Car free day di Jakarta (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P)

Lokasi & Jadwal Car Free Day Minggu 28 Januari 2024 di Jakarta

27 January 2024   |   09:14 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah menjalani rutinitas harian bekerja dari Senin sampai Sabtu, berjalan-jalan santai atau olahraga bersama keluarga, orang terkasih, atau kawan dapat menjadi pilihan pada Minggu, 28 Januari 2024 di jalan-jalan yang menjadi tempat penyelenggaraan car free day.

Di jalan-jalan tempat kegiatan hari bebas kendaraan tersebut, Genhype dapat melakukan banyak hal dan tidak akan terganggu dengan lalu Lalang sepeda motor atau mobil. Tidak hanya itu, kalian juga dapat menikmati udara yang lebih segar – yang jarang didapatkan di ibu kota negara DKI Jakarta. 

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Car Free Day di Sejumlah Wilayah Indonesia, Batam sampai Surabaya

Car free day (CFD) sudah menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh banyak warga di Jakarta dan sekitarnya. Selain menjadi tempat untuk menyehatkan tubuh, ini juga menjadi ajang menjalin komunikasi dengan kawan. Tidak hanya itu, sejumlah pihak juga kerap menyelenggarakan acara di ajang ini, sehingga menambah keseruan kegiatan pagi di tengah ibu kota.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan hari bebas kendaraan di beberapa titik. Sejumlah jalan menjadi titik penyelenggaraan setiap Minggu. Namun, beberapa jalan lainnya hanya ada pada Minggu tertentu. Dikutip dari laman Rendah Emisi Jakarta, berikut titik car free day Minggu, 28 Januari 2024 di Jakarta. 
 

1. Jl. Jenderal Sudirman-Jl. M.H. Thamrin

Ruas jalan pertama tempat penyelenggaraan hari bebas kendaraan adalah di Jl. Jenderal Sudirman-Jl. M.H. Thamrin. Di titik ini, Pemprov DKI Jakarta mengadakan car free day setiap Minggu dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Ruas pasti car free day di Jl. Jenderal Sudirman - Jl. M.H. Thamrin adalah dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Bundaran Senayan. 
 

2. Jakarta Timur: Jl. Pemuda & Jl. R.A Fadillah

Ruas jalan lainnya yang menjadi tempat kegiatan car free day adalah di Jl. Pemuda dan Jl. R.A. Fadilah. Di ruas ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melarang mobil dan motor untuk melintas dari persimpangan Pemuda dan Velodrome dan persimpangan Pemuda dan Bekasi Raya.

Pemerintah mengadakan kegiatan hari bebas kendaraan di kedua ruas jalan tersebut adalah pada minggu kedua dan keempat setiap bulan dari pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB. 
 

3. Jl. Sultan Iskandar Muda

Jalan Sultan Iskandar Muda yang terletak di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta, juga menjadi salah satu titik penyelenggaraan hari bebas kendaraan. Pelaksanaan CFD di tempat ini dari persimpangan antara jalan K.H. Sya'fi Hadzami dan jalan Sultan Iskandar Muda sampai persimpangan antara jalan Sultan Iskandar Muda dan jalan Cendrawasih Raya/Darma Putra Raya).

Pemerintah menyelenggarakan kegiatan hari tanpa kendaraan di ruas jalan ini pada Minggu keempat setiap bulan dari pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB. 
 

4. Jl. Petogogan I dan II

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyelenggarakan hari tanpa kendaraan di sepanjang Jl. Petogogan I dan II, Kecamatan Kebayoran Baru. Di jalan ini, masyarakat dapat dengan bebas melakukan aktivitas tanpa harus terganggu sepeda motor atau mobil pada Minggu keempat setiap bulannya. Penyelenggaraan CFD di sepanjang Jl. Petogogan I dan II berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB. 
 

5. Jalan Kesehatan Raya

Jalan Kesehatan Raya di Kecamatan Pesanggrahan menjadi tempat lain penyelenggaraan car free day di Jakarta pada Minggu, 28 Januari 2024. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan hari bebas kendaraan di sepanjang jalan ini dari pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB. Jalan ini diagendakan gelaran CFD pada minggu keempat setiap bulan. 
 

6. Jalan Tebet Barat Dalam

Jalan Tebet Barat Dalam menjadi titik lain penyelenggaraan hari bebas kendaraan bermotor pada Minggu, 28 Januari 2024 di Jakarta. Terletak di Kecamatan Tebet, CFD di Jl. Tebet Barat Dalam dari persimpangan jalan Tebet Barat Dalam dan jalan Tebet Barat IX sampai persimpangan jalan Prof. Dr. Soepomo dan jalan Tebet Barat Dalam.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan CFD di Jalan Tebet Barat Dalam pada Minggu keempat setiap bulan dari pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Joko Anwar Bagikan Still Photo Pertama Film Siksa Kubur, Misterius dan Mencekam

BERIKUTNYA

Menilik Sejarah Lampion yang Jadi Ornamen Wajib saat Imlek 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: