Marchella FP meluncurkan novel grafis Tabi. (Sumber gambar: PT Kebahagiaan Itu Sederhana)

Penulis Marchella FP Luncurkan Novel Grafis Tabi, Kisah Perempuan Berdamai dengan Luka

14 October 2023   |   15:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penulis Marchella Febritrisia Putri atau yang lebih dikenal Marchella FP kembali menerbitkan buku terbarunya berjudul Tabi. Buku ini merupakan karya cerita panjang perdana sang penulis yang disajikan dalam format novel grafis. Tabi menjadi buku keenam yang ditulis oleh Marchella FP.

Di samping itu, Tabi juga menjadi buku pertama Marchella dengan judul yang pendek. Dalam beberapa karyanya sebelumnya, penulis berusia 33 tahun itu cenderung menggunakan judul yang panjang misalnya Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2018) dan Tidak Ada yang Ke Mana-mana Hari Ini (2020).

Baca juga: IIBF 2023 Siap Gelar Pameran Buku Bertabur Penulis Korea Selatan, Cek Jadwalnya

Judul Tabi sendiri rupanya diambil dari bahasa Jepang yang berarti perjalanan. Sebuah perjalanan yang dimulai saat luka tidak mampu disembuhkan sendiri. Bukan tanpa sebab, pasalnya, novel ini memang ditulis Marchella dalam perjalanannya di Jepang dan diilustrasikan oleh Lalita Prima.

Novel Tabi mengangkat premis "Katanya Manusia Jatuh Cinta Tiga Kali Sepanjang Hidupnya". Bukunya mengikuti kisah seorang perempuan yang menyusun ulang rasa senang dan luka secara acak di memorinya, membuat dia memutuskan untuk menulis perjalanan cinta yang hampir tidak pernah dibicarakannya. 

Semua itu disimpan dalam potongan-potongan pelajaran yang membawanya ke wahana tak terduga. Buku ini berbicara tentang sebuah perjalanan penulisan kisah cinta yang terlalu banyak gagalnya, lebih tepatnya tidak ada yang berhasil satu pun.

"Buku ini akan membawa pembaca melalui perjalanan tidak hanya tentang patah hati seorang perempuan dengan luka masa kecilnya, tetapi juga tentang proses keluar dari realita baru yang membawanya menemukan jati dirinya," kata Marchella dalam keterangan resminya.
 

Marchella FP meluncurkan novel grafis Tabi. (Sumber gambar: PT Kebahagiaan Itu Sederhana)

Marchella FP meluncurkan novel grafis Tabi. (Sumber gambar: PT Kebahagiaan Itu Sederhana)

Menariknya, selain meluncurkan buku, Marchella merilis sosok karakter virtual (virtual influencer) yang juga diberi nama Tabi. Karakter Tabi diperkenalkan pertama kali pada Agustus 2023 di TikTok dengan akun @tabi.tabinda.

"Dengan misi untuk terus memberikan dampak positif dan menunjukkan bahwa pesan serta kreasi tak mengenal batas media, kali ini karya yang saya luncurkan tidak hanya berupa novel grafis melainkan juga sosok virtual," kata pengarang yang juga menulis buku Generasi 90an itu.

Karakter ini dibuat guna mengajak audiens untuk tumbuh bersama, menjadi representasi perempuan Indonesia yang ingin berbagi pesan positif kepada lebih banyak orang. Marchella berharap bahwa perjalanan Tabi nantinya akan terus berkembang menjadi karakter yang dinamis di berbagai media pada masa mendatang.

"Saya dan karakter Tabi berjalan beriringan dalam menyusun buku ini, di mana kami mengeksplorasi tantangan dan hambatan lalu kami menyelesaikan secara bersama-sama. Kami juga saling berbagi peran, di mana masing-masing karakter memiliki pemikiran yang berbeda," tuturnya.

Adapun, novel grafis Tabi edisi box set eksklusif akan dirilis secara terbatas pada 15 Oktober 2023 dengan sistem pre-order. Pembaca bisa mendapatkan informasi selengkapnya melalui akun TikTok @tabi.tabinda.
 

Nama penulis Marchella FP sendiri melejit berkat novel flash fiction berjudul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) yang dirilis pada 2018. Buku tersebut mendapatkan respons positif dari pembaca dan terjual sebanyak 300.000 eksemplar.

Kepopuleran karya tersebut bahkan menjadikan buku NKCTHI diadaptasi menjadi film layar lebar oleh sutradara Angga Dwimas Sasongko pada 2020. Seperti bukunya, film itu juga sukses menjadi box office dan mendatangkan 2 juta lebih penonton di bioskop. Berkat buku itu pula, Marchella mendapatkan penghargaan Penulis Terbaik di ajang IKAPI Awards 2019.

Meski demikian, Marchella sejatinya telah memulai kariernya sebagai penulis sejak tahun 2013 dengan menerbitkan buku Generasi 90an. Setelah itu, dia kembali menerbitkan dua buku dengan tema serupa yakni Diary Suka-Suka Generasi 90an (2013) dan Generasi 90an: Anak Kemarin Sore (2015).

Sebagai penulis, Marchella adalah sosok yang visioner dan kreatif. Dia kerap mengembangkan karya-karya literasinya menjadi produk kreatif lainnya. Hal itu dibuktikannya dengan mendirikan perusahaan Intellectual Property (IP) Management yang mengelola karya-karyanya dengan nama PT Kebahagiaan Itu Sederhana.

Tak hanya itu, sang penulis juga mendirikan merek keduanya bernama Proud to Post It yang bergerak di bidang barang dagangan (merchandising). Dia membuat beragam merchandise dari buku NKCTHI dan Kamu Terlalu Banyak Bercanda. Beberapa kutipan andalan dari buku itu dikreasikan ke dalam berbagai bentuk, mulai dari baju, kaos kaki, tas belacu (tote bag), enamel pin, pelindung telepon pintar (handphone casing), dan masih banyak lagi.

Baca juga: Profil Penulis Australia David O'Shea, Pacu Semangat & Tekad Anak-anak lewat Kisah Fiksi

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Tip Membersihkan High Heels Supaya Awet dan Selalu Terlihat Baru

BERIKUTNYA

Jadwal & Lokasi Car Free Day di Jakarta Minggu 15 Oktober 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: