WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan yang banyak digunakan orang. (Sumber gambar: Unsplash/Christian Wiediger)

Daftar Ponsel Android yang Tidak Bisa Memakai WhatsApp Mulai 24 Oktober 2023

06 October 2023   |   08:14 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Bagi kalian pengguna gawai pintar dengan sistem operasi Android perlu melakukan pembaruan. WhatsApp hanya akan bisa beroperasi di OS Android versi 5.0 atau yang lebih tinggi mulai 24 Oktober 2023. “Mulai 24 Oktober 2023, hanya OS Android versi 5.0 dan yang lebih baru yang akan didukung,” demikian tertulis.

Dikutip dari laman perusahaan, pada saat ini, aplikasi yang identik dengan warna hijau itu masih dapat digunakan di gawai pintar dengan sistem operasi atau operating system (IOS) Android 4.1 atau yang lebih baru.

Baca juga: Saingan Zoom Meeting, Begini Cara Menggunakan Fitur Screen Sharing di WhatsApp

Perusahaan menuliskan secara rutin menghentikan dukungan terhadap sistem operasi yang lebih lama dan mengarahkan sumber daya yang dimiliki oleh WhatsApp untuk mendukung sistem operasi terbaru untuk mengikuti kemajuan teknologi paling anyar.

WhatsApp akan melakukan pemberitahuan dan mengingatkan beberapa kali pengguna untuk meningkatkan perangkat agar dapat terus menggunakannya jika menghentikan dukungan terhadap sistem operasi yang digunakan.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 5 miliar orang itu mengungkapkan kerap melakukan peninjauan secara berkala sistem operasi yang akan didukung lantaran perangkat keras dan perangkat lunak sering mengalami perkembangan.

“Seperti perusahaan teknologi lainnya, setiap tahun kami meninjau perangkat dan perangkat lunak mana yang paling lama dan memiliki jumlah pengguna paling sedikit untuk menentukan dukungan apa yang akan dihentikan,” demikian tulis WhatsApp.

Mereka menuliskan bahwa perangkat tersebut mungkin juga tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi WhatsApp.

Dirangkum dari laman Google, terdapat sejumlah langkah yang dapat dijalankan oleh para pengguna gawai pintar dengan sistem operasi Android guna melakukan pembaruan. Pertama adalah dengan masuk ke pengaturan.

Setelah itu, pemilik gadget bisa mengetuk Tentang Ponsel. Setelah itu, pilih versi android. Kalian bisa memeriksa pembaruan untuk memperbaruinya. Jika terdapat update, Genhype akan mendapatkan arahan untuk melakukan sejumlah langkah.

Untuk diketahui, selain gawai pintar dengan sistem operasi Android, aplikasi WhatsApp juga bisa digunakan di iOS 12 dan yang lebih baru atau KaiOS 2.5 atau lebih tinggi.

Terkait iOS, WhatsApp menyarankan agar pemilik gawai pintar tidak menggunakannya dalam perangkat yang di-jalibreak atau dimodifikasi perusahaan tidak secara eksplisit melarang penggunaan gawai yang dimodifikasi.

“Namun, kami tidak dapat memberikan dukungan untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi iPhone versi yang dimodifikasi karena pengubahan seperti ini dapat memengaruhi fungsionalitas perangkat Anda,” demikian tertulis.

Kemudian, device harus dapat menerima SMS atau panggilan untuk mengatur akun WhatsApp baru dengan benar selama proses verifikasi. Perusahaan tidak mendukung pengaturan akun baru pada perangkat yang hanya menggunakan WiFi.

Baca juga: Sering Lupa Daftar Barang Belanjaan? Manfaatkan Fitur Whatsapp Ini Saja

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Hal-hal yang Tak Pernah Mati dari Max Havelaar dalam Pameran The Book That Killed Colonialism

BERIKUTNYA

Sinopsis Loki Musim Kedua, Perjalanan Sang Dewa Melawan Kang the Conqueror

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: