Ilustrasi car free day. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

CFD Jakarta Jelang Iduladha 16 Juni 2024 Tetap Diadakan, Ini Rekomendasi Lokasinya

15 June 2024   |   06:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jadwal Hari Bebas Kendaraan Bermotor alias car free day (CFD) pada akhir pekan ini, 16 Juni 2024, tetap digelar kendati bertepatan dengan H-1 Hari Raya Iduladha 2024. Hal itu disampaikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Dengan demikian, warga Jakarta tetap bisa menikmati kegiatan CFD pada akhir pekan ini.
 
Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah menetapkan bahwa Hari Raya Iduladha 1445 H jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Kendati demikian, kegiatan CFD di Jakarta pada Minggu, 16 Juni 2024 alias H-1 Hari Raya Iduladha dipastikan tetap berjalan seperti biasa.

Baca juga: Cek Tema dan Rangkaian Acara Perayaan HUT Jakarta 2024
 
"Sehubungan dengan Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 pada 17 Juni 2024, pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Jakarta pada Minggu (16/6/2024) tetap diadakan ya. Tetap tertib dan jaga kebersihan selama pelaksanaan HBKB," demikian tulis Dishub DKI Jakarta lewat akun media sosial resminya.
Sementara itu, CFD tidak digelar di Jakarta pada 23 Juni 2024 mendatang. Peniadaan itu dilakukan sehubungan adanya penyelenggaraan acara Jakarta International Marathon. Agenda lari tingkat internasional itu dijadwalkan berlangsung mulai (start) dari Silang Barat Laut Monas dan berakhir (finish) di Gelora Bung Karno Jakarta.
 
Peniadaan CFD tersebut sesuai Pasal 5 ayat (1) Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.
 
Aturan itu menyebutkan Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor dapat dibatalkan jika waktu yang bersamaan juga dilaksanakan kegiatan yang bersifat khusus baik nasional maupun internasional, dimana kegiatan tersebut memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus.
 
"Dalam rangka penyelenggaraan Jakarta International Marathon, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada 23 Juni 2024 ditiadakan," demikian tulis Dishub DKI Jakarta.

Seperti namanya, CFD merupakan gerakan untuk menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor. Agenda yang rutin digelar pada tiap hari Minggu ini dimulai dari kesadaran penduduk dunia mengenai bahaya pemanasan global dan pentingnya pengurangan emisi bahan bakar. 
 
CFD juga erat kaitannya dengan mengampanyekan pentingnya udara bersih. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk beralih dari menggunakan kendaraan pribadi, ke angkutan umum massal sehingga berkontribusi dalam penurunan pencemaran udara kota. 
 
Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan penting dan serunya CFD. Setiap Minggu pagi, beberapa ruas jalan khusus CFD pasti akan dipenuhi orang-orang dengan berbagai kegiatan, mulai dari olahraga, berkesenian, atau sekadar rekreasi pagi untuk menghirup udara segar.
 
Bagi kalian yang berencana untuk CFD pada esok hari, Minggu 16 Juni 2024, berikut adalah sejumlah titik yang bisa dikunjungi di sekitar DKI Jakarta.


1. Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin

Lokasi CFD ini memang menjadi salah satu spot favorit warga Jakarta. Titik Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin dibuka untuk CFD setiap Minggu mulai dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Pelaksanaan CFD di tempat ini berlangsung dari Bundaran Hotel Indonesia sampai Bundaran Senayan. Setiap Minggu, pasti akan banyak orang dari berbagai daerah memadati kawasan ini.


2. Jalan Suryopranoto

Selain di kawasan Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin, spot CFD lain yang bisa menjadi pilihan di Jakarta Pusat adalah di Jalan Suryopranoto. Agenda CFD yang berlangsung di kawasan sekitar Simpang Harmoni-RSUD Tarakan ini biasanya akan dimulai pada pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB. Biasanya, warga sekitar memanfaatkan kawasan ini untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga selama CFD.


3. Jalan Mampang-Pejaten

Pada minggu ketiga tiap bulannya, digelar CFD di kawasan Jalan Mampang-Pejaten Jakarta Selatan, yang berlangsung mulai pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Ada banyak kegiatan seru yang digelar pada agenda CFD di kawasan ini, mulai dari olahraga senam, futsal, hingga banyak warga yang berjalan santai dengan keluarganya.


4. Jalan RA Fadillah Cijantung

Satu spot CFD yang bisa dikunjungi oleh warga Jakarta Timur ialah Jalan RA Fadillah Cijantung yang berlangsung setiap Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.
 
Di lokasi satu ini, warga bisa memanfaatkannya untuk bersepeda, jogging, ataupun sekadar jalan santai bersama keluarga, teman, dan pasangan. Selain itu, bagi warga yang mempunyai usaha dapat berjualan di area yang sudah disediakan di lokasi CFD tersebut.


5. Kawasan Danau Sunter

Salah satu spot CFD bagi warga Jakarta Utara ialah di kawasan Danau Sunter Kecamatan Tanjung Priok. Agenda CFD di kawasan ini biasanya digelar pada minggu ketiga tiap bulannya, mulai pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB. Ada banyak kegiatan seru yang hadir di CFD sekitar Jalan Danau Sunter, mulai dari olahraga, bazar UMKM, hingga hiburan lainnya.
 
Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

5 Kiat Menambah Daya Tarik CV Agar Lolos Seleksi Magang

BERIKUTNYA

Genhype Wajib Tahu Hari Kesadaran Lansia Sedunia Tiap 15 Juni

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: