Car Free Day makin banyak diterapkan di berbagai wilayah di Indonesia (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Arief Hermawan)

Jadwal & Lokasi Car Free Day di Jakarta Minggu 15 Oktober 2023

14 October 2023   |   16:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) merupakan kegiatan rutin di suatu kota yang dilakukan setiap Minggu. Saat CFD berlangsung, semua kendaraan bermotor bakal dilarang melintas di area yang sudah ditentukan. Masyarakat pun bisa bebas melakukan aktivitas olahraga atau kegiatan lainnya.

Melansir dari United Nations Enviroment Programme, car-free day adalah kesempatan bagi kota-kota untuk menyoroti bagaimana jalan-jalan yang padat dapat dimanfaatkan dengan berbagai aktivitas yang lebih positif. Misalnya, dengan melakukan piknik seperti yang dilakukan warga Wina, atau berkuda di Sao Paulo, hingga menjadi lokasi berlari di Jakarta.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Car Free Day di Sejumlah Wilayah Indonesia, Batam sampai Surabaya

Kegiatan yang dilakukan seminggu sekali ini juga jadi kesempatan besar bagi setiap lapisan masyarakat untuk menyadari betapa besarnya dampak polusi terhadap kehidupan. Emisi kendaraan merupakan salah satu sumber utama polusi udara luar ruangan, khususnya di perkotaan.

Polusi udara yang buruk telah menyebabkan sekitar 4,2 juta kematian pada 2016, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Fenomena ini juga ikut turut berkontribusi besar terhadap perubahan iklim.

Dalam penerapannya, CFD di beberapa kota telah memberikan dampak perbaikan yang signifikan. Misalnya, journée sans voiture atau hari tanpa mobil pertama di Paris, Prancis yang diadakan pada bulan September 2015 telah terbukti berhasil mengurangi emisi gas buang sebesar 40 persen.

Di Jakarta, kegiatan CFD sudah rutin digelar setiap minggunya di beberapa lokasi berbeda. Salah satu lokasi CFD paling terkenal di Jakarta ialah di wilayah Sudirman-Thamrin. Kegiatan yang rutin digelar setiap Minggu itu dimulai pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB.

Selama empat jam, masyarakat bisa berjalan, berlari, atau berolahraga di sepanjang jalan raya yang hampir setiap harinya dipenuhi kendaraan bermotor tersebut. Tak jarang, di beberapa lokasi di sekitar Bundaran HI hingga Bundaran Senayan itu juga akan diadakan acara-acara hiburan yang membuat CFD jadi lebih semarak.

Namun, lokasi CFD di Jakarta bukan hanya di Jalan Soedirman saja. Beberapa wilayah lain juga menggelar CFD. Mengutip rendahemisi.jakarta.go.id, berikut adalah jadwal CFD di beberapa wilayah lain di Jakarta:

Jakarta Barat: Untuk wilayah Jakarta Barat, CFD biasanya dilakukan di Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk. Lokasi jalan bebas kendaraan bermotor ini dimulai dari persimpangan antara Zainul Arifin dan Gajah Mada/Hayam Wuruk dan Sukarjo Wiryopranoto sampai ke persimpangan antara Gajah Mada/Hayam Wuruk dan Mangga Besar Raya. Umumnya, dilakukan setiap minggu kedua setiap bulan

Jakarta Pusat: Di Jakarta Pusat, CFD biasa dilakukan di Jalan Suryopranoto. Umumnya, diadakan setiap Minggu ketiga setiap bulan.

Jakarta Timur: CFD dilakukan di Jalan Pemuda, yakni dari persimpangan Pemuda dan Velodrome. Lalu juga di persimpangan Pemuda, Bekasi Raya, serta Jl. R.A. Fadillah. Umumnya diadakan pada minggu kedua dan keempat setiap bulan.

Jakarta Utara: CFD Dilakukan di Jalan Danau Sunter Selatan, dari persimpangan Danau Sunter Selatan/Danau Permai Timur sampai dengan persimpangan Danau Sunter Selatan/Danau Sunter Utara. Umumnya digelar pada minggu ketiga setiap bulan.

Jakarta Selatan: CFD Dilakukan di Jalan layang non-tol Pangeran Antasari. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Minggu dalam setahun. Lalu juga ada di jalan Dr. Saharjo dan jalan Minangkabau, yakni dari U-turn kedua jalan sampai persimpangan antara jalan Minangkabau/Dr. Saharjo dan jalan Sultan Agung. Umumnya dilakukan setiap hari Minggu pertama

Selain itu, untuk setiap kecamatan di Jakarta Selatan juga memiliki jadwal CFD sendiri-sendiri. Berikut jadwalnya.

Kecamatan Pasar Minggu: CFD dilakukan di Jalan Warung Jati Barat, dari persimpangan Jl. Pejaten Raya dan Jl. Warung Jati Barat sampai persimpangan Jalan Warung Jati Barat dan Jl. Raya Ragunan. Umumnya dilakukan setiap hari Minggu pertama setiap bulan.
 
Kecamatan Jagakarsa: CFD dilakukan di Jalan Lenteng Agung Timur, dari stasiun Lenteng Agung sampai Jalan Lenteng Agung dan Jalan Komjen Polisi H. Jasin. Umumnya digelar setiap hari Minggu pertama setiap bulan.
 
Kecamatan Cilandak: CFD dilakukan di sepanjang jalan Cipete Raya setiap hari Minggu pertama setiap bulan.
 
Kecamatan Pancoran: CFD dilakukan di Jalan TMP Kalibata, dari persimpangan antara Jalan Pasar Minggu Raya dan Jalan TMP Kalibata sampai ke U-turn overpass Kalibata. Umumnya digelar setiap hari Minggu kedua setiap bulan.
 
Kecamatan Setiabudi: Sepanjang jalan Karet Pedurenan, setiap hari Minggu ketiga setiap bulan.
 
Kecamatan Kebayoran Lama: Jalan Sultan Iskandar Muda, dari persimpangan antara Jalan K.H. Sya'fi Hadzami dan jalan Sultan Iskandar Muda sampai ke persimpangan antara jalan Sultan Iskandar Muda dan jalan Cendrawasih Raya/Darma Putra Raya. Umumnya digelar setiap hari Minggu keempat setiap bulan.
 
Kecamatan Kebayoran Baru: Sepanjang jalan Petogogan I dan II. Umumnya dilakukan setiap hari Minggu keempat setiap bulan.
 
Kecamatan Pesanggrahan: Sepanjang jalan Kesehatan Raya dan digelar setiap hari Minggu keempat.
 
Kecamatan Tebet: Jalan Tebet Barat Dalam, dari persimpangan Jalan Tebet Barat Dalam dan Jalan Tebet Barat IX sampai ke persimpangan jalan Prof. Dr. Soepomo dan jalan Tebet Barat Dalam. Umumnya digelar setiap hari Minggu keempat setiap bulannya.

Baca juga: Jadwal Car Free Day di Berbagai Tempat di Jakarta

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Penulis Marchella FP Luncurkan Novel Grafis Tabi, Kisah Perempuan Berdamai dengan Luka

BERIKUTNYA

Maestro Candra Darusman di Mata Ardhito Pramono, Bilal Indrajaya, & Vira Talisa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: