Pembalap MotoGP di seri Mandalika 2022 (Sumber gambar ilustrasi: siaran pers/ PT Piaggio Indonesia)

Francesco Bagnaia dan Jorge Martín Bakal Berjuang Sengit di MotoGP Mandalika 2023

09 October 2023   |   14:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang MotoGP Mandalika 2023 dipastikan akan menjadi salah satu seri yang paling menarik bagi para pencinta motor balap. Di ajang ini, pembalap seperti Francesco Bagnaia dan Jorge Martín akan berupaya dengan keras untuk naik ke podium. Tak ketinggalan Miguel Oliveira yang berpotensi mengulang kemenangan di Mandalika.

Bagnaia dari Ducati Lenovo Team dan Martin dari Pramac Racing mungkin akan menjadi dua pembalap yang paling berambisi untuk memenangkan balap di Mandalika. Kini, keduanya berada di urutan teratas untuk sementara. Bagnaia telah mengumpulkan 319 poin, sementara Martin memiliki 316 poin. 

Baca juga: Masuki Tahun Kedua, Sirkuit Mandalika Pastikan Persiapan MotoGP 2023 Jauh Lebih Baik

Kemenangan di seri Mandalika dapat membuat Bagnaia membalap jauh Martin yang pada saat ini hanya memiliki selisih 3 poin. Bukan tanpa sebab, juara satu dapat membuat pembalap itu menambah 37 poin.

Martin yang berhasil memenangkan seri Jepang juga enggan melepaskan seri Mandalika begitu saja. Ajang ini menjadi kesempatan bagi dirinya untuk menambah poin dan tidak menutup kemungkinan manyalip Bagnaia.

Sementara itu, Marco Bezzecchi yang merupakan murid Valentino Rossi terancam absen pasca operasi tulang selangka belum lama ini. Jika dinyatakan sehat untuk balapan, pembalap asal Italia itu harus mengejar ketertinggalan poin untuk menjaga posisinya di peringkat ketiga pasca Japan GP.

Di antara ketiga pembalap yang bercokol di tiga besar klasemen sementara, Oliviera dan Marc Márquez menjadi pembalap lainnya yang berpotensi keluar menjadi juara dan patut diperhitungkan. Terlebih, Oliviera adalah pemenang MotoGP Mandalika 2022

Adapun, Marquez dari Repsol Honda Team kemungkinan memiliki pelajaran yang sangat berharga dari seri MotoGP Mandalika 2022 ketika mengalami kecelakaan, sehingga membuatnya keluar dari balapan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)


Sepanjang tahun ini, pembalap asal Spanyol itu baru memiliki poin 64 atau berada di posisi 15 (sementara). Marquez berhasil naik podium di posisi ketiga saat berlaga di seri Jepang pada 29 September – 1 Oktober 2023.

Fabio Quartaro dan Johann Zarco yang pada laga MotoGP Mandalika 2022 berhasil menempati posisi kedua dan ketiga juga tidak menutup kemungkinan mengulang kesuksesan yang sama pada tahun ini pada 13 – 15 Oktober 2023.

Untuk diketahui, Pertamina Mandalika International Circuit memiliki panjang 4,3 kilometer atau 2,67 mil dengan lebar total 15 meter. Jalur lurus terpanjang yang terdapat di sirkuit ini mencapai 723 meter atau 2372,05 kaki.

Adapun, total tikungan yang terdapat di sirkuit itu sebanyak 17 tikungan dengan perincian 11 di antaranya ke kanan dan 6 lainnya ke kiri.

Ada total 27 putaran yang harus dilalui para peserta balap MotoGP di sirkuit ini. Namun, putaran bisa saja dikurangi jika ada arahan dari petugas di pit atau jika bendera merah dikibarkan. Sementara, pembalap Moto3 dan Moto2 masing-masing akan memutari sirkuit sebanyak 20 dan 22 putaran.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cara Berdamai dengan Inner Child Trauma untuk Hidup yang Lebih Tenang

BERIKUTNYA

Mengintip Desain Bandara VVIP di IKN, Usung Konsep Green Airport & Kental Budaya khas Kalimantan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: