Pertamina Mandalika International Circuit. (Sumber foto: Red Bull KTM Factory Racing)

Masuki Tahun Kedua, Sirkuit Mandalika Pastikan Persiapan MotoGP 2023 Jauh Lebih Baik

04 October 2023   |   15:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Memasuki tahun kedua operasional Pertamina Mandalika International Circuit, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika bersiap menyambut ajang MotoGP 2023 yang akan diselenggarakan untuk kedua kalinya pada 15 – 18 Oktober 2023. Kali ini persiapan juga dipastikan lebih matang dari sebelumnya.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola KEK Mandalika telah melakukan sejumlah persiapan seperti pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur jalan kawasan sepanjang 35 kilometer, kantong-kantong parkir berkapasitas 7.888 mobil & motor, gate kawasan, dan pembangunan landmark baru Mandalika, Kuta Lane.

Baca juga: Kesempatan Emas, Tiket MotoGP Mandalika Didiskon Sampai 50 Persen

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menuturkan bahwa persiapan Pertamina Mandalika International Circuit untuk mengadakan Indonesia GP 2023 hampir mencapai 100 persen. Saat ini, berbagai persiapan telah dilakukan, dari perbaikan lintasan, kesiapan marshal, medical centre, fasilitas paddock, grandstand, sampai inner-circuit.

Dengan persiapan itu, segala bentuk keluhan yang muncul dalam penyelenggaraan tahun sebelumnya seperti macet dipastikan tuntas pada tahun ini. 

MGPA bersama Roadgrip Ltd telah memulai pengecatan ulang kerb dan area run-off sirkuit.  Dari total are seluas 27.380 meter persegi, pengecatan ulang telah mencapai sekitar 22.000 meter persegi. Selain itu, MGPA juga melakukan pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai permintaan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), serta timing system.

MGPA juga telah melakukan pelatihan bagi marshal yang akan bertugas selama balapan. Tercatat, 402 marshal yang 95 persennya berasal dari warga lokal telah siap untuk bertugas. 

Dari segi kesiapan layanan kesehatan, MGPA juga telah bekerja sama dengan RSUD Provinsi NTB dalam menyiapkan penyediaan peralatan medis yang lengkap seperti ambulans, menyediakan tim medis yang berpengalaman serta fasilitas perawatan darurat.

Sementara di area paddock, MGPA terus berkoordinasi dengan Dorna Sports SL untuk menyiapkan layout dan berbagai fasilitas sebagai pusat operasi bagi tim balap, termasuk paddock facilities lainnya seperti media center, relaxing zone, dan team office.


Tiket Terjual 80 Persen

Antusiasme masyarakat terhadap ajang MotoGP yang diadakan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat tinggi. Tiket ajang yang akan berlangsung pada 15 – 18 Oktober 2023 itu di Pertamina Mandalika International Circuit sudah terjual lebih dari 80 persen.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati menuturkan bahwa tiket MotoGP Mandalika pada saat ini hanya tersisa 15 persen – 18 persen dari total yang disediakan.

"Masyarakat yang belum membeli tiket dapat segera melakukan pembelian untuk menonton langsung di Mandalika dan memperpanjang liburan untuk menikmati keindahan Lombok lebih lama,” katanya.

Di sisi lain, Garuda Indonesia akan menyediakan tambahan jadwal penerbangan (extra flight schedule) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) ke Bandara Internasional Lombok (LOP) dan arah sebaliknya pada 12-14 Oktober 2023 dan 16-17 Oktober 2023.

Garuda Indonesia akan menyediakan total 68 jadwal penerbangan dan 7 penerbangan dengan kapasitas pesawat lebih besar selama periode tersebut.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pentingnya Menjaga Nutrisi Selama Kehamilan Untuk Cegah Stunting

BERIKUTNYA

Yuk Jajal Resep Buko Pandan, Dessert Manis dan Creamy dari Filipina

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: