Ilustrasi acara konferensi. (Sumber gambar: Matheus Bertelli/Pexels)

IdeaFest 2023 Siap Hadirkan 200 Sosok Inspiratif di Industri Kreatif, Cek Harga & Cara Beli Tiketnya

24 August 2023   |   13:10 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian yang berkecimpung di dunia kreatif, tentu sudah tak asing lagi dengan acara IdeaFest. Festival kreatif tahunan itu akan kembali digelar selama tiga hari pada 29 September-1 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Menghadirkan ratusan pelaku industri kreatif, acara ini dibuat untuk memberikan berbagai perspektif segar dalam bidang tersebut kepada masyarakat. Menjadi gelarannya yang ke-12, IdeaFest 2023 mengusung tema Lead The Leap atau yang berarti memimpin sebuah lompatan atau gebrakan.

Tema ini diambil untuk berfokus memberdayakan para pemain dan pemimpin di industri kreatif untuk berani mengambil sebuah gebrakan menuju kesuksesan. 

Tahun ini, IdeaFest akan menawarkan sejumlah program kreatif dengan menghadirkan lebih dari 200 pembicara dalam 100 sesi yang terdiri dari IdeaFest Conference, Idea Talks, NexSpace, dan Youth Summit. Mereka diantaranya Dino Hamid, Eric Widjaja, Evi Mariani, Kiki Ucup, Rio Purban, Andovi Da Lopez, Wendi Putranto, dan Windy Ariestanty.

Sama seperti gelaran sebelumnya, IdeaFest 2023 kembali memperkenalkan Youth Summit, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk menyediakan lingkungan dan platform yang mendukung generasi muda untuk mengembangkan potensi mereka sebagai pemimpin masa depan. 

Baca juga: Kemenparekraf Usulkan 24 Oktober 2023 Jadi Hari Ekonomi Kreatif Nasional
 

Desy Bachir selaku Co-Chairman IdeaFest mengatakan tema Lead the Leap diusung dalam gelaran IdeaFest tahun ini untuk mendorong industri kreatif Indonesia agar berpikir besar, bertindak berani, dan menciptakan dampak yang positif. Dengan begitu, katanya, IdeaFest diharapkan dapat menjadi wadah yang tepat bagi para pemimpin dan inovator untuk mengeksplorasi dan menciptakan inovasi. 

Dia berpendapat di tengah gempuran disrupsi yang tiada henti, inovasi menjadi prioritas yang mendesak bagi industri kreatif Tanah Air. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan dan wawasan yang luas sebagai bekal keterampilan dan pola pikir untuk menghadapi tantangan serta meraih peluang.

"IdeaFest memiliki misi untuk membangkitkan dan membangun para pemimpin yang terampil dalam berinovasi, membuat keputusan yang berdampak, dan menciptakan perubahan positif," katanya dalam keterangan resminya.

Tak hanya menyuguhkan beragam forum diskusi, IdeaFest 2023 juga akan membuat Idea Creative Workshop, sebuah ruang dinamis di mana kreativitas berkembang melalui workshop interaktif. Program ini dirancang untuk memberdayakan individu untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan keterampilan kreatif mereka, sehingga memaksimalkan potensi dalam diri mereka. 
 

Berkolaborasi dengan Semasa, IdeaFest 2023 juga akan menghadirkan Art Market, sebuah bazar yang menghadirkan lebih dari 90 local brands dengan berbagai produk, mulai dari gaya hidup hingga kebutuhan sehari-hari. Di samping itu, akan hadir juga Food Market dengan menjajakkan 40 brand makanan dan minuman lokal.

Setiap tahunnya, IdeaFest juga selalu melibatkan beberapa pemimpin industri kreatif yang bergabung dalam IdeaFest Braintrust. Desy menjelaskan untuk IdeaFest 2023, program Braintrust akan terdiri dari 11 tokoh inspiratif, termasuk ahli kebijakan, kreator konten, direktur seni, pengusaha, dan pemimpin industri kreatif.

Seluruh tokoh itu dinilai berperan dalam mengarahkan pengembangan konten berkualitas dan menginspirasi partisipan festival. Desy mengatakan dengan program-program inovatif dan Braintrust yang solid, IdeaFest 2023 berkomitmen untuk mendorong industri kreatif Indonesia naik ke level yang lebih tinggi, menciptakan inovasi, dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi dan budaya negara.

"Festival ini menjadi platform yang inklusif dan inspiratif bagi para pemikir kreatif untuk berbagi wawasan, berkolaborasi, dan mengambil langkah maju dalam menghadapi berbagai isu yang dihadapi oleh industri kreatif saat ini," ujarnya.

Untuk melengkapi kemeriahan, Samara Live berkolaborasi dengan Flux Creative Universe (FCU) akan menyelenggarakan Closing Night pada IdeaFest tahun ini. Untuk pertama kalinya, program Close The Door yang dibawakan oleh artis ternama yaitu Deddy Corbuzier, akan diselenggarakan secara offline di IdeaFest 2023 Closing Night, sehingga para penggemar dapat menonton sekaligus berinteraksi secara langsung. 

Pada acara Closing Night, IdeaFest 2023 akan menyajikan berbagai konten program, seperti Monolog, Podcast hingga Stand Up Comedy. Nantinya, Deddy Corbuzier akan hadir pada beberapa konten program tersebut untuk memberikan edukasi secara interaktif kepada para penonton yang hadir.

"Harapan saya, dengan hadirnya Closing Night pada IdeaFest 2023 dapat membuka mata dan pikiran para pengunjung untuk tidak hanya menciptakan perubahan, tetapi juga memimpin perubahan," kata Deddy Corbuzier.

Adapun, bagi kalian yang ingin mengikuti acara IdeaFest 2023, bisa membeli tiketnya di laman ideafest.cognitix.id dengan harga mulai dari Rp400.000 hingga Rp950.000. 

Baca juga: Buat Pekerja Kreatif, Begini Cara Mendaftarkan Hak Cipta Secara Online

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Wisata Alam di Pacitan Jawa Timur, Ada Goa Gong & Sungai Maron

BERIKUTNYA

Hengkang dari TREASURE, Bang Ye-dam Gabung dengan Agensi Baru GF Entertainment

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: