Ilustrasi solo traveler. (Sumber gambar: Ibrahim Rifath/Unsplash)

5 Kiat Memilih Tempat Penginapan yang Murah saat Solo Traveling

09 October 2023   |   21:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Liburan tak melulu harus bersama teman atau keluarga. Kalian juga bisa menikmati liburan sendiri atau yang dikenal dengan sebutan solo traveling. Kegiatan jalan-jalan solo ini biasanya dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki banyak teman atau memang sedang ingin sendirian.
 
Dengan solo traveling, kalian memiliki kebebasan sepenuhnya dalam mengatur kegiatan melancong, termasuk menikmati perjalanan seutuhnya. Namun, salah satu tantangan saat solo traveling adalah memilih tempat penginapan yang tepat sekaligus murah.

Baca juga: 6 Kota Ini Cocok untuk Solo Traveling Menikmati Keindahan Indonesia
 
Pasalnya, ketika sendirian, kalian tidak bisa berbagi biaya penginapan yang biasanya dilakukan ketika melancong bersama teman atau kerabat. Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang dan terencana agar kalian bisa mendapatkan tempat penginapan yang ramah kantong.

Berikut adalah beberapa kiat untuk memilih tempat penginapan yang murah saat solo traveling.
 

1. Pesan dari jauh-jauh hari

Kiat utama untuk mendapatkan tempat penginapan murah saat solo traveling adalah dengan memesannya sejak jauh-jauh hari. Selain bisa menyesuaikan dengan anggaran, kalian juga bisa memanfaatkan beragam promo yang biasanya ditawarkan oleh platform agen perjalanan.
 
Di samping itu, kalian juga bisa mempertimbangkan beberapa tempat penginapan untuk membandingkan dari segi harga dan fasilitasnya. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan tempat penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet kalian.
 

2. Gunakan filter harga

Kiat lain untuk memilih tempat penginapan yang murah adalah dengan menggunakan fitur filter harga di platform agen perjalanan. Nantinya, kalian akan diberikan rekomendasi daftar hotel sesuai dengan rentang harga yang diinginkan.
 
Pilah pilah terlebih dahulu lokasinya dan fasilitas yang ditawarkan dari beberapa tempat penginapan. Dengan menggunakan filter harga, kalian bisa mencari tempat penginapan yang sesuai dengan maksimal bujet. Hal ini juga membuat pencarian tempat penginapan menjadi lebih efektif dan efisien.
 

Ilustrasi solo traveler. (Sumber gambar: Ibrahim Rifath/Unsplash)

Ilustrasi solo traveler. (Sumber gambar: Oleksandr P/Pexels)

3. Pilih hotel kapsul

Hotel kapsul merupakan salah satu pilihan akomodasi unik yang kini mulai bermunculan di berbagai destinasi karena popularitasnya sebagai pilihan 'hemat' untuk para traveler. Meskipun identik dengan harga yang sangat terjangkau, kini banyak pula hotel kapsul yang mulai dirancang dengan desain unik dan mewah serta dilengkapi fasilitas-fasilitas yang mumpuni.
 
Dipopulerkan oleh Jepang, hotel kapsul adalah hotel yang hanya menyediakan kamar-kamar kecil dan berisi kasur berkapasitas satu hingga dua orang saja. Oleh karena itu, hotel kapsul bisa menjadi pilihan tempat menginap yang tepat untuk solo traveler.
 

4. Perhatikan lokasi tempat menginap

Saat memilih tempat penginapan, hal lain yang perlu diperhatikan ialah lokasinya. Sebaiknya pilihlah tempat penginapan yang berada di tengah kota sehingga bisa menjangkau berbagai destinasi wisata menggunakan transportasi umum. Sebagai pilihan lain, kalian juga bisa memilih tempat penginapan yang dekat dengan destinasi wisata. Dengan begitu, kalian bisa menghemat biaya transportasi saat sedang solo traveling.
 
Saat ini juga banyak beberapa paket bundling wisata yang sudah termasuk tiket masuk ke lokasi wisata plus tempat penginapannya. Biasanya hal itu ditawarkan lantaran tempat penginapan berada di lokasi yang sama dengan destinasi wisatanya. Jika memang harganya lebih murah, tak ada salahnya kalian menggunakan fasilitas tersebut.
 

5. Cek ulasan rekomendasi penginapan

Di zaman media sosial saat ini, tak sulit untuk mengakses informasi apapun termasuk mencari rekomendasi tempat penginapan yang ideal. Di sejumlah platform media sosial seperti TikTok dan Twitter, kalian bisa mencari rekomendasi tempat penginapan sesuai dengan lokasi dan bujet yang diinginkan.
 
Misalnya, jika kalian ingin mencari hotel dengan harga Rp100.000-an, kalian tinggal mencari konten dengan keyword atau kata kunci tersebut. Nantinya, akan muncul banyak konten yang mengulas beberapa rekomendasi hotel dengan rentang harga tersebut. Plus, kalian juga akan mendapatkan informasi terkait fasilitas dari tempat menginap yang direkomendasikan.

Baca juga: Simak Tips Solo Traveling yang Aman untuk Perempuan, Bisa Keliling Dunia Tanpa Khawatir

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Awas, Gigi Berlubang Bisa Memicu Penyakit Jantung

BERIKUTNYA

3 Tip UMKM Mengelola Keuangan Tanpa Perlu Lirik-lirik Pinjaman Online

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: