Pembalap di ajang MotoGP (Sumber gambar: Siaran pers/ MGPA -Dyandra&Co)

Ini yang Harus Dilakukan oleh Bagnaia agar Kembali Menjadi yang Teratas

15 October 2023   |   12:06 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Balap utama MotoGP seri Indonesia di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) baru akan dimulai pada Minggu, 15 Oktober 2023, siang hari. Namun, atmosfer kompetisi sudah begitu terasa ketat. Jorge Martin berpotensi besar mengukuhkan posisinya di puncak sementara dengan poin tertinggi.

Kemenangan pembalap MotoGP dari Prima Pramac Racing dalam ajang sprint race membuatnya berhasil menyusul Bagnaia yang sebelumnya berada di posisi pertama pemilik poin terbanyak. Kemenangan di sesi sprint race membuat Martin mendapatkan 12 poin sehingga memiliki total dengan poin 328.

Baca juga: Klasemen Sementara MotoGP Jelang Seri Mandalika 2023, Jorge Martin Geser Francesco Bagnaia

Di sisi lain, Bagnaia yang hanya mampu menyelesaikan ajang di posisi keenam membuatnya meraih 2 poin dalam ajang sprint race dan menjadikannya berada di posisi kedua dengan total sementara 321 poin. Sementara itu, Bagnaia masih memiliki peluang merebut kembali singgasana pemimpin klasemen. 

Bagnaia dapat kembali merebut posisinya jika berhasil memenangkan balapan utama mengingat pemenang pertama akan memperoleh 25 poin, sehingga poinnya menjadi 346. Namun, kondisi itu dapat terjadi jika Martin tidak menempati posisi kedua.

Jorge Martin akan tetap berada di urutan pertama klasemen sementara jika berhasil naik podium untuk menempati posisi kedua karena akan memiliki total nilai 348 setelah mendapatkan tambahan 20 poin lagi.

Sementara itu, pembalap Martin juga akan kian meninggalkan Bagnaia jika berhasil merebut posisi pertama lantaran akan memiliki total nilai 353 – terlebih Bagnaia tidak mampu naik podium.   

Jika mampu menjadi juara pertama di seri Indonesia, Jorge Martin akan melanjutkan tren positifnya di MotoGP 2023. Saat di seri Jepang, dia juga berhasil menjadi juara dalam sprint race dan juga balap utama, sehingga membuatnya meraih 37 poin. 

Kemenangan itu akan membuatnya menjadi juara pertama dalam balap utama dan sprint race sebanyak dua kali berturut-turut. Sebelumnya, Martin tercatat berhasil menjadi juara sprint race sebanyak 3 kali berturu-turut, dan kemenang di Indonesia membuatnya menjadi empat kali secara beruntun. 

Dalam balap utama MotoGP seri Indonesia, Jorge Martin akan memulai dari urutan enam dan Bagnaia dari 13. Sementara posisi pertama dan kedua masing-masing akan diisi oleh Lucas Marini dan Maverick Vinales setelah keduanya mencatatkan hasil tercepat dalam kualifikasi.

Marini berhasil mencatatkan waktu 1 menit 29,978 detik dan Vinales 1 menit 30,009 detik. Adapun, Martin dan Bagnaia masing-masing memiliki catatan waktu kualfikasi 1 menit 30,742 detik dan 1 menit 30,742 detik.

Untuk diketahui, rangkaian ajang MotoGP di Mandalika dimulai pada 12 Oktober 2023 dan puncaknya, yakni balap utama MotoGP akan berlangsung pada Minggu, 15 Oktober 2023 pukul 14.00 WIB.

Pada Minggu pukul 09.40 WIB – 09.50 WIB, para pembalap akan melakukan warm up. Kemudian, dilanjutkan dengan rider fan parade. Setelah itu, balapan ajang Moto3 akan diselenggarakan pada pukul 11.00 WIB – 11.35 WIB dengan 20 lap. Pada pukul 12.15 WIB – 12.55 WIB, giliran pembalap di ajang Moto2 yang akan berlaga dengan menjalani 22 lap.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Sebuah Pembuktian dari Mahalini di Konser Fabula 2.0

BERIKUTNYA

10 Kata-kata Bijak untuk Merayakan Hari Pelajar Sedunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: