Salah satu pemandangan di Sirkuit Mandalika (Sumber foto: Kemnpaerkraf)

6 Fakta Seru Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika

11 October 2023   |   14:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang MotoGP seri Indonesia  akan berlangsung dalam beberapa hari lagi. Sejumlah pembalap dunia yang akan memacu kendaraannya sudah mulai berdatangan ke Indonesia. Mereka akan berusaha menjadi yang terbaik di Pertamina Mandalika International Circuit.

MotoGP seri Indonesia pada 2023 akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit yang terletak Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sirkuit tersebut telah berdiri pada 2021 silam setelah melalui proses yang panjang.

Baca juga: 5 Rekomendasi Penginapan Dekat Sirkuit Mandalika


1. Pembangunan Melibatkan Pakar dan Lengeda MotoGP

Dalam pembangunannya, banyak pihak tercatat telah terlibat, yakni Mrk 1 Consulting, Driven International, Franco Uncini, Loris Capirossi dari FIM, dan Carlos Ezpeleta dari Dorna untuk menyempurnakan tata letaknya.

Tidak hanya itu, para pembalap dan juga juara dunia Mick Doohan pada awal-awal memberikan masukan. Kemudian, terdapat juga Chief Executive Officer Dorna Sports Carmelo Ezpeleta yang melakukan kunjungan lapangan terkait dengan pembangunannya.


2. Tikungan Spesial

Modifikasi terhadap desain seperti pada tikungan kedua dari belakang trek juga dilakukan ketika sirkuit dibuat, yakni dari straight entrance menjadi long tightening radius entry. Dengan begitu, pembalap memerlukan trail brake yang panjang sebelum melakukan hairpin yang ketat.

Hairpin adalah jenis tikungan yang sangat menukik bisa berbentuk V atau U yang dapat membuat pembalap perlu mengurangi kecepatan kendaraan ketika memasukinya.

Pertamina Mandalika International Circuit memiliki panjang total 4,3 kilometer dengan total belokan sebanyak 17. Dari total tikungan itu, 6 di antaranya ke kiri dan 11 ke kanan. Sirkuit ini juga memiliki kapasitas 195.000 orang.


3. Teruji di Berbagai Kompetisi

Mendapatkan grade A dari Federasi Sepedamotor International (Fédération Internationale de Motocyclisme/FIM), sejumlah ajang telah diselenggarakan di sirkuit ini. Selain MotoGP, ada juga kompetisi Superbike World Championship, Idemitsu Asia Talent Cup, dan Asia Road Racing Championship.


4. Fasilitas Mumpuni

Selain itu, Pertamina Mandalika International Circuit juga memiliki beberapa fasilitas seperti grandstand dengan kapasitas total 48.768 pax; premiere class dengan kapasitas 30 orang, starting grid, dan exclusive view; observation deck untuk tamu VVIP dan exclusive access; 360 hill yang memiliki pemandangan pantai, 360 track view, serta 3 exclusive lounges; dan deluxe class dengan tribun dalam dan luar ruangan.


5. Bonus Pemandangan Alam

Hal menarik lainnya dari Pertamina Mandalika International Circuit adalah motif kain tenun ikat Lombok yang berada di pinggir lintasannya. Laman themandalikagp.com menuliskan bahwa Mandalika adalah tempat yang dikelilingi oleh pantai dan pemandangan alam, sehingga menjadi tempat yang mengesankan bagi para wisatawan.


6. Akses Penerbangan Internasional

Penerbangan langsung dari Singapura dan Malaysia juga tersedia guna memudahkan akses bagi para wisatawan dari luar negeri. Saat ini, pengelola juga tengah berusaha agar ajang Formula 1 dapat diadakan di Pertamina Mandalika International Circuit.

Pada tahun ini, ajang MotoGP akan diselenggarakan untuk yang kedua kalinya di Pertamina Mandalika International Circuit. Banyak pembalap sudah berdatangan ke Indonesia dan bersiap untuk melakoni laga dan meraih poin.

Baca juga: Pembalap MotoGP Takaaki Nakagami Bersiap Merebut Podium Pertama di Mandalika

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Resep Puding Lapis Surabaya Ala Chef Devina Hermawan, Mudah Dibuat di Rumah

BERIKUTNYA

10 Ucapan Manis untuk Merayakan Hari Anak Perempuan Internasional 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: