Samsung Galaxy S23 Series 5G (Sumber gambar: Samsung)

Bawa Snapdragon 8 Gen 2, Cek Keunggulan Prosesor Samsung Galaxy S23 Series 5G

21 February 2023   |   16:13 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Samsung telah merilis smartphone seri Galaxy terbarunya yaitu Galaxy S23 Series 5G. Tak heran jika Samsung banyak menyorot fitur kamera pada smartphone paling gres ini. Namun selain kamera, Samsung juga memerhatikan prosesor untuk menunjang performa ponsel pintar untuk kebutuhan sehari-hari.

Tak bisa dipungkiri, prosesor sudah cukup menjadi pertimbangan lebih saat seseorang memutuskan untuk membeli smartphone. Hal itu karena kualitas prosesor akan menentukan seberapa baik smartphone mengakomodasi kebutuhan mulai dari bermain game, membuka banyak aplikasi secara bersamaan, hingga membuat konten. Prosesor akan sangat berhubungan dengan kelancaran dan kenyamanan penggunaan.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Cetak Rekor Pre-Order di Korea, Intip Spesifikasinya yang Canggih!

Galaxy S23 Series 5G ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Verry Octavianus, MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia mengatakan, jika Samsung bekerjasama dengan Qualcomm secara khusus untuk menghadirkan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang dirancang bahkan lebih unggul dari Snapdragon 8 Gen 2 versi biasa.

“Jika dibandingkan dengan prosesor terdahulu, Snapdragon 8 Gen 2 untuk Galaxy memiliki peningkatan GPU hingga 41 persen lebih cepat, serta NPU yang dibutuhkan untuk memproses teknologi AI telah meningkat hingga 40 persen. Sementara pada sektor pengolah grafis atau CPU, performanya 30 persen lebih bertenaga dibandingkan dengan sebelumnya,” jelas Verry.

Peningkatan performa hingga 41 persen lebih cepat dibanding Galaxy S22 Series 5G menjadi salah satu keunggulan yang menarik. Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy menjadi prosesor tercepat Snapdragon saat ini. Chipset ini telah melalui proses peningkatan performa terukur pada CPU dengan clock speed mencapai 3,36 GHz.
 

Samsung Galaxy S23 5G Series (Sumber gambar: Samsung)

Samsung Galaxy S23 5G Series (Sumber gambar: Samsung)


Beberapa kegiatan yang terdukung dengan adanya chipset ini adalah mengedit dokumen via Microsoft 365 dan Google Suite maupun akses aplikasi produktivitas lainnya dengan lancar tanpa lag.

Para pekerja kreatif juga bisa menggunakan berbagai editing atau design tool, serta berpindah-pindah aplikasi maupun menjalankan beberapa aplikasi sekaligus bisa dilakukan dengan smooth.

Meskipun smartphone ini menawarkan banyak solusi untuk kebutuhan harian, Samsung membawa GPU Qualcomm Adreno yang mendukung performa gaming dengan peningkatan clock speed dari 680 MHz menjadi 719 MHz. Prosesor ini akan sangat berguna untuk pemrosesan grafis dengan kualitas tinggi, misalnya dalam game Genshin Impact atau Call of Duty Mobile.

Fitur Unreal Engine 5 Metahumans Framework dihadirkan untuk membuat karakter game memiliki kualitas yang lebih realistik. Snapdragon Game Post Processing Accelerator menjadi fitur pelengkap dari prosesor yang memenuhi kebutuhan gaming. Fitur ini bisa menambahkan efek seperti bloom, depth of field, motion blur, dan banyak lainnya.

Kebutuhan visual game juga didukung dengan teknologi ray-tracing yang mampu menghasilkan render lebih nyata. Teknologi ini pas dengan teknologi layar Dynamic AMOLED 2X QHD+ 6,8 inci yang luas dengan touch sampling rate 240Hz yang responsif untuk pengalaman gaming dengan gambar yang lebih halus.

Kelebihan dari prosesor di Galaxy S23 5G series ini juga terletak pada pemrosesannya yang lebih gahar untuk gambar atau pembuatan konten. Samsung membuat pemrosesan dilakukan lebih berkualitas dengan arsitektur NPU yang lebih efisien hingga 49 persen dibanding generasi terdahulu.

Walaupun memiliki kekuatan dari clock speed CPU yang lebih tinggi, Galaxy S23 Series 5G juga dibuat dengan penggunaan daya yang lebih efisien dalam menjalankan berbagai pemrosesan tingkat tinggi terutama dalam mengolah kebutuhan gambar atau konten.

Baca juga: Cek Peningkatan Fitur & Kecanggihan Samsung Galaxy S23 Ultra

Performa tersebut mendukung bagaimana sebuah gambar dipotret pada kondisi cahaya yang redup saat malam hari. Saat memotret di kondisi low light, Galaxy S23 5G Series sengaja dibuat dengan kemampuan mereduksi noise dengan maksimal melalui teknologi Nightography.

Perangkat bjuga isa mendapat bokeh yang lebih natural dalam mode portrait, didukung dengan Cognitive ISP dari Snapdragon yang mampu mengenali objek pada frame.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

The Secret Romantic Guesthouse Siap Jadi Tontonan Spesial Selama Ramadan di Viu

BERIKUTNYA

Kemenkes Deteksi Covid-19 Orthrus, Sudah Ada 14 Kasus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: