Seniman telah memberikan warna terhadap dunia (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Jadson Thomas)

Dirayakan Setiap 25 Oktober, Ini Sejarah & Cara Merayakan Hari Seniman Internasional

25 October 2023   |   13:08 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pada hari ini, 25 Oktober, dunia tengah merayakan Hari Seniman Internasional atau International Artists Day untuk menghormati para seniman dan kontribusinya terhadap dunia. Mereka telah memberikan warna dan keindahan bagi dunia pada saat ini.

Dikutip dari Days of the Year dan beberapa sumber lainnya, Hari Seniman Internasional didirikan oleh Chris MacClure, yakni seniman asal Kanada dengan gaya Realisme Romantis. Lukisan yang dibuatnya merupakan bentuk ekspresi tentang pandangan hidup realis romantis, dan telah menjadikannya salah satu seniman paling penting di Kanada.

Pria yang lahir dari keluarga seniman itu mendirikan Hari Seniman Internasional untuk menghormati kontribusi yang dibuat oleh semua seniman terhadap manusia, bumi, dan alam semesta. Sebelumya, Chris merasa bahwa seniman tidak pernah dihargai dengan baik.

Baca juga: 10 Lukisan Terakhir Para Seniman Terkenal

Seni yang dihasilkan oleh para seniman di dunia, tidak dapat dipungkiri, telah menjadi bagian penting bagi banyak orang pada saat ini. Catatan-catatan tentang sejarah pertama manusia tidak dibuat dalam bentuk buku.

Para pelaku sejarah itu membuatnya dalam bentuk lukisan, patung, dan musik guna memberikan gambaran tentang dunia pada masa lalu kepada orang-orang pada saat ini.

Selain itu, pemilihan 25 Oktober sebagai waktu perayaan juga tidak dapat dilepaskan dari salah satu tokoh seni ternama dunia, yakni Pablo Picasso. Seniman asal Spanyol tersebut lahir pada 25 Oktober 1881.

Dia dikenal dengan aliran kubismenya dan juga menjadi pelukis revolusioner pada abad ke-20. Pemilik nama lengkap Pablo Ruiz Picasso itu dianggap sebagai jenius seni yang mahir membuat patung, grafis, dan sebagainya.

Picasso lahir dari seorang ibu bernama Maria Picasso Lopez dan ayah bernama Josse Ruiz Blasco yang merupakan seorang profesor seni. Saat ini, karya-karya Picasso menjadi buruan para kolektor dan tidak jarang karya yang dilelang berhasil dilepas dengan harga fantastis.

Sebagai contoh, balai lelang Christie dalam lelang yang diadakan pada 30 Juni 2021 mencatatkan penjualan lukisan karya Pablo Picasso berjudul L'Étreinte (1969) mencapai £14.697.000 atau sekitar Rp295 miliar. Lukisan cat minyak di atas kanvas berukuran 113,6 x 146 cm itu menggambarkan pasangan dalam pelukan.

Hari Seniman Internasional sudah didirikan sejak 2004 dan terus dirayakan setiap tahun di dunia. Untuk merayakan hari tersebut, ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh semua orang di dunia pada saat ini.

Genhype bisa mengucapkan selamat Hari Seniman Internasional kepada para seniman yang terkenal atau disenangi. Tidak hanya itu, pergi ke sejumlah galeri seni juga dapat menjadi bagian untuk merayakan Hari Seniman Internasional. Di galeri tersebut, kalian bisa menikmati beragam karya seni  dari berbagai seniman dalam berbagai aliran.

Genyhype juga bisa belajar seni tentang berbagai hal, seperti mendaftar kelas melukis, mempelajari alat-alat musik, menulis puisi, ikut sejumlah kompetisi seni, dan sebagainya. Segala kegiatan untuk merayakan Hari Seniman Internasional itu dapat diunggah di media sosial apa saja untuk merayakannya.

Baca juga: 4 Seniman Populer Asal Prancis yang Karyanya Mendunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Asian Para Games 2022: Perolehan Medali Meningkat, Indonesia Peringkat 9

BERIKUTNYA

Alison Brie Jadi Jurnalis, Berikut Daftar Pemain Utama Film Freelance

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: