Cuplikan film dokumenter The Devil on Trial. (Sumber gambar: Netflix)

Sinopsis Film Dokumenter The Devil on Trial, Kasus Pembunuhan di Amerika Akibat Kerasukan Setan

17 October 2023   |   13:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Satu kasus di Amerika Serikat pernah menjadi sorotan lantaran menggunakan kerasukan setan sebagai pembelaan dalam persidangan pembunuhan, hingga disebut sebagai kasus "Devil Made Me Do It". Kasus itu menjadi yang pertama dan satu-satunya yang terjadi sepanjang sejarah sistem hukum di Negeri Paman Sam, sehingga tak ayal menyedot perhatian publik.

Kini, kisah tersebut akan hadir dalam film dokumenter The Devil on Trial yang mulai tayang pada hari ini, Selasa (17/10/2023) di layanan streaming Netflix.

The Devil on Trial adalah film dokumenter bergenre thriller dan horor yang mengangkat sebuah kasus di Amerika Serikat pada 1981. Kisahnya mengikuti seorang pria bernama Arne Cheyenne Johnson yang dituduh membunuh tetangganya, Alan Bono.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film & Serial Dokumenter di Netflix dengan Plot Twist yang Enggak Ketebak

Namun, Johnson yang kala itu berusia 19 tahun mengaku tidak membunuh Bono (40) secara sengaja. Johnson mengklaim  bahwa saat menghabisi nyawa tetangganya itu, dia sedang kerasukan setan atau berada di bawah pengaruh kekuatan iblis.
 

f

Poster film dokumenter The Devil on Trial. (Sumber gambar: Netflix)

Pembunuhan brutal yang terjadi di Brookfield, negara bagian AS Connecticut itupun menarik perhatian para ahli demonologi termasuk penyelidik paranormal terkenal, Ed dan Lorraine Warren. Mereka dikenal karena telah melakukan banyak penyelidikan terhadap tempat-tempat berhantu, hingga membantu pengusiran setan dan roh iblis jahat.

Persidangan Johnson adalah kasus pertama di Amerika Serikat di mana terdakwa menggunakan argumen kerasukan setan sebagai pembelaan. Johnson akhirnya dihukum bersalah atas pembunuhan tingkat pertama, dan dijatuhi hukuman 10-20 tahun penjara. Akan tetapi, dia dibebaskan pada tahun 1986 setelah menjalani hukuman lima tahun penjara.

"The Devil on Trial menceritakan peristiwa-peristiwa meresahkan yang mengarah pada pembunuhan Bono, persidangan, dan setelahnya, menggunakan kesaksian langsung dari orang-orang yang paling dekat dengan kasus tersebut, termasuk Johnson," tulis Netflix dalam situs resminya.

Dalam trailer yang dirilis Netflix menampilkan kesaksian Johnson yang menyebut bahwa dirinya sudah merasa diikuti oleh roh iblis jahat sejak usia 11 tahun. Setan itu menurutnya berasal dari salah satu rumah tetangganya yakni David Glatzel. Menurut Johnson, ada yang tidak beres dengan keluarga Glatzel karena sering muncul kejadian aneh yang menakutkan.

Selain menampilkan sejumlah footage video persidangan serta kesaksian para pihak yang terlibat dan ahli hukum, film itu juga menghadirkan reka adegan masa kecil Johnson dengan lingkungan sekitarnya termasuk keluarganya.

Trailer juga memberikan reka adegan saat Ed dan Lorraine Warren melakukan ritual pengusiran setan dalam diri Johnson, hingga memberikan kesaksian di persidangan bahwa Johnson memang di bawah pengaruh kendali roh iblis jahat hingga membunuh Bono.
 

Dalam film The Devil on Trial, Arne Cheyenne Johnson diperankan oleh Ruairi O’Connor. Johnson juga akan muncul sebagai narator dan memberikan wawancara tentang pengalamannya. Kehadirannya tentunya menambah nilai kredibilitas pada dokumenter ini, dan penonton bisa mendengarkan langsung cerita dari Johnson sebagai saksi utama dari kasus ini.

Selain itu, The Devil on Trial juga menjadi film pertama yang mengangkat kisah pembunuhan fenomenal itu dengan menghadirkan Johnson. Termasuk, sejumlah pihak yang terlibat langsung juga secara perdana akan menceritakan apa yang terjadi sesungguhnya, di tengah asumsi publik yang telah terlanjur terbentuk.

Pasalnya, sebelum dokumenter The Devil on Trial, telah banyak sejumlah film dan buku yang mengangkat cerita serupa. NBC adalah pihak pertama yang hendak membuat film dari kasus tersebut berjudul Demon Murder Case, meskipun produksinya harus terhenti lantaran konflik internal.

Pada 1983, penulis Gerald Brittle dengan bantuan Lorraine Warren menerbitkan buku tentang kejadian tersebut berjudul The Devil in Connecticut. Lorraine Warren menyatakan bahwa keuntungan dari buku tersebut sekitar US$2.000 telah diberikan kepada keluarga Johnson oleh penerbit.

Selain itu, kasus pembunuhan itu juga menginspirasi premis film The Conjuring: The Devil Made Me Do It yang dirilis pada 2021, serta serial paranormal dari Discovery Channel, A Haunting, dalam episode Where Demons Dwell.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Hari Trauma Sedunia Diperingati Tiap 17 Oktober, Ini Sejarah & Tujuan Peringatannya

BERIKUTNYA

Banyak Dicari Penggemar Ikan Hias, Berikut Fakta Unik Glofish

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: