Ilustrasi (Sumber gambar: Situs resmi MotoGP)

Cek Aturan Lengkap Nonton MotoGP Mandalika 

18 March 2022   |   15:03 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Gelaran balap motor paling bergengsi MotoGP di Pertamina Mandalika Circuit, Nusa Tenggara Barat, telah berlangsung mulai hari ini (18/3). Acara perdana di Tanah Air itu tentu mendapatkan sorotan dan antusiasme tinggi dari masyarakat khususnya para pencinta balap. 

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi penyebaran virus di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung, pemerintah telah mengeluarkan aturan bagi para penonton balapan. Ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada Penyelenggaraan Mandalika MotoGP. 
 

Jumlah penonton maksimal 100.000 

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA, mengatakan bahwa penonton yang bisa melihat langsung gelaran Sirkuit Mandalika di tempat dibatasi hanya 100.000 orang. 

Disebutkan bahwa jumlah tersebut hanya 10 persen kapasitas keseluruhan jumlah penonton untuk kelas festival. Hal ini dilakukan untuk melakukan pembatasan ketat terkait dengan situasi pandemi virus yang masih aktif. 
 

Tukar tiket & naik bus yang sesuai 

Aturan lain adalah para penonton harus menukarkan tiketnya di ticket box yang telah disediakan panitia. Nantinya, penonton akan mendapatkan gelang yang menandakan tempat duduk sesuai dengan kelas tiket yang dibeli. 

Setelah itu, penonton akan menaiki bus sesuai dengan warna kelas duduk dan dibawa menuju grand stand. Di sana juga akan ada petugas yang nantinya mengarahkan dan memastikan penonton duduk di tempat yang sesuai. 
 

Siapkan PeduliLindungi & protokol kesehatan 

Para penonton juga diwajibkan untuk menunjukkan status PeduliLindungi dan melakukan check-in saat masuk ke grand stand. Selain itu mereka harus menerapkan protokol kesehatan ketat termasuk memakai masker dan menjaga jarak. 
 

Vaksin dosis kedua

Seluruh penonton diwajibkan telah melakukan vaksin dosis kedua serta. Sebelumnya, dinyatakan bahwa penonton juga perlu menunjukkan hasil tes PCR negatif saat akan menonton pertandingan. 

Akan tetapi, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa penonton di Sirkuit Mandalika yang sudah dua kali vaksinasi tidak perlu lagi menjalani tes PCR atau Antigen. Ini berlaku untuk semua penonton, baik dari dalam maupun luar negeri. 
 

Tidak nobar di tenda luar sirkuit 

Masyarakat tidak boleh memasang tenda untuk menonton balapan di luar sirkuit. Bahkan, pemerintah daerah telah diminta melakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan penonton, apabila ada indikasi sakit maka tidak diperkenankan masuk ke sirkuit. 

Penonton yang ingin mendapatkan cenderamata di sekitar Sirkuit Mandalika juga diharapkan tidak sampai masuk ke area booth. Mereka cukup memberikan spesifikasi barang yang diinginkan dan petugas akan melayani. 


Editor : Gita Carla

SEBELUMNYA

Faye Risakotta Ceritakan Bahagianya Jatuh Cinta Lewat Single Ecstasy

BERIKUTNYA

Viral ART Aniaya Anak Asuh, KPAI Sebut Perlu Ada UU ART

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: