur Beli Celana yang Kebesaran? Ini 6 Trik Menyiasatinya

 

1. Gunakan Air Dingin

Mencuci jeans dengan air dingin bisa menjadi pilihan pertama karena air dingin dapat mencegah pemudaran warna. Genhype bisa memulainya dengan mengisi air di baskom, masukkan sedikit deterjen cair, lalu biarkan celana kalian terendam kurang lebih 30 menit. 

Untuk hasil terbaik, kalian juga tidak perlu menyikat celana jeans yang telah direndam. Cukup dengan mengucek celana menggunakan tangan, atau aduk perlahan air rendaman. Setelah itu bilas jeans sampai bersih, dan angin-anginkan hingga kering.
 

2. Cuci Secara Manual

Kebanyakan orang, karena kemajuan teknologi, saat ini mulai mencuci pakaian mereka dengan mesin cuci. Namun, agar jeans kalian tetap awet lupakan mencuci dengan cara ini karena akan membuat celana yang kalian miliki lebih cepat memudar.

Cara terbaik untuk mencuci celana denim adalah dengan teknik manual, atau menggunakan tangan. Genhype cukup merendamnya dengan air, diamkan sebentar, lalu kucek secara perlahan dan bilas hingga bersih. Setelah kering kamu juga tidak perlu menggosoknya.
 

3. Gunakan Detergen yang Tepat 

Memilih detergen yang tepat untuk celana jeans kalian juga perlu dilakukan sebelum mencuci pakaian kesayangan agar tetap awet dan terjaga. Saat ini sudah ada beberapa jenama detergen yang dikhususkan untuk mencuci celana jeans.

Mereka biasanya menggunakan bahan-bahan alami dan mayoritas bentuknya cair, bukan bubuk. Untuk hasil terbaik, Genhype bisa mencobanya dengan menerapkan cara mencuci secara manual memakai jenis detergen khusus agar celana menjadi bersih tapi tetap awet. 
 

(Sumber gambar: Unsplash/Mnz)

(Sumber gambar: Unsplash/Mnz


4. Balik Celana Jeans

Membalik celana jeans sebelum dicuci juga penting dilakukan karena dengan cara ini dapat membantu mencegah pewarna jeans mengalir dan luntur saat dicuci. Tak hanya itu, ketika dijemur di luar ruangan hal ini juga akan mengurangi proses pemudaran warna karena hanya bagian dalam celana yang terkena paparan matahari.
 

5. Hindari Salah Campur Warna

Merendam dua jeans gelap pada saat bersamaan memang tak akan bermasalah pada celana kalian. Tapi Genhype jangan sekali-kali merendam jeans berwarna gelap dengan celana jeans terang lainnya dalam satu waktu yang sama, karena akan membuat jeans kalian berubah warna dan tidak otentik lagi. 
 

6. Ikuti Petunjuk di Celana

Mengikuti label petunjuk pencucian yang ada pada produk juga penting dilakukan agar celana jeans kesayangan kalian tetap awet dan warnanya tidak cepat memudar. Dikutip dari Well and Good, label pakaian memang dirancang agar pembeli pakaian tahu cara merawatnya.

Dalam label tersebut biasanya ada gambar-gambar yang memberitahu cara perawatan seperti teknik pencucian, tingkat suhu air yang digunakan, boleh tidaknya menggunakan pemutih, cara penyetrikaan hingga pengeringan pakaian.
 

7. Kurangi Pencucian

Langkah terakhir yang bisa dipraktikkan adalah dengan mengurangi durasi pencucian untuk mencegah penciutan dan kelunturan celana. Cara ini juga bisa diterapkan karena dapat mengendalikan pemakaian air serta mengurangi dampak negatif bagi lingkungan akibat pewarna celana yang meresap ke tanah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kalle Rovanperä Catat Rekor Juara Termuda di FIA World Rally Championship

BERIKUTNYA

Jadi Celana Sejuta Umat, Ini 5 Fakta Menarik Jeans yang Perlu Kalian Ketahui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: