Konser Fabula 2.0 oleh Mahalini. (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Sebuah Pembuktian dari Mahalini di Konser Fabula 2.0

15 October 2023   |   09:33 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Di konser tunggalnya, Mahalini menunjukkan ada sebuah transformasi besar yang sedang terjadi padanya. Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat yang kemudian dikenal lewat lagu-lagu galaunya itu, malam tadi menunjukkan wajah lain yang jarang tersorot dan tertampilkan di atas panggung.

Digelar di Basket Hall Senayan, Gelora Bung Karno, konser bertajuk Fabula 2.0 berhasil membetot perhatian muda-mudi untuk datang. Sebagian berusia 20-30 tahun, hanya beberapa di antara penonton itu yang masih remaja dan datang bersama orang tuanya.

Malam itu, sekitar pukul 19.40 WIB, konser Fabula 2.0 dibuka dengan sajian musik yang megah. Iringan band yang menghentak dilengkapi dengan beberapa alat musik khas orkestra, seperti alat musik gesek dan tiup membuat nada-nada yang ditampilkan makin kaya.

Baca juga: 4 Agenda Konser Musik Besar Akhir Pekan 14-15 Oktober 2023 di Jakarta, dari Mahalini sampai Semesta Berpesta

Tirau putih yang menutupi panggung sejak awal pertunjukan kemudian berubah jadi layar monitor. Tirai itu menampilkan sebuah potongan video singkat tentang perjalanan hidup Mahalini. Pada awal konser ini, penonton seolah diajak untuk bernostalgia terhadap kisah hidup sang penyanyi.

Lalu, saat tirai putih itu dijatuhkan, muncullah Mahalini berbalut gaun anggun berwarna merah di baliknya. Penyanyi bernama lengkap Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja itu membuka penampilannya dengan Bawa Dia Kembali, Aku yang Salah, dan Bohongi Hati.
 

Konser Fabula 2.0 oleh Mahalini (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Konser Fabula 2.0 oleh Mahalini (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)


Membuka penampilannya dengan nomor hitnya, tak pelak membuat penonton yang telah memasuki area konser sejak sore bergemuruh. Di bagian reff, Mahalini menyodorkan mic ke penonton dan seketika Basket Hall Senayan jadi venue untuk bergalau ria.

Di konser tunggalnya ini, Mahalini membawakan hampir seluruh nomor di album Fabula. Sebuah album perdananya yang baru dilepas pada 23 Januari 2023 lalu. Di dalam album itu, terdapat 10 track dengan empat lagu di antaranya merupakan kumpulan single yang pernah dinyanyikan Mahalini. Enam lainnya adalah lagu baru.

Sedari awal pertunjukan, kekasih Rizky Febian itu sudah bilang bahwa konser ini akan cukup berbeda. Bahkan, sejak sebelum pertunjukan, dia mengakui bahwa sangat minim memberi informasi tentang apa yang akan disajikannya di konser tunggalnya ini, baik kepada media maupun sosial medianya sendiri. Hal ini tak lain untuk memberikan kejutan pada penontonnya.

Malam itu, Mahalini mengajak para penontonnya untuk tidak hanya bergalau-galau dalam pop cengeng. Dia juga berani menunjukkan sisi lain yang bisa tampil ceria, berakrobat dengan para back dancer, dan menyuguhkan musik-musik semangat. Sesuatu yang jarang ditampilkannya di panggung-panggung sebelumnya.

Misalnya, ketika penyanyi asal Bali itu membawakan lagu Pecahkan Hatiku yang jarang sekali dibawakan versi panggung. Dia juga menyanyikan lagu Buru-buru, sebuah lagu yang cukup nge-beat dan jauh dari kata galau, hal yang selama ini tampak dilekatkan padanya.

“Mahalini biasanya dikenal bikin nangis dan bikin galau, tetapi kali ini kalian akan nonton berbeda. Aku akan bawain lagu-lagu yang enggak pernah dibawain di festival-festival lain,” ucap Mahalini di atas panggung, Sabtu (15/10).

Konser Fabula 2.0 benar-benar menjadi ajang pembuktian bagi Mahalini. Dia sedang menemukan tempat yang nyaman untuk melepas segala hal-hal yang selama ini melekat padanya, lalu tampil dengan jati diri musiknya yang lain.

Keputusan memakai beberapa alat musik orkestra rasanya jadi salah satu yang paling menarik. Warna musiknya jadi lebih kaya dan menyuguhkan sesuatu yang baru dibanding musik-musiknya sebelumnya.

Lagu-lagunya juga jadi terasa lebih megah dan mewah. Pada beberapa sisi, musiknya juga jadi lebih apik dalam upayanya untuk menebalkan rasa sedih atau senang yang sedang ingin disampaikannya lewat lagu-lagunya. Meski tetap saja ada catatan minor yang sepertinya mesti diantisipasi sejak awal, kayak mic yang sempat sedikit berdengung di beberapa lagu.


Kolaborasi dengan Musisi Lain

 

Konser Fabula 2.0 oleh Mahalini (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Konser Fabula 2.0 oleh Mahalini (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)


Mahalini tak tampil sendiri di konser tunggalnya. Dia mengajak musisi-musisi dekatnya yang berpengaruh padanya untuk juga tampil. Salah satu yang naik pertama ke atas panggung ialah Barsena Bestandhi. Bersama Mahalini, keduanya membawakan lagu Janji Kita dengan begitu syahdu.

Lini juga berduet dengan Rossa untuk lagu Lupakan Cinta. Lagu baru dari Rossa ini rupanya adalah ciptaan dari Mahalini Raharja dan Martinus Layardo. Di konser ini, Lini kembali membuktikan bahwa dirinya bukan hanya sebagai penyanyi, tetapi juga pembuat lagu.

Penyanyi berumur 23 tahun itu juga menggaet Andmes Kamaleng. Keduanya sempat membawakan lagu Sial. Khusus malam itu, Andmesh juga menyanyikan lagu Cinta Luar Biasa. Sebuah lagu yang sangat berarti bagi Mahalini, karena almarhumah mamahnya begitu menyukai lagu tersebut.

Kemudian, Mahalini juga mengajak kekasihnya, Rizky Febian untuk berduet. Mereka membawakan lagu-lagu romantis dan mengombinasikannya dengan apik. Salah satu lagu yang dibawakan ialah Satu Tuju yang langsung disambut gemuruh penonton.

Pada momen itu, Rizky Febian juga memberi kejutan dengan kembali melamar Mahalini di atas panggung. Momen romantis ini pun membuat penonton bersorak.

Konser Fabula 2.0 kemudian ditutup dengan lagu Sisa Rasa. Sebuah hit yang cukup melambungkan nama Mahalini di belantika musik nasional. Namun, apa pun itu, Mahalini di konser tunggalnya kali ini telah membuktikan bahwa musikalitasnya begitu beragam dan tak hanya sekadar galau-galauan belaka.

Baca juga: Resmi Tunangan dengan Rizky Febian, Tengok Manisnya Mahalini Pakai Kebaya Hijau Berpayet

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

4 Destinasi Wisata di Pacet yang Tidak Boleh Dilewatkan

BERIKUTNYA

Ini yang Harus Dilakukan oleh Bagnaia agar Kembali Menjadi yang Teratas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: