Mencuci wajah dengan lembut (Sumber: Pexels)

7 Cara Merawat Kulit Wajah Tetap Sehat Ala Spesialis Kecantikan

18 September 2023   |   05:38 WIB
Image
Hanifa Khayla Putri Mahasiswi Universitas Pembangunan Jaya

Like
Menjaga kesehatan dan kecantikan wajah adalah salah satu kunci untuk meraih rasa percaya diri yang tinggi, sebab kulit yang sehat dan bercahaya dapat memancarkan aura positif. Tidak heran jika dunia skincare terus berkembang pesat dengan berbagai produk dan tren baru.

Nah Genhype, untuk kalian yang ingin memiliki kulit sehat dan terawat, dapat mengikuti rekomendasi dari Maria Charlotte, dokter spesialis kecantikan dan estetika.

Baca juga: 3 Cara Membuat Kulit Tetap Sehat Saat Polusi Tinggi

Berikut beberapa langkah penting dalam rutinitas perawatan wajah:
 

1. Cuci Wajah dengan Lembut

Langkah pertama yang tak boleh dilewatkan adalah membersihkan wajah. Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Membersihkan wajah dengan lembut membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup yang bisa menyumbat pori-pori.
 

2. Gunakan Toner

Toner merupakan salah satu perawatan kulit yang tidak boleh dilewatkan sehabis cuci muka. Toner adalah sebuah cairan yang umumnya bertujuan untuk membantu mengembalikan pH kulit dan menyegarkan wajah setelah dibersihlkan. Tidak hanya itu, toner juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.
 

3. Gunakan Sunscreen 

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari, kita tidak mungkin terhindar dari paparan sinar matahari. Maka dari itu, diperlukan penggunaan sunscreen agar wajah tetap sehat dan kencang. Sebab sinar UV adalah salah satu penyebab utama penuaan dini dan kerusakan kulit.
 

4. Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membuka pori-pori, dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Namun, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi, cukup 1-2 kali seminggu.
 

5. Tidur yang Cukup

Tidak hanya dengan skincare yang bagus, namun menjaga kesehatan dan kecantikan wajah juga dapat dilakukan dengan memperbaiki pola hidup kita, salah satunya yakni tidur yang cukup. Tidur adalah waktu ketika kulit melakukan perbaikan diri. Maka dari itu, pastikan kita memberi kulit  kesempatan terbaik untuk memperbaiki diri.
 

6. Hindari Polusi dan Jaga Pola Makan

Polusi udara dan pola makan juga berperan dalam kesehatan kulit. Untuk mewujudkan keindahan dan kesehatan kulit wajah, cobalah untuk mengurangi paparan polusi dan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan antioksidan.


7. Minum Air Putih

Hal yang tidak kalah penting ialah minum air putih yang cukup. Kulit kita sangat membutuhkan hidrasi. Jadi, pastikan bahwa asupan air terjaga setiap hari. Agar menambah manfaatnya,  bisa ditambahkan irisan lemon atau mint ke dalam air. Ini tidak hanya akan memberikan rasa segar tetapi juga membantu membersihkan tubuh dari dalam.

Baca juga: Cara Mengembalikan Kulit Rusak Akibat Sinar Matahari Ala Spesialis Kulit

Itulah tujuh tip merawat kulit yang harus dilakukan secara rutin. Ingat, merawat wajah bukan hanya tentang penampilan fisik, tetapi juga tentang merawat diri dengan penuh cinta dan perhatian. Jadikan rutinitas perawatan dan pola hidupmu sebagai waktu yang spesial agar kulit cantikmu bersinar alami!

SEBELUMNYA

Hypereport: Rokok Elektrik hingga Kosmetik, Produk Gaya Hidup yang Mengancam Kesehatan

BERIKUTNYA

Begini Proses Pengamanan Benda Bersejarah Museum Nasional Usai Kebakaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: