Suasana di ruang kelas. (Sumber gambar : Freepik/Gpointstudio)

Menilik Sejarah Hari Guru Sedunia & 5 Cara Unik Merayakannya

05 October 2022   |   10:04 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Seperti istilah, guru menjadi pelita dalam kegelapan. Mereka mengajarkan dan membimbing kita bagaimana menulis, membaca, dan memperdalam ilmu pengetahuan. Jasanya memang sangat besar dalam kehidupan. Untuk menghormati jasa ini, maka setiap 5 Oktober 2022, diperingati sebagai Hari Guru Sedunia.

Sejarahnya bermula pada 1994. Ketika itu, The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) memproklamirkan 5 Oktober sebagai hari guru sedunia. Lembaga ini ingin membantu guru mendapat haknya dan menciptakan kesadaran betapa pentingnya guru untuk generasi di masa depan

Berlanjut pada 5 Oktober 1996. Konferensi antara antar pemerintah yang diselenggarakan di Paris, mengadopsi rekomendasi dari Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) dengan UNESCO tentang status guru. Rekomendasi mengenai status tenaga pengajar pendidikan tinggi diadopsi pada 1997 untuk melengkapi rekomendasi 1966.

Baca juga: Hari Guru Nasional 2021: Yuk Kenalan dengan Sosok Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional

Hari ini menjadi kesempatan untuk menyelesaikan masalah tentang profesi guru dan mengakui hak serta tanggung jawab mereka.

Dalam pernyataan bersama dari Unesco, ILO, Unicef dan Education International mengatakan pada Hari Guru Sedunia, mereka menyerukan kepada negara-negara untuk berinvestasi dan memprioritaskan guru dalam upaya pemulihan pendidikan global. Dengan demikian, setiap pelajar memiliki akses kepada guru yang memenuhi syarat dan berkualitas. 

Berlangsung sudah 28 tahun, tema Hari Guru Sedunia kali ini adalah Transformasi Pendidikan dimulai dari Guru. Setidaknya 100 negara merayakan Hari Guru Internasional ini. 

Buat kamu yang ingin merayakan Hari Guru Sedunia, berikut rekomendasi dari Hypeabis.id yang bisa kamu coba. 


1. Beri hadiah

Kamu dapat menunjukkan apresiasi terhadap jasa guru dengan memberikan hadiah. Tidak perlu mewah, kartu ucapan sederhana atau surat yang menggambarkan perasaan terima kasih kamu akan sangat berarti  bagi mereka. 

Kamu juga bisa menuangkan gambar buatan sendiri dan alternatif lainnya yakni menuliskan puisi. Dijamin ini akan dikenang guru kesayangan kamu dan membuat mereka bahagia karena dihargai. 



2. Nyatakan cinta

Bukan dalam harfiah menyatakan cinta seperti seorang pasangan. Dalam hal ini kamu bisa bekerja sama dengan teman sekelas seperti menggunakan kaos putih yang berisi kekaguman kamu kepada guru. Biar lebih berkesan, tampilkan wajah mereka di kaos itu disertakan mengapa kamu mengagumi sosok itu. 

Alternatif lain, kamu,rekan-rekan, maupun orang tua bisa membuat video yang mengungkapkan rasa terima kasih dan kekaguman kamu kepada guru. Putarkan di kelas dan posting di media sosial. Jadi lebih berkesan bukan?



3. Siapkan kudapan

Kamu bisa bekerja sama dengan orang tua untuk menyiapkan katering untuk guru di sekolah hari ini. Atau, kamu bisa bekerja sama dengan rekan sekelas untuk sekadar menyiapkan kopi atau teh dengan kudapan seperti donat di meja mereka.  



4. Perlakukan seperti raja atau ratu

Menjadi guru memiliki tingkat stres yang tinggi, melelahkan, dan membuat frustrasi. Mereka setiap hari harus menghadapi ratusan murid dengan sikap dan kepribadian yang berbeda-beda. Belum lagi ketika mereka harus mendamaikan kamu yang sering buat masalah.

Pada Hari Guru Sedunia ini, coba lebih memanjakan mereka. Bersikaplah manis dan jadikan dia sebagai raja atau ratu dengan cara sederhana pun bisa. Sebagai contoh memberi pijatan di bahu untuk mengatasi lelah mereka, membantu membawakan tas dan buku tugas ke kantor guru, atau sekadar mengambilkan air minum.  

Ini menjadi cara yang bagus untuk membiarkan guru mengetahui bahwa kerja keras mereka tidak luput dari perhatian kamu.



5. Tukar peran

Mungkin agak nyeleneh, tapi bertukar peran sesaat dengan para guru bisa jadi cara seru merayakan Hari Guru Sedunia. Seperti membuat pangugung teater kecil, kamu dan teman-teman bergantian bisa berpura-pura mengajar seperti guru favorit. Sementara guru kamu duduk menyaksikan di bangku murid. Ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menguatkan ikatan antara siswa dan guru. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mengenal Alat Musik Kalimba, Cara Memainkan & Manfaatnya untuk Tubuh

BERIKUTNYA

Cek Jadwal Tampil Musisi di Synchronize Festival 2022 Akhir Pekan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: