Ilustrasi orang-orang bersepeda. (Sumber gambar: Gema Saputera/Unsplash)

Cek Jadwal Lokasi CFD di Jakarta dan Sekitarnya Minggu 22 September 2024

21 September 2024   |   11:52 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Akhir pekan biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melepas penat dari rutinitas pekerjaan. Salah satu kegiatan yang menjadi pilihan ialah car free day (CFD) yang digelar tiap Minggu pagi. Menikmati pemandangan jalanan kota yang bebas kendaraan dengan berjalan santai hingga bersepeda menjadi daya tarik orang datang ke CFD.
 
Dikenal sebagai hari bebas kendaraan, CFD merupakan gerakan untuk menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor. Program ini dimulai dari kesadaran penduduk dunia mengenai bahaya pemanasan global dan pentingnya pengurangan emisi bahan bakar.

Baca juga: Evoria M Bloc Fest 2024 Siap Digelar 10 Hari, Cek Rangkaian Agenda Serunya
 
CFD juga erat kaitannya dengan mengampanyekan pentingnya udara bersih. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk beralih dari menggunakan kendaraan pribadi, ke angkutan umum massal sehingga berkontribusi dalam penurunan pencemaran udara kota. 
 
Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan penting dan serunya CFD. Setiap Minggu pagi, beberapa ruas jalan khusus CFD pasti akan dipenuhi orang-orang dengan berbagai kegiatan, mulai dari olahraga, mencicipi ragam kuliner, atau sekadar rekreasi pagi untuk menghirup udara segar. 
 
Pada pekan ini, CFD akan kembali digelar pada sejumlah ruas jalan di Jakarta dan sekitarnya. Adapun, sejumlah agenda yang akan digelar ialah CFD yang memang rutin diadakan pada minggu ketiga setiap bulannya, atau titik-titik yang selalu mengadakan CFD setiap Minggu. Seperti diketahui, 22 September 2024 ialah minggu ketiga pada bulan sembilan tahun ini.
 
Dihimpun dari laman Car Free Day Indonesia dan Jakarta Rendah Emisi, berikut jadwal CFD pada Minggu, 22 September 2024 di sejumlah ruas jalan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).
 

1. CFD Jakarta

Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin

Lokasi CFD ini memang menjadi salah satu spot favorit warga Jakarta. Titik Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin dibuka untuk CFD setiap Minggu mulai dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Pelaksanaan CFD di tempat ini berlangsung dari Bundaran Hotel Indonesia sampai Bundaran Senayan. Setiap Minggu, pasti akan banyak orang dari berbagai daerah memadati kawasan ini.
 

Jalan Suryopranoto

Selain di kawasan Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin, spot CFD lain yang bisa menjadi pilihan di Jakarta Pusat adalah di Jalan Suryopranoto. Agenda CFD yang berlangsung di kawasan sekitar Simpang Harmoni-RSUD Tarakan ini biasanya akan dimulai pada pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB. Biasanya, warga sekitar memanfaatkan kawasan ini untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga selama CFD.
 

Jalan Mampang-Pejaten

Pada minggu ketiga tiap bulannya, digelar CFD di kawasan Jalan Mampang-Pejaten Jakarta Selatan, yang berlangsung mulai pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Ada banyak kegiatan seru yang digelar pada agenda CFD di kawasan ini, mulai dari olahraga senam, futsal, hingga banyak warga yang berjalan santai dengan keluarganya.
 

Jalan RA Fadillah Cijantung

Satu spot CFD yang bisa dikunjungi oleh warga Jakarta Timur ialah Jalan RA Fadillah Cijantung yang berlangsung setiap Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.
 
Di lokasi satu ini, warga bisa memanfaatkannya untuk bersepeda, jogging, ataupun sekadar jalan santai bersama keluarga, teman, dan pasangan. Selain itu, bagi warga yang mempunyai usaha dapat berjualan di area yang sudah disediakan di lokasi CFD tersebut.
 

Sepanjang Jalan Karet Pedurenan

Pada Minggu ketiga setiap bulannya, kegiatan CFD juga digelar di sepanjang jalan Karet Pedurenan Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Agenda CFD di ruas jalan ini berlangsung pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.
 

Kawasan Danau Sunter

Salah satu spot CFD bagi warga Jakarta Utara ialah di kawasan Danau Sunter Kecamatan Tanjung Priok. Agenda CFD di kawasan ini biasanya digelar pada minggu ketiga tiap bulannya, mulai pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB. Ada banyak kegiatan seru yang hadir di CFD sekitar Jalan Danau Sunter, mulai dari olahraga, bazar UMKM, hingga hiburan lainnya.


2. CFD Bogor

• Jalan Sudirman (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB
 
• Alun-alun Kota Jonggol (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB


3. CFD Depok

Boulevard Grand Depok City (Jalan Citayam-KSU) pukul 06.00 WIB-09.00 WIB


4. CFD Kota Tangerang

• Jalan M. Yamin (Tugu Tangerang), setiap hari Minggu pukul 06.00 WIB-10.00 WIB
 
• Puri Beta (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB
 
• Ciledug (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB
 
• Larangan (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB
 
• Poris (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB


5. CFD Bekasi

• Jalan Ahmad Yani-Summarecon (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB
 
• Stadion Wibawa Mukti Cikarang (setiap hari Minggu) pukul 08.00 WIB-10.00 WIB 
 
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Sinopsis Spice Up Our Love, Spin-Off Drakor No Gain No Love Tayang 3 Oktober

BERIKUTNYA

5 Musisi Beken Tampil di Pestapora 2024 Day 2, Mother Bank hingga Bernadya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: