Piala Bola Emas Ballon d'Or. (Sumber gambar: Ballon d'Or Official Instagram)

5 Pesepak Bola Kandidat Peraih Ballon d'Or 2023, Lionel Messi Masih Dijagokan

18 October 2023   |   06:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sekitar dua minggu lagi, Ballon d'Or akan digelar. Ajang penghargaan tertinggi untuk pesepak bola profesional itu bakal dihelat pada 31 Oktober 2023 di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis. Meraih Ballon d'Or tentunya menjadi mimpi untuk setiap pemain yang ingin disebut sebagai terbaik di dunia.

Ada 30 nama yang menjadi kandidat peraih Ballon d'Or 2023. Sebagian besar dari mereka baru pertama kali masuk jajaran nominasi, sementara sisanya merupakan bintang sepak bola senior.

Baca juga: Dokumenter Apik Perjalanan Megabintang Sepak Bola David Beckham Garapan Netflix

Tahun ini, ada 15 nama yang masuk menjadi nominasi Ballon d'Or untuk pertama kalinya yakni, Julian Alvarez, Jude Bellingham, Yassine Bounou, Ilkay Guendogan, Josko Gvardiol, Kim Min Jae, Randal Kolo Muani, Khvicha Kvaratskhelia, Emiliano Martinez, Jamal Musiala, Martin Odegaard, Andre Onana, Victor Osimhen, Rodri, dan Bukayo Saka

Di samping itu, perain Ballon d'Or terbanyak, Lionel Messi, juga ikut bersaing meraih penghargaan tersebut tahun ini. Pesepak bola berusia 36 tahun itu dimasukkan sebagai kandidat usai berhasil membawa Timnas Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022.

Peraih penghargaan Ballon d'Or 2022, Karim Benzema, juga kembali masuk sebagai nominee. Tercatat, pesepak bola asal Prancis itu telah 10 kali menjadi nominee penghargaan Bola Emas. Meski sudah bermain di Liga Arab, Benzema masih masuk daftar kandidat peraih Ballon d'Or Yassine Bounou.

Di antara jajaran nominee itu, ada beberapa pemain yang dijagokan untuk memenangkan Ballon d'Or 2023. Hal ini tidak terlepas dari rekam jejak dan prestasi mereka setidaknya sepanjang satu tahun terakhir di sejumlah pertandingan, baik liga-liga domestik maupun laga tingkat dunia. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut informasi lengkapnya.


5. Vinicius Junior

 

Vinicius Junior sudah menjadi pemain penting di lini depan Real Madrid. Pemain timnas Brasil berusia 23 tahun tersebut kerap menunjukkan performa menawan di atas lapangan dengan kecepatan dan insting golnya. 

Pesepak bola kelahiran 12 Juli 2000 itu mampu tampil cukup impresif bersama Real Madrid sepanjang musim 2022/2023 kemarin. Tercatat, Vinicius mengemas 23 gol dan 21 dari 55 pertandingan di semua kompetisi. Dia juga berhasil membantu Real Madrid meraih gelar Copa del Rey, Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Eropa. Sayangnya, dia tak berhasil menjuarai La Liga dan Liga Champions.


4. Kylian Mbappé

 


Mbappé dikenal sebagai penyerang untuk Paris Saint-Germain (PSG) dan timnas Prancis. Pria berusia 24 tahun itu dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia lantaran kemampuannya menggiring bola, kecepatan yang luar biasa, dan finishing yang bagus. 

Pemain pemilik nama asli Kylian Mbappé Lottin itu turut berkontribusi membawa Prancis tampil di final Piala Dunia 2022 meski gagal menjadi juara. Dia pun mengakhiri turnamen di Qatar tersebut sebagai pencetak gol terbanyak yakni 8 kali.

Mbappé juga tampil sangat mengesankan saat membela klubnya PSG pada musim lalu, termasuk mendapatkan gelar jura Liga Prancis. Tak hanya itu, pria kelahiran 20 Desember 1998 itu  juga menjadi pemain tertajam di kasta sepak bola Prancis dengan mengoleksi 29 gol.


3. Kevin de Bruyne

 

Kevin De Bruyne adalah seorang pesepak bola asal Belgia yang bermain untuk Manchester City di Liga Utama Inggris dari posisi gelandang, serta timnas Belgia juga untuk posisi gelandang. Pria berusia 32 tahun itu dikenal sebagai motor serangan Manchester City.

Bruyne menikmati musim yang mengesankan di level klub pada 2022/2023. Dia tampil memukau memberikan 31 assist dalam semusim. Mantan pemain Chelsea itu juga mencetak 10 gol dalam 49 laga yang dilakoninya bersama Manchester City, termasuk membantu tim itu meraih tiga gelar pada musim lalu. Tercatat,  Manchester City sukses memenangkan Liga Premier, Piala FA dan Liga Champions.


2. Erling Haaland

 

Pemain Manchester City lain yang juga tampil mengesankan sepanjang musim 2022/2023 ialah Erling Haaland. Striker asal Norwegia itu tampil luar biasa pada musim pertamanya membela Manchester City. Haaland mencetak banyak gol dan meraih banyak trofi.

Pesepak bola berusia 23 tahun itu tercatat mencetak 52 gol dari 53 pertandingan untuk Manchester City. Ketajamannya saat berlaga membantu The Citizens meraih treble Winners yang bersejarah. Selain tiga trofi utama itu, Haaland juga memenangkan sejumlah penghargaan individu. Dia meraih Sepatu Emas Premier League untuk mencetak gol terbanyak (35 gol) dan Pemain Terbaik Premier League.


1. Lionel Messi

 


Meski banyak pemain muda berbakat, nama Lionel Messi masih terus bersinar. Bintang Argentina tersebut tampil sangat luar biasa bersama klub dan negaranya. Di tim PSG, pemain yang dijuluki La Pulga itu mencetak 21 gol dan 20 assist dari 41 pertandingan, termasuk membantu klub merengkuh gelar Ligue 1.

Sementara saat berseragam timnas Argentina, pemain yang kini berusia 36 tahun tersebut sukses mencetak tujuh gol dan memberi tiga assist saat mereka menjadi juara Piala Dunia 2022. Messi juga terpilih sebagai pemain terbaik di Qatar. Tak ayal, jika namanya paling dijagokan untuk meraih Ballon d'Or tahun ini. 

Baca juga: Mengenal Pitch Invasion, Aksi Nekat Suporter Terobos Lapangan Sepak Bola Demi Idola

Jika Messi menang, maka dirinya akan jadi pemain dengan gelar Ballon d'Or terbanyak. Sampai saat ini, Messi tercatat sudah mengantongi tujuh penghargaan Bola Emas. Sementara pesaing terdekatnya, Cristiano Ronaldo, telah lima kali memenangi penghargaan tersebut. Sayangnya, bintang asal Portugal itu tidak masuk nominasi Ballon d'Or 2023.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Konten Kreator Merapat, Intip Tips Menghasilkan Foto Menarik dengan Galaxy A34 5G

BERIKUTNYA

Hadir di Indonesia–Europe Business Forum 2023, Agate Optimis Garap Pasar Game Eropa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: