Menggunakan masker saat beraktifitas di luar ruangan. (Sumber gambar: Pille L Priske/ Unsplash)

4 Cara Menjaga Kesehatan saat Cuaca Ekstrem

01 October 2023   |   12:17 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Like
Dalam beberapa waktu terakhir beberapa daerah mengalami cuaca panas yang disertai angin kencang. Keadaan ini merupakan imbas dari  fenomena El Nino yang melanda seluruh dunia. Salah satu daerah yang terkena merasakan efek dari perubahan cuaca ini adalah daerah ibu kota. 
 
Dilansir dari situs Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, El- Nino merupakan salah satu perubahan cuaca yang disebabkan oleh meningkatnya suhu perairan Pasifik yang berdampak pada tingginya suhu dan atmosfer diatas permukaan laut. Dengan meningkatnya suhu udara menyebabkan sulitnya pembentukan awan sehingga mengurangi curah hujan. Selain itu dampak lainnya merupakan meningkatnya tekanan angin setiap harinya. 

Baca juga: Cek Rangkaian Cara Merawat Kulit di Tengah Cuaca Ekstrem
 
Akhir-akhir ini, intensitas angin mengalami peningkatan yang signifikan dan suhu yang mencapai  36 derajat C.  Angin kencang  dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada properti.

Selain itu, paparan sinar matahari yang lebih panas dan disertai angin kencang dari biasanya dapat   penurunan imun dalam tubuh. Sehingga berakibat fatal pada penyakit seperti, meningkatnya infeksi risiko pernafasan akibat virus dan udara kotor yang dibawa oleh angin.
 
Untuk mengatasi masalah tersebut, dr. Kristina Pareira, merekomendasikan beberapa tip kesehatan dalam menghadapi cuaca buruk. Berikut beberapa  tip menjaga kesehatan di tengah angin kencang dan cuaca panas.
 

1. Mengonsumsi makanan sehat

Tubuh manusia membutuhkan asupan makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Dengan mengonsumsi makanan sehat tubuh akan lebih fit menjalani aktivitas, selain itu makanan sehat juga dapat menjaga imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah buah-buahan yang mengandung vitamin C dan juga sayuran hijau. Selain itu kalian wajib mengkonsumsi air sebanyak 2 liter per harinya.
 

2. Kurangi aktivitas di luar ruangan

Bagi kalian yang tidak memiliki aktivitas urgent di luar ruangan, sebaiknya dapat menghabiskan waktu di dalam rumah bersama keluarga. Hal ini agar mengurangi risiko terpapar zat beracun yang terbawa oleh angin. Selain itu, jika   beraktivitas di luar ruangan, kalian wajib menggunakan masker agar terhindar dari partikel polusi dan juga debu yang berterbangan. 
 

3. Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar

Tubuh yang bersih merupakan investasi kesehatan yang dapat dilakukan dan diterapkan sejak anak usia dini. Kebersihan tubuh juga berfungsi agar tubuh terhindar dari pertumbuhan bakteri dan membantu mengurangi risiko terserang penyakit lainnya.

Selain kebersihan badan, kalian juga wajib memperhatikan lingkungan sekitar, memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal dapat dilakukan dengan membuang sampah pada tempatnya agar tidak terjadi  penumpukan. Hal ini agar, aroma dari sampah tidak mencemari udara akibat terbawa oleh angin.
 

4. Mengatasi stres

Salah satu komponen kesehatan lainnya yang perlu diperhatikan saat cuaca buruk adalah mengelola stres dengan baik. Saat kondisi mental dan psikis berada pada keadaan normal dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit lain seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, strok, hingga menyebabkan kematian.

Mengolah stres saat cuaca buruk di fokuskan saat kalian menghabiskan waktu dalam ruangan, biasnaya seseorang akan mudah stres apabila hanya  berdiam diri dan tidak melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Itulah 4 tip kesehatan yang dapat kalian perhatikan ketika menghadapi perubahan cuaca khususnya saat angin kencang dan juga suhu udara yang sangat panas. Selain kesehatan, bagi kalian yang melakukan perjalanan sebaiknya memperhatikan kondisi jalan yang akan dilewati agar tidak terjadi hal-hal buruk seperti pepohonan yang tumbang. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

10 Orang Terkaya di Asia, Mukesh Ambani Tetap Unggul

BERIKUTNYA

5 Rukun Agar Musisi Indi Terus Eksis Ala Pamungkas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: