Ilustrasi buko pandan. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Yuk Jajal Resep Buko Pandan, Dessert Manis dan Creamy dari Filipina

04 October 2023   |   07:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sebagian dari Genhype mungkin sudah pernah mendengar atau bahkan mencicipi Buko Pandan. Makanan pencuci mulut  ini memang mulai dikenal dan dijual di berbagai daerah di Indonesia. Dessert satu ini memadukan aroma pandan dan kesegaran air kelapa, serta tekstur creamy yang manis dan gurih dari kental manis dan krim.

Buko Pandan adalah hidangan penutup khas dari Filipina. Buko Pandan sendiri mempunyai arti kelapa muda. Minuman ini umumnya terbuat dari campuran air serta buah kelapa muda, kental manis, agar-agar rasa pandan, dan mutiara sagu. Beberapa diantaranya ada juga yang menambahkan nata de coco dan kolang-kaling.

Baca juga: Berkreasi Membuat Dessert Matcha Latte Pie ala Chef Ami

Sajian manis satu ini biasanya dinikmati sebagai camilan tengah hari atau pencuci mulut manis setelah makan. Selain itu, Buko Pandan juga biasanya dihidangkan untuk momen pesta liburan dan acara-acara khusus lainnya.
 

Dalam membuat Buko Pandan, ada baiknya jika kalian memilih buah kelapa agak tua karena biasanya menyimpan daging kelapa yang lebih tebal dan banyak. Namun, jangan pilih kelapa yang terlalu tua atau berwarna coklat, karena biasanya dagingnya akan terlalu keras dan rasanya tidak enak. Jika tidak ada buah langsung, kalian juga bisa membeli buah kepala kalengan.

Selain itu, bahan yang juga wajib ada dalam Buko Pandan ialah daun pandan itu sendiri, untuk memberikan aroma serta warna. Termasuk, agar-agar atau jeli berwarna hijau, krim, serta kental manis yang ditambahkan sebagai pemanis. Adapun, beberapa bahan pendamping Buko Pandan bisa berupa sagu mutiara, nata de coco, dan kolang-kaling.

Buko Pandan tentunya bisa menjadi pilihan dessert yang enak sebagai teman camilan di rumah. Segelas Buko Pandan memberikan sensasi rasa segar, manis, sekaligus lembut yang bisa melepas dahaga. Terlebih, membuat Buko Pandan juga terbilang mudah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasaran.

Berikut ini adalah resep Buko Pandan Creamy yang bisa kalian coba.
 

Resep Buko Pandan Creamy (untuk 2-4 gelas)

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus bubuk agar-agar hijau/rasa kelapa
  • 500 ml air kelapa/biasa
  • 1 kaleng susu evaporasi
  • 140 gram kental manis
  • 250 ml air
  • 80 gram santan cair/krimer bubuk
  • 5 sdm gula pasir
  • Pasta pandan secukupnya
  • Sagu mutiara yang sudah direbus secukupnya
  • Nata de coco secukupnya
  • Daging kelapa muda secukupnya
  • Satu lembar daun pandan


Cara Membuat:

  1. Masak agar-agar atau jeli terlebih dahulu sesuai instruksi dalam kemasan. Siapkan wadah lalu masukkan 1 bungkus bubuk jeli kelapa, 5 sdm gula pasir, dan 500 ml air kelapa atau biasa.
  2. Tambahkan pasta pandan secukupnya dan selembar daun pandan lalu aduk. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih lalu masukkan dalam loyang dan diamkan hingga mengeras.
  3. Jika sudah mengeras, potong agar-agar dengan ukuran kotak kecil lalu sisihkan.
  4. Untuk membuat kuah, siapkan wadah lalu masukkan 1 bungkus santan bubuk dan 250 ml air matang kemudian aduk hingga tercampur merata.
  5. Dalam wadah terpisah, masukkan 1 kaleng susu evaporasi dan tambahkan sekitar 145 ml kental manis lalu aduk merata. Tambahkan larutan santan sebelumnya kemudian aduk kembali.
  6. Jika sudah, masukkan seluruh isian Buko Pandan seperti buah kelapa, agar-agar, sagu mutiara, dan nata de coco. Tambahkan sedikit pasta pandan agar warna kuah lebih hijau. 
  7. Sebelum dinikmati, masukkan Buko Pandan ke dalam kulkas. Tuang Buko Pandan yang sudah dingin ke dalam gelas lalu tambahkan dengan taburan keju parut agar lebih nikmat. Buko Pandan Creamy pun siap dinikmati.

Baca juga: Resep Odading Pandan Cocok untuk Sajian Berbuka Puasa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Masuki Tahun Kedua, Sirkuit Mandalika Pastikan Persiapan MotoGP 2023 Jauh Lebih Baik

BERIKUTNYA

Daftar Lengkap Pemain Bangku Kosong: Ujian Terakhir, Reboot Film Horor Populer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: