Francesco Bagnaia menempati posisi pertama dengan poin 258 (Sumber gambar: tangkapan layar Instagram @pecco63)

Francesco Bagnaia Punya Kans Besar Jadi Juara Dunia MotoGP 2022

31 October 2022   |   12:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

MotoGP Valencia akan diselenggarakan pada Minggu, 6 November 2022 di Circuit Ricardo Tormo. MotoGP Valencia. Ajang ini menjadi race terakhir sekaligus menjadi penentu juara dunia MotoGP 2022. Francesco Bagnaia memiliki peluang besar menjadi juara dunia MotoGP 2022. 

Sebagaimana dilansir dari laman motogp.com, pembalap dari Ducati Lenovo Team asal Italia ini untuk sementara menempati posisi teratas dengan perolehan 258 poin. Sementara di posisi kedua ada pembalap asal Prancis dari tim Monster Energy Yamaha, yakni Fabio Quartararo dengan peroleh poin sebesar 235.

Sementara itu, di posisi ketiga dan keempat masing-masing adalah Aleix Espargaro dari Aprilia Racing dengan 212 poin, dan Enea Bastianini dari Gresini Racing MotoGp dengan perolehan 211 poin sampai laporan ini dipublikasikan.

Baca juga: Pulih dari Cedera, Aleix Espargaró akan turun di MotoGP Austria Akhir Pekan Ini

Fracesco Bagnaia berhasil memuncaki klasemen sementara ajang MotoGP setelah memenangkan balapan di MotoGP Sepang, Malaysia yang berlangsug pada Minggu, 23 Oktober 2022. Sang pembalap berhasil memperoleh poin 25, dan membuat poin keseluruhan mencapai 258 poin.

Bagnaia memiliki peluang besar menjadi juara dunia jika dibandingkan dengan Quartararo yang berada di posisi kedua atau pun pembalap lainnya.

Bagnaia hanya membutuhkan 3 poin atau finis di urutan 13 untuk menjadi juara dunia dalam sistem perolehan poin ajang MotoGP. Dengan perolehan 3 poin itu, sang pembalap akan mengantongi total 261 poin.

Pembalap Quartararo tidak akan bisa melampaui poin yang dimiliki oleh Bagnaia meskipun finis di urutan pertama di MotoGP Valencia. Dengan finis di urutan pertama sekali pun, Quartararo hanya mengantongi 260 poin setelah memperoleh poin 25.

Quartaro dapat menjadi juara dunia dengan finis di posisi pertama MotoGP Valencia jika Bagnaia jatuh atau finis di urutan yang tidak memungkinkannya memperoleh nilai, atau berada di posisi kelima belas sehingga hanya mendapatkan satu poin.

Untuk diketahui, ajang MotoGP Valencia diadakan setiap tahun di sirkuit Ricardo Tormo sejak kejuaraan ini diselenggarakan di Spanyol pada 1999, tepat ketika pembangunannya selesai.

Di sirkuit yang memiliki kapasitas 150.000 penonton ini memiliki dua tikungan yang dinamai dengan pembalap asal Spanyol, yakni Jorge Martinez Aspar dan Angel Nieto.

Penamaan dua tikungan dengan nama pembalap itu lantaran kedua pembalap dinilai memiliki kontribusi signifikan terhadap MotoGP di Spanyol dan negara lainnya.

Pembalap yang pernah menjadi juara sebanyak empat kali di MotoGP Valencia antara lain Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Sementara itu, pembalap Marc Marquez tercatat memperoleh kemenangan sebanyak 2 kali.

Baca juga: Jadi Juara MotoGP Mandalika, Miguel Oliveira Dedikasikan Kemenangan untuk Risman Staf Hotel di Lombok

Pada MotoGP Valencia 2021, Bagnaia juga tercatat menempati urutan pertama di ajang ini. Tidak hanya itu, sang pembalap bahkan mencatatkan rekor tercepat kedua di bawah rekor Jorge Lorenzo yang dicatat pada 2016 silam.

Bagnaia, dalam laman motogp.com, berhasil mencatatkan waktu 1’31,042 dengan kecepatan 158,3 pada tahun lalu.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Intip Bocoran Spesifikasi Realme 10 yang Segera Masuk Indonesia

BERIKUTNYA

Elon Musk Bakal Tagih Langganan Akun Centang Biru di Twitter, Segini Harganya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: