Glofish Tetra (Sumber gambar: instagram/glofish_)

Banyak Dicari Penggemar Ikan Hias, Berikut Fakta Unik Glofish

17 October 2023   |   17:50 WIB

Belakangan ini, Glofish menjadi primadona para pencinta ikan hias. Warnanya yang cerah membuat harga ikan ini lebih tinggi dari ikan hias lainnya di pasaran. Glofish termasuk ikan zebra yang bercahaya karena direkayasa secara genetika untuk mendapatkan hasil warna neon hijau, merah, hingga oranye.

Penjualan ikan ini diketahui mulai ramai di pasar pada 2003 dan ternyata Glofish merupakan ikan hasil rekayasa genetika pertama yang bisa diakses oleh publik untuk menjadi peliharaan secara bebas. Kalian bisa dengan mudah menemukan ikan ini di toko ikan terdekat.

Baca juga: Fakta Unik Binturong, Hewan Peliharaan Irfan Hakim yang Viral

Melansir PetMD, cara rekayasa genetika ikan ini yaitu dengan memasukkan protein fluoresen berbeda ke dalam genom ikan pada tahap awal perkembangannya. Tujuannya untuk meningkatkan penelitian biomedis dan lingkungan serta diduga bahwa ikan ini akan mampu mendeteksi polusi di lingkungannya.

Adapun Glofish yang paling populer yaitu Tetra Glofish. Hasil mutasi genetik dari embrio ikan Black Tetra, yaitu ikan dengan warna alami bening dan ada strip hitam pada bagian tubuh dan sirip-siripnya.

Jadi, saat Black Tetra sudah menjadi Glofish, strip hitam di tubuhnya akan hilang dan warna beningnya berubah sesuai warna yang disuntikkan ke tubuh mereka.

Ada beberapa jenis ikan Glofish yang dapat kalian pelihara yakni, Glofish Tetra, Glofish Shark, dan Glofish Barb. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut.


1. Glofish Tetra

Glofish Tetra lumayan populer di kalangan penggemar ikan hias. Jenis Glofish ini mulai dipasarkan sejak 2012 dan hingga saat ini para penggemar ikan hias masih mengaguminya.

Keberadaan Glofish Tetra menarik perhatian para pencinta aquascape, karena dilihat dari bentuk serta warnanya yang unik. Ukuran ikan ini tergolong kecil, bentuk badannya lebar dan pipih, mempunyai sirip pada bagian punggungnya, serta ekor dan perutnya yang transparan dibalut dengan duri berwarna putih.

Memiliki sisik yang berwarna-warni, seperti merah, ungu, kuning, hijau dan biru dengan sinar yang terang. Tidak hanya itu, pada bagian tengah tubuhnya terdapat garis keperakan yang dapat memantulkan cahaya.


2. Glofish Barb

Glofish Barb cenderung mirip dengan Glofish Tetra. Kesamaannya bisa dilihat dari bagian duri pada ekor, sirip punggung, dan sirip perutnya. Tetapi, Glofish Barb berwarna lebih pekat. Bedanya, ikan ini tidak sepucat Glofish Tetra dan ekornya pun lebih panjang. Hal lainnya, ikan ini memiliki dua warna dengan corak zebra.


3. Glofish Shark

Jenis yang satu ini terbilang mulai langka dan jarang ditemukan karena Glofish Shark merupakan jenis ikan hasil dari genetika ikan yang hidup di alam liar, yaitu ikan hiu ekor merah air tawar.

Glofish Shark memiliki bentuk tubuh yang memanjang dengan sirip transparan kemerahan, serta pada bagian tubuhnya terdapat sisik berwarna-warni, seperti kuning, biru, ungu, hijau dan merah.

Adapun cara memelihara Glofish yang tepat dapat megikuti langkah-langkah berikut ini:
- Siapkan wadah atau akuarium dengan ukuran 1-2 meter, karena ikan ini ukurannya kecil.
- Siapkan filtrasi agar Glofish bisa bertahan hidup.
- Pilih dekorasi aquascape yang sesuai.
- Jagalah kualitas air agar selalu jernih.
- Berikan lampu UV warna biru untuk akuarium.
- Berikan jenis pakan yang berkualitas.

Baca juga: 4 Hal Yang harus Disiapkan Sebelum Memelihara Kucing
 


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Dokumenter The Devil on Trial, Kasus Pembunuhan di Amerika Akibat Kerasukan Setan

BERIKUTNYA

Serba-serbi Konser The Corrs di Jakarta, Rundown Acara hingga Info Lokasi Gate Masuk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: