Ilustrasi wanita yang melakukan solo traveling. (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

Ladies, Intip 7 Tip Solo Traveling yang Aman & Menyenangkan

02 January 2023   |   09:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Awal tahun menjadi waktu yang tepat untuk pergi berlibur. Jika biasanya kamu pergi bersama keluarga maupun sahabat, tidak ada salahnya kali ini kamu solo traveling yang jauh lebih menantang dan bebas menentukan tujuan.

Solo traveling merupakan aktivitas berlibur sendirian. Banyak orang melakukan ini sebagai me time atau self healing untuk menyegarkan kembali pikiran. 

Ada beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan solo traveling. Selain bisa menentukan tujuan tempat maupun aktivitas berlibur sesuai keinginan pribadi, solo traveling bisa meningkatkan rasa percaya diri dan membantu kamu mendapatkan teman baru, lho. Kamu juga bisa belajar mengatur keuangan agar berlibur bisa sehemat mungkin.

Kendati demikian, solo traveling harus disiapkan dengan matang agar perjalanan kamu bisa maksimal dan aman. Terutama jika kamu seorang perempuan. Berikut  tip solo traveling yang bisa kamu terapkan pada liburan di tahun baru ini. 


1. Riset


Hal pertama yang perlu kamu lakukan mencari informasi sebanyak mungkin tentang lokasi wisata yang akan kamu kunjungi. Cari tahu karakteristik wilayah seperti tempat wisata yang tersedia, lokasi penginapan, kondisi dan cuaca di lingkungan tersebut, akses keuangan serta makanan, hingga transportasi yang tersedia.

Riset pula mengenai kebiasaan, budaya atau adat masyarakat di destinasi liburan kamu itu. “Teliti tujuan Anda terlebih dahulu. Waspadai area yang terlalu sepi setelah gelap atau memiliki reputasi lebih berbahaya atau terkenal karena kejahatan, ”kata Helen Wright, penulis perjalanan seperti dikutip dari Glamour Magazine, Minggu (1/1/2022).

Saat ini banyak media untuk kamu melakukan riset. Bahkan kamu bisa bertanya melalui forum traveler yang ada di media sosial.


2. Hitung anggaran dan siapkan itenerary


Setelah menentukan tempat dan mencari tahu karakteristik wilayahnya, langkah kedua yakni menyusun anggaran berlibur. Buat secara detail pengeluaran untuk akomodasi, transportasi, konsumsi, hingga biaya tidak terduga.

Dengan menyusun budget, kamu bisa memiliki tolak ukur uang yang akan digunakan bahkan bisa menghemat anggaran. Setelah itu, buat rencana perjalanan, pesan tiket untuk transportasi dan akomodasi. 

Pilih lokasi akomodasi di lingkungan yang ramai. Untuk transportasi, sebaiknya pilih penerbangan dengan kedatangan pagi atau siang hari. Pastikan penyedia jasa tersebut juga sudah berlisensi dan mendapat review bagus ya.

Kamu juga bisa memanfaatkan paket tur terutama ini menjadi kali pertama solo traveling. Dengan demikian, kamu tidak usah lagi pusing mengurus transportasi maupun akomodasi.


3. Jangan bawa barang berlebihan 


Ingat, kamu pergi sendirian. Bawalah barang secukupnya agar tidak menyusahkan kamu sendiri. Cukup bawa beberapa potong pakaian di dalam tas ransel atau koper kecil. Apalagi jika kamu harus berpindah tempat nantinya. 

Kamu bisa memanfaatkan jasa laundry kilat di tempat penginapan atau jika ingin menghemat, cuci baju sendiri. Tidak ada salahnya memakai baju yang sama saat solo traveling. Toh, tujuan kamu untuk healing bukan?

Selain itu, sebaiknya gunakan pakaian sopan untuk menghargai masyarakat setempat dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
1
2


SEBELUMNYA

Rekor Head to Head Indonesia vs Filipina di Piala AFF, Skuad Garuda Dominasi Kemenangan

BERIKUTNYA

Liburan Anti Mainstream, Jelajahi 5 Spot Wisata Sungai Ini Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: