Memperhatikan bahan gaun penting untuk mendapatkan kenyamanan (Sumber foto: Unsplash/Anna Docking)

3 Jenis Kain yang Cocok Digunakan untuk Gaun

11 October 2023   |   12:41 WIB

Penampilan merupakan suatu hal yang sangat penting karena jadi salah satu cara untuk menunjukan citra diri, kapan pun dan di mana pun. Ketika bertemu dengan seseorang, maka mereka akan mulai menilai melalui penampilan.

Tampil menawan itu tidak ada syaratnya, hanya dimulai dari penampilan yang ditambah dengan rasa percaya diri supaya menjadi paket lengkap. Nah, untuk bisa berpenampilan maksimal kalian butuh pakaian yang nyaman dipakai supaya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Baca juga: Tip Memilih Kain dan Warna Gamis yang Cocok dengan Skin Tone

Jenis kain yang dipakai sangat berpengaruh pada kenyamanan ketika beraktivitas. Banyak kain yang dijual di toko online, tetapi tidak dapat dirasakan secara langsung bagaimana tekstur dari kain tersebut. Hal itu menjadi masalah bagi para pembeli kain di toko daring yang tidak mengerti tentang jenis-jenis kain.

Pasalnya ada banyak jenis kain, mulai dari yang berbahan panas, mudah atau tidak menyerap keringat, sampai jenis yang bisa bikin kulit gatal. Hal itu perlu diperhatikan agar tidak keliru dalam memilih kain untuk digunakan. Apalagi jika tergiur akan harga yang dibanderol dengan murah meriah.

Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah 3 jenis kain yanga bisa dipilih ketika ingin membeli atau membuat gaun atau dress. 
 

1. Silk

Silk yang biasa disebut satin sutera merupakan kain yang bertekstur lembut, ringan, dan tidak panas. Jenis kain ini cocok untuk dipakai pada acara pesta yang formal karena tampilannya mengkilap. Kain ini juga tidak membuat gatal dan ringan, sehingga tidak bikin gerah.
 

Dress Satin Silk (Sumber Gambar: Freepik/Bristekjegor)

Dress Satin Silk (Sumber Gambar: Freepik/Bristekjegor)
 

2. Linen

Linen ini sejenis bahan katun tapi sedikit berserat. Bahannya dapat menyerap keringat dengan baik sehingga nyaman ketika digunakan. Dengan begitu, kain ini cocok untuk dijadikan dress, celana panjang dan blouse. Ini dapat digunakan sehari-hari karena bahannya yang ringan dan kuat, serta membuat tampilan kalian makin cakep.
 

Dress berbahan linen (Sumber Gambar: Unsplash/Lance Reis)

Dress berbahan linen (Sumber Gambar: Unsplash/Lance Reis)

3. Brokat

Brokat selain dapat dijadikan kebaya, juga dipakai sebagai dress untuk Bridesmaid yang akhir-akhir ini lagi tren, lho! Ketika memilih menggunakan bahan brokat, jangan lupa untuk memilih kain satin sebagai lapisan dalam karena brokat ini kain yang transparan. Bahan ini banyak digunakan untuk acara pernikahan karena memiliki kesan yang mewah.

“Banyak pelanggan yang belum paham tentang jenis-jenis bahan, apalagi jika tergiur dengan harga yang murah. Padahal, dengan harga yang tidak jauh berbeda mereka bisa mendapatkan kain dengan bahan yang bagus, tidak membuat gatal dan tidak panas.” kata pemilik usaha jahit pakaian, Lulu Andayani.
 

Dress Berbahan Brokat (Sumber gambar: Lulu Collection)

Dress Berbahan Brokat (Sumber gambar: Lulu Collection)

Itu dia 3 jenis kain yang dapat dipilih agar kalian tidak bingung untuk menentukan dress yang akan dikenakan. Gunakan kain yang tepat agar tetap nyaman, tidak menimbulkan gatal di kulit, dan tidak membuat badan terasa gerah. Pilihan yang pas akan membuat Genhype menjadi lebih percaya diri.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mengintip Jajaran Aksesori Pengisian Daya Terbaru AUKEY, Power Bank sampai USB Car Charger

BERIKUTNYA

Menangkap Peluang E-Katalog Bagi UMKM

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: