Ilustrasi penyanyi. (Sumber gambar: Thiago Borrere/Unsplash)

Industri Musik Berkembang Pesat, Candra Darusman: Bermusik Dianggap Profesi yang Menjanjikan

06 October 2023   |   10:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Industri musik di Indonesia berkembang sangat pesat dan memberikan pengaruh yang besar bagi penikmat musik dalam negeri. Gencarnya tranformasi dari rilisan fisik menjadi digital, turut menghadirkan nama-nama penyanyi baru dari seluruh daerah Nusantara yang sanggup bersaing dengan para musisi senior.
 
Pada saat yang bersamaan, bermunculan juga banyak genre baru yang mewarnai industri musik, menyajikan warna yang berbeda dengan referensi musik yang segar, sehingga membuat belantika musik Indonesia jadi semakin beragam.
 
Perkembangan ini juga tercermin dalam ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023. Tahun ini, ada sebanyak 4.858 lagu yang terdaftar dalam AMI Awards 2023, yang berupa karya produksi single maupun album yang dirilis secara komersil pada periode 1 Juli 2022 hingga 30 Juni 2023.

Baca juga: Candra Darusman Beberkan Proses Penilaian & Penentuan Pemenang AMI Awards
 
Seluruh lagu tersebut berasal dari berbagai macam genre musik yang melibatkan musisi senior hingga pendatang baru. Jumlah lagu yang terdaftar itu meningkat dari tahun lalu yang tercatat sebanyak 4.156 lagu. Ada penambahan sebanyak 702 lagu yang terdaftar hanya dalam kurun waktu satu tahun.
 
Komposer sekaligus Ketua Umum AMI Candra Darusman mengatakan antusiasme musisi dengan AMI Awards tahun ini sudah dimulai sejak dibukanya pendaftaran lagu secara online pada 15 Mei 2023 dan terus berlanjut hingga ke akhir penutupan pendaftaran pada 8 Juli 2023. 
 
Menurutnya, pertumbuhan itu menjadi semacam penanda bahwa bermusik tampaknya telah dianggap sebagai salah satu bidang karier yang serius dan menjanjikan. Meskipun, dalam pandangannya, hanya sekitar 10 persen penyanyi pendatang baru yang bisa sukses di industri musik dalam negeri. 
 
"Tapi kalau punya bakat, talenta, dan serius juga profesional itu [bermusik] bisa menjadi profesi. Maka dari itu banyak anak muda yang tergiur," kata musisi berusia 66 tahun itu.
 
Candra menilai pesatnya berkembangan industri musik saat ini menciptakan tantangan yang besar pula bagi kalangan penyanyi untuk mencapai kesuksesan dalam karier mereka. Terlebih, dengan adanya sejumlah platform seperti YouTube dan TikTok, membuat industri musik terus melahirkan talenta-talenta baru berbakat. "Jadi walaupun menjanjikan tapi persaingannya semakin ketat," imbuhnya.
 
Oleh karena itu, pelantun lagu Kekagumanku itu berpesan kepada para penyanyi muda agar senantiasa bekerja keras, kreatif, dan pintar membawa diri. Sebab, kata Candra, untuk menjadi penyanyi dengan jam terbang yang panjang, harus memiliki pergaulan yang baik. "Jadi selain hard skill, soft skill juga penting," ucapnya.
 

Ilustrasi penyanyi. (Sumber gambar: Thiago Borrere/Unsplash)

Ilustrasi penyanyi. (Sumber gambar: Jisu Han/Unsplash)

Sementara itu, AMI Awards tahun ini akan dihelat pada 8 November 2023 mendatang. Tahun ini, AMI Awards memasuki penyelenggaraannya yang ke-26 . Ajang tahunan itu secara konsisten memberikan apresiasi atas prestasi luar biasa dari karya musik para musisi terbaik Tanah Air.
 
Dari hasil sidang kategorisasi AMI yang berlangsung pada 18 Juli-3 Agustus 2023 yang dilakukan secara offline dan online, ditetapkan sebanyak 62 kategori nominasi. Tahun ini, daftar itu juga mendapatkan penambahan dan penyempurnaan dengan hadirnya enam kategori baru. 
 
Keenam kategori tersebut yakni Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Koplo Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Melayu Terbaik, Karya Orkestral Terbaik, Album Film Scoring Terbaik, Album Musikal Terbaik, dan Album Alternatif Terbaik.
 
Adapun, jumlah kategori tersebut meningkat dari AMI Awards 2022 yang mencatatkan 57 kategori nominasi dengan 6 tambahan kategori baru.
 
Tekait hal itu, Candra menjelaskan AMI Awards selalu bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan musik di Tanah Air. Hal itu tercermin dari jumlah kategori nominasi yang kerap berubah, ada kategori yang ditambahkan ataupun dihilangkan.
 
Hanya sekitar 50 kategori nominasi yang konsisten selalu ada dalam setiap gelaran AMI Awards, sedangkan sekitar 10-15 kategori berubah mengikuti perkembangan musik yang dinamis. 
 
Adapun, gelaran AMI Awards 2023  mengusung tema Merayakan Perbedaan yang akan menjadi pesta musik Indonesia dengan keberagaman musik dan genre yang ada pada saat ini. Acara malam puncak penghargaan AMI Awards tahun ini akan diselenggarakan pada 8 November 2023.
 
"Musik adalah jembatan yang dapat menghubungkan segala perbedaan rasa dan pemikiran. Musik mempersatukan kita semua dengan hati yang jernih. Mari merayakan perbedaan, sekaligus saling menghargai dengan bermusik," kata Candra.

Baca juga: Simak Daftar Lengkap Nominasi AMI Awards 2023, Ada 62 Kategori

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Penikmat Kopi Wajib Tahu, Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

BERIKUTNYA

Konser Tribute to Maria Callas Siap Digelar, Ini Tip Menonton Opera untuk Pemula

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: