Ilustrasi perawatan wajah. (Sumber gambar: Engyi Akyurt/Unsplash)

Tip Merawat Kulit Wajah agar Tetap Sehat

29 September 2023   |   20:19 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Like
Memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat sangatlah penting bagi banyak orang. Untuk mencapai hal ini, konsumen perlu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit mereka. Dengan cara ini, mereka dapat mengatasi masalah kerusakan kulit secara efektif, mulai dari akar permasalahannya.
 
Kepada tim Hypeabis.id, Hira Listya Pinastika,  seorang R&D skin care formulator, menjelaskan beberapa masalah kulit yang sering terjadi, misalnya penuaan dini, kulit wajah yang kusam, dan  lapisan wajah yang kekurangan oily sehingga terlihat kering.

Baca juga: 7 Cara Merawat Kulit Wajah Tetap Sehat Ala Spesialis Kecantikan
 
“Mungkin bisa dilihat dari tanda-tandanya. Tanda-tanda yang bisa dilihat seperti kulit yang  kusam dan kering. Sebenarnya kan kulit itu memiliki regenerasi alami, jadi kulit mati itu pasti akan hilang dengan sendirinya atau secara natural.Namun, ketika proses ini terganggu, kulit bisa menjadi kusam dan regenerasinya terhambat,” jelas Hira.
 
Sebagian dari kalian mungkin tidak menyadari, bahwa saat melakukan aktifitas diluar ruangan kulit lebih rentan terhadap permasalahan.  Beberapa penyebab  kerusakan kulit adalah partikel bebas yang berbahaya seperti merkuri yang terbang bersamaan dengan polusi udara yang semakin meningkat.

Selain faktor eksternal tersebut, kerusakan kulit juga dapat terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat atau menggunakan produk kecantikan yang tidak bersih.

“Kalau eksternal mungkin, debu, polusi, UV, dan blue light gadget itu pun menjadi penyebab dari luar yang dapat mempengaruhi kerusakan kulit, karena dia terpenetrasi ke dalam kulit. Kalau penyebab dari dalam itu banyak, kayak hormon, siklus menstruasi, konsumsi makanan tidak sehat, dan juga stres bisa memengaruhi,” terang Hira.
 
Lantas perawatan seperti apa yang harus dilakukan? Hira menjelaskan bahwa  dalam merawat kulit wajah kalian harus mengetahui terlebih dahulu seumber masalah, misalnya kulit wajah yang terlalu kering dan juga terlalu berminyak. Dalam mengatasi masalah kulit kalian dapat menggunakan berbagai produk  cleansing, moisturizing, dan protecting.
 
“Ya sebenarnya ada tiga ya, cleansing, moisturizing, protecting. Setidaknya kita mantengin yang 3 itu dulu, pastiin cleansingnya  dan menggunakan double cleansing. Kemudian moisturizing, jangan biarkan kulit kering dengan cara menggunakan moisturizer. Terus protecting itu pakai sunscreen. Untuk menambahkan benefit, sebenarnya bisa, misalnya pakai serum dan essense,” tutur Hira.
 
Dalam mengatasi masalah kerusakan pada kulit wajah dapat dilakukan dengan menggunakan skincare sesuai jenis permasalahan yang dirasakan. Penggunaan skincare ini berfungsi agar kulit ter-cover dari polusi dan paparan sinar UV  yang dapat merusak lapisan kulit.

Skincare itu untuk menjaga kulit, baik itu mantengin maupun mengoptimalkan kinerja sel-sel wajah. Sehingga kulit kita berada pada keadaan yang optimal. Jadi dengan menggunakan skincare kita mantengin kulit asli kita yang sudah bagus dan penyebab kerusakan kulit dari luar dapat ter-cover jika kita rajin menggunakan skincare,” terang Hira.

"Untuk teman-teman yang memiliki jenis kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan pengontrol minyak atau penyerap minyak berlebih pada wajah. Sementara itu, bagi yang memiliki kulit kering, sebaiknya memilih produk perawatan kulit yang dapat memberikan kelembapan ekstra," tambahnya. 

Selain ingredient yang digunakan dalam produk perawatan kulit, hal lain yang wajib Genhype perhatikan adalah membersihkan kulit wajah secara berkala dan sesuai anjuran. Dalam hal ini, Hira  menjelaskan waktu untuk membersihkan wajah dapat dilakukan di pagi dan juga malam hari.

“Sebenarnya ini sangat tergantung dengan aktivitas teman-teman, apalagi yang sering beraktivitas di outdoor akan lebih membutuhkan cuci muka baik di pagi dan malam. Kalau malam itu agar membersihkan muka dari kotoran yang menempel seharian, dan pagi itu untuk membuat muka lebih fresh.
 
"Dan ketika memilih pencuci muka sesuai dengan jenis kulit, disarankan untuk memilih produk yang mengandung bahan-bahan yang tidak terlalu keras dan tidak membuat kulit menjadi kering. Ini karena pencucian wajah tidak hanya membantu membersihkan debu, tetapi juga menghilangkan sebum alami yang ada pada kulit kita. Sebum alami ini sebenarnya dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga kelembaban," jelas Hira.

Baca juga: Cek Rangkaian Cara Merawat Kulit di Tengah Cuaca Ekstrem

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

7 Rekomendasi Drama Korea Kim Seon-Ho, Ada Start-Up & Strongest Deliveryman

BERIKUTNYA

IdeaFest 2023 Resmi Dibuka: Saatnya Indonesia Jadi Pemimpin Industri Kreatif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: