Ilustrasi guru mengajar (Sumber gambar: Unsplash/Kenny Eliason)

Kumpulan Ucapan Hari Guru Sedunia, Cocok untuk Caption Media Sosial

05 October 2023   |   07:40 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setiap tahunnya, Hari Guru Sedunia atau World Teachers’ Day selalu diperingati pada 5 Oktober. Tujuan peringatan Hari Guru Sedunia ialah untuk memberikan dukungan kepada para pengajar atas peran pentingnya dalam mencerdaskan generasi masa depan bangsa.

Hari Guru Sedunia pertama kali dideklarasikan oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) pada 1994. Lalu, peringatan tahunan ini makin populer setelah pada 1996, rekomendasi mengenai Status Guru disahkan.

Hal itu telah mengubah banyak hal pendidikan. Rekomendasi Status Guru menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru, standar persiapan awal dan pendidikan lanjutan, perekrutan, pekerjaan, dan kondisi belajar mengajar mereka. Hal ini makin ditambah setelah rekomendasi tentang Status Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi juga diadopsi pada 1997.

Baca juga: Menilik Sejarah Hari Guru Sedunia & 5 Cara Unik Merayakannya

Melansir dari UNESCO, tema perayaan Hari Guru Sedunia tahun ini adalah the teachers we need for the education we want: The global imperative to reverse the teacher shortage atau Guru yang kita perlukan untuk pendidikan yang kita inginkan: Keharusan global untuk mengatasi kekurangan guru.

Tema tersebut dipilih untuk menekankan pentingnya menghentikan penurunan jumlah guru di seluruh dunia. Sebab, setiap negara mestinya mulai fokus pada masalah tersebut dan berupaya meningkatkan jumlahnya secara bersama-sama.

Sebagai agenda utama global, berbagai kegiatan, termasuk advokasi profesi guru yang bermartabat dan bernilai, analisis tantangan mereka, dan memotivasi guru dan pendidik mesti juga digalakkan. Hal ini jugua akan mengkaji cara-cara di mana sistem pendidikan, masyarakat, komunitas, dan keluarga mengenali dan menghargai peran guru.

Walaupun demikian, Hari Guru Sedunia juga bisa dilakukan dengan cara sederhana, yakni mengirim ungkapan terimakasih kepada para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Ucapan tersebut juga bisa kamu bagikan sebagai status dan caption di media sosial, seperti Instagram, X, Facebook, hingga WhatsApp.

Berikut adalah kumpulan ucapan Hari Guru Sedunia yang cocok untuk dijadikan caption unggahan media sosial.
  • Guru terbaik tidak memberikan dirimu jawaban, mereka menyulut keingintahuan para siswa untuk menemukan jawabannya sendiri. Selamat Hari Guru!
  • Di setiap kesuksesan seseorang, pasti selalu ada peran guru yang begitu besar dibaliknya. Terima kasih guru, Selamat Hari Guru Sedunia!
  • Selamat Hari Guru Sedunia, terima kasih telah memberi penerangan dan menuntun jalan menuju kesuksesan.
  • Karena guru, masa depan saya bisa saya raih. Terima kasih atas semua dedikasi semua guru di Indonesia
  • Guruku pahlawanku, guruku inspirasiku, teruslah memberikan teladan bagi murid-murid dan masyarakat!
  • Hargailah setiap guru, amalkan ilmu bermanfaat darinya dengan bijak. Selamat Hari Guru Sedunia 5 Oktober 2023!
  • Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang senantiasa memberikan secercah ilmu kepada para generasi bangsa. Terima kasih telah membimbing dan menuntun kita semua. Selamat Hari Guru Sedunia!
  • Terima kasih kepada para bapak dan ibu guru yang senantiasa sabar dalam mendidik dan membimbing kami. Jasamu begitu besar dan tak akan pernah kami lupakan.
  • Setiap guru seperti sosok pelita dalam kegelapan. Guru telah menyelamatkan dan menuntun kita semua pada cahaya pengetahuan yang agung. Selamat Hari Guru Sedunia!
  • Guru adalah  kompas yang mengarahkan kita semua pada kehidupan yang lebih baik. Terima kasih atas kesabaran dan cinta selama mendidik kami
  • Selamat Hari Guru Sedunia. Mari kita merayakan orang-orang istimewa yang memberikan kita pengetahuan dengan gembira. Terima kasih atas petunjuk dan bimbingannya selama ini bapak dan ibu guru
  • Dalam perjalana kehidupan, guru selalu jadi pendorong utama kesuksesan. Kami akan selalu mengenang dan menghormati jasa-jasa abadimu.
  • Doa paling tulus untuk semua guru di dunia. Semoga bapak dan ibu guru senantiasa mendapatkan kehidupan yang menyenangka dan dipenuhi kebahagiaan.
  • Terima kasih guru. Saya bersyukur pernah menjadi muridmu. Tak akan pernah ada kesuksesan tanpa jasa-jasa dari guru.
  • Guru terbaik adalah yang mengajar dari hati dan membuat setiap anak didiknya seperti kehausan akan pengetahuan. Selamat Hari Guru Sedunia!

Baca juga: Sambut Hari Guru Sedunia, Ini 7 Ide Kado Unik Untuk Apresiasi Gurumu!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla.

SEBELUMNYA

Desain Peralatan Kamar Mandi yang Kompak Menjadi Penting Bagi Masyarakat Urban

BERIKUTNYA

Kutu Busuk Menyerang Paris, Bagaimana Cara Menanggulanginya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: