Atlet Ni Made Arianti Putri yang bertanding di nomor lari 100 meter T12 putri (Sumber gambar: tangkapan layar laman Kemenpora/npcindonesia)

Asian Para Games 2022: Perolehan Medali Meningkat, Indonesia Peringkat 9

26 October 2023   |   09:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang Asian Para Games 2022 di China terus berlangsung. Indonesia berhasil menambah medali, sehingga membuat total peralihan Merah Putih sebanyak 15 keping. Meskipun begitu, posisi Garuda untuk sementara turun menjadi peringkat sembilan peraih emas terbanyak.

Dikutip dari laman Asian Para Games 2022, Indonesia berhasil meraih 15 keping medali sampai dengan Rabu, 25 Oktober 2023. Meskipun berhasil menambah medali, Merah Putih harus turun peringkat dalam daftar perolehan medali emas terbanyak lantaran jumlahnya tidak mengalami penambahan, yakni masih tetap sebanyak 3 medali.

Baca juga: Asian Para Games 2022: Indonesia Raih Peringkat 7 Peraih Medali Emas Terbanyak

Sementara jumlah medali perak berhasil bertambah menjadi 5 dari 3 keping. Adapun, jumlah perunggu yang diraih menjadi 7 dari 5 keping. Dengan posisi tersebut, Indonesia berada di bawah seperti Malaysia dan Kazakhstan. Sebelumnya, kedua negara tersebut berada di bawah Indonesia dalam daftar peraih medali emas terbanyak sementara di ajang Asian Para Games 2022.

Meski demikian, Indonesia masih berada di atas Hong Kong, Korea Selatan, Arab Saudi, Iraq, Sri Lanka, Filipina, Vietnam, Singapura, dan sebagainya. Garuda masih memiliki peluang untuk menambah medali emas mengingat saat ini sejumlah atlet masih terus bertanding.

Dari cabang olahraga bulu tangkis, beberapa atlet Indonesia akan menjalani laga semifinal pada hari ini, Rabu, 25 Oktober 2023. Salah satu di antaranya adalah tunggal putri Leani Ratri Oktila yang akan menghadapi atlet dari India.

Dikutip dari laman Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Dito Ariotedjo optimistis bahwa kontingen Indonesia dapat mencapai target yang diberikan dalam ajang ini.

Dalam ajang ini, Indonesia mengirimkan 130 atlet yang akan berjuang dalam 12 cabang olahraga. Merah Putih menargetkan posisi 10 besar di ajang ini dengan harapan dapat membawa pulang 19 medali emas, 23 medali perak, dan 25 medali perunggu.
 


Sementara itu, tuan rumah ajang Asian Para Games 2022, China, masih kokoh berada di puncak klasemen sementara sampai dengan saat ini. Negara yang dikenal dengan Negeri Panda itu berhasil mengumpulkan 165 medali.

Dari total itu, 67 di antaranya adalah emas, 53 perak, dan 45 peruggu. Sementara itu, Iran berhasil meraih 47 medali dengan 16 emas, 19 perak, dan 12 perunggu. Jepang dan Uzbekistan masing-masing memperoleh total 45 medali dan 38 medali.

India 34 medali, Thailand 26 medali, Kazakhstan 21 medali, dan Malaysia 16 medali. Secara keseluruhan, total medali yang telah dikeluarkan oleh penyelenggara mencapai 468 keping dengan total 152 di antaranya adalah emas, 151 perak, dan 165 perunggu.

Asian Para Games 2022 yang berlangsung di Negeri Panda itu diikuti oleh 29 negara dari berbagai belahan dunia. Ajang ini diselenggarakan setelah sebelumnya diadakan Asian Games 2022 yang juga berlangsung di kota Hangzhou.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

KCIC Tambah Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Sampai 30 Oktober 2023

BERIKUTNYA

Dirayakan Setiap 25 Oktober, Ini Sejarah & Cara Merayakan Hari Seniman Internasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: