(Sumber gambar: pexels/carolinecagnin)

Kalian Jangan Berharap Ada Gerai McDonald’s di 5 Negara Ini

20 October 2023   |   17:00 WIB

Sebagian dari Genhype pasti sudah tidak asing denga restoran cepat saji satu ini, yaitu McDonald’s. Salah satu franchise terbesar di dunia ini memiliki gerai yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Meski begitu, terdapat beberapa negara yang tidak mempunyai McDonald's. 

McDonald’s merupakan restoran cepat saji yang berasal dari Amerika serta didirikan pada 1940. Produk andalan restoran ini adalah Burgernya yang bernama Bigmac. Hingga kini sudah lebih dari 40.000 gerainya berdiri dan tersebar ke seluruh dunia. Bahkan, McDonald’s tercatat sebagai restoran yang gerainya paling banyak di dunia. Hal ini terjadi karena, 90 persen gerainya merupakan franchise atau warabala.

Baca juga: 5 Fakta Kolaborasi McDonalds x NewJeans, Desain Kemasan hingga Stiker Khusus

Seperti dilansir dari laman McDonald's Indonesia, restoran cepat saji ini sekiranya sudah membuka lebih dari 200 gerai McDonald's yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Faktor ini juga didukung adanya lebih dari 14.000 karyawan McDonald’s di seluruh Indonesia.

Walau gerainya sudah tersebar puluhan ribu di seluruh di dunia, ternyata, ada beberapa negara yang ‘gagal’ atau tidak bisa diduduki McDonald’s. Wah, kira-kira kenapa ya negara-negara tersbut tidak ada McDonald’s? yuk simak informasi berikut ini:


1. Korea Utara

 

TEs

Korea Utara (Sumber foto: Unsplash /Micha Brandli)

Sudah menjadi rahasia umum lagi bahwa, Korea Utara merupakan negara yang ‘menutup diri’ dari pengaruh negara-negara lain. Terutama unsur-unsur dari negara-negara barat. Maka dari itu, tidak mengejutkan jika Kim Jong Un sang presiden melarang keras McDonald’s menduduki negara ini. Kondisi ini cukup kontras dengan negara tetangga mereka Korea Selatan yang memiliki 399 restoran hingga akhir 2022. 


2. Yaman

 

Suasana  kota di Yaman (SUmber foto: Unsplash/asamw)

Suasana kota di Yaman (Sumber foto: Unsplash/asamw)

Ternyata, McDonald’s tidak mau membuka gerai karena, perekonomian di negara dengan ibu kota Sana’a tersebut, karena situasi perekonomiannya belum stabil. Alasan lainnya, terdapat sejumlah kelompok ekstremis di Yaman yang mengancam tindakan militan terhadap setiap McDonald’s yang nekat membuka restorannya di negara kawasan teluk tersebut. 
 

3. Islandia

 

Suasana  kota di Yaman  (Sumber foto: Unsplash/James)

Suasana kota di Yaman (Sumber foto: Unsplash/James)

Faktanya, bisnis McDonald’s hancur di negara ini pada 2009 karena peristiwa krisis ekonomi besar, yang menyebabkan tarif impor daging mahal. Padahal daging adalah bahan utama dan sangat dibutuhkan McDonald’s. Sebab lainnya, diketahui bahwa pemerintah Islandia sangat menjunjung tinggi hidup sehat dan tidak terima McDonald’s membuka gerai.
 

4. Bermuda

 

Suasana Bermuda (Sumber foto: Unsplash/Kino)

Suasana Bermuda (Sumber foto: Unsplash/Kino)

Ada satu gerai McDonald’s yang sempat buka di Bermuda. Namun, negara ini memiliki undang –undang (UU) yang melarang restoran cepat saji  sejak 1970-an. Tetapi, ternyata McDonald’s sempat bisa menduduki negara ini pada 1985 dan membangun restorannya di U.S Naval Air Station atau Pangkalan Udara Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Sayangnya, pada 1995, pangkalan AS tersebut ditutup dan membuat McDonald’s mau tidak mau juga angkat kaki. 
 

5. Iran

 

Bendera Iran (Sumber foto: Unsplash/Mostafa Meraji)

Bendera Iran (Sumber foto: Unsplash/Mostafa Meraji)

Tidak heran jika McDonald’s tidak menduduki negara satu ini. Selama puluhan tahun, Iran dan AS terkenal berseteru hingga kini. Oleh sebab itu, McDonald’s yang berasal dari AS dinyatakan ilegal, serta tidak diizinkan membuka gerai di Negara Iran sejak 1979. Uniknya, Iran sendiri justru menciptakan pengganti McDonald’s yang bernama Mash Donald’s.

Baca juga: McDonald’s X NewJeans Bakal Bawa Kolaborasi Spesial ke Indonesia Pada 12 Juli 2023

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mengenal Gejala, Penyebab & Terapi Disleksia pada Anak

BERIKUTNYA

Daftar Lengkap Nominasi MAMA Awards 2023, Pre Vote Worldwide Fans' Choice Sudah Dibuka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: